Daftar Tari dan Tempat Melukat di Bali Untuk Delegasi WWF

Kalau punya isu tentang air di Bali, silakan share ya

Denpasar, IDN Times – Kesiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali dalam menyambut World Water Forum (WWF) ke-10 pada 18-24 Mei 2024 mendatang dinilai sudah maksimal. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda ) Provinsi Bali, Dewa Made Indra, bahwa persiapan ini melibatkan semua stakeholder di daerah maupun pusat. Pemprov Bali menyiapkan bantuan di titik kedatangan penyambutan, hingga ke beberapa tempat yang akan menjadi kunjungan para delegasi.

“Kami Pemerintah Provinsi Bali membantu di titik kedatangan delegasi, menyiapkan penyambutan kedatangan delegasi, menyiapkan penjor mulai Bandara Ngurah Rai sampai ke seluruh rute tempat dilaksanakannya main event di Nusa Dua. Juga tempat lain yang ada side event-nya," ungkapnya dalam rilis, Selasa (7/5/2024) lalu.

1. Persiapkan upacara untuk menyambut para delegasi WWF

Daftar Tari dan Tempat Melukat di Bali Untuk Delegasi WWFWorld Water Forum ke-10 akan digelar di Bali, 18-25 Mei 2024. (dok. Tim Komunikasi WWF/ANTARA FOTO)

Indra menjelaskan, Pemprov Bali ingin menunjukkan budaya Bali di mana masyarakatnya mengapresiasi keberadaan air. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura-Kura Bali dengan menggelar rangkaian Upacara Segara Kerthi.

"Bali juga ingin memperlihatkan bahwa Bali memiliki budaya bagaimana mengapresiasi air. Kegiatan ini diberi nama Bali Nice. Di mana air adalah sumber kehidupan di dunia ini. Upacara ritual yang akan kami laksanakan di Pantai Kura-kura Baali, Upacara Segara Kerthi," ungkapnya.

2. Daftar lokasi melukat untuk delegasi WWF 2024

Daftar Tari dan Tempat Melukat di Bali Untuk Delegasi WWFilustrasi melukat (unsplash.com/Florian Giorgio)

Pemprov Bali juga menyiapkan beberapa tempat untuk dikunjungi para delegasi WWF. Yakni di Jatiluwih Kabupaten Tabanan yang terkenal dengan tatatan subaknya dalam mengatur air. Selain itu juga menghadirkan melukat di Jatiluwih, Pantai Mertasari Sanur, Pura Tirta Empul, Kabupaten Gianyar; dan Pura Taman Baginda, Kabupaten Gianyar.

“Kami siapkan beberapa tempat, beberapa opsi yang akan delegasi kunjungi," kata Indra.

3. Daftar tari tradisional yang akan dipentaskan

Daftar Tari dan Tempat Melukat di Bali Untuk Delegasi WWFilustrasi tari upacara (pexels.com/Jeffry Surianto)

Sementara itu suguhan budaya yang akan ditampilkan berupa tari hiburan, dan tari tradisional . Tarian ini akan dipentaskan saat pelaksanaan Upacara Segara Kerthi di antaranya Tari Sang Hyang Jaran diiringi Kecak, Tari Sang Hyang Dedari, Tari Baris
Sangyang dedari penarinya perempuan, Tari Baris Cerekuak, Tari Rejang Putri Maya, dan Tari Topeng Sidakarya sebagai tarian penutup.

"Tari-tari ini akan kami pentaskan saat upacara Segara Kerthi di Kura-kura Bali," terangnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya