Daftar Pengalihan Arus Lalu Lintas di Kuta saat Tahun Baru 2023

Jumlah wisatawan yang berlibur ke Bali membeludak

Denpasar, IDN Times – Pergantian Tahun 2022 ke 2023 tinggal menghitung hari. Sejumlah agenda pengamanan sudah dimatangkan oleh pihak kepolisian maupun aparat gabungan lainnya untuk menciptakan situasi kondusif di Bali.

Mengingat Bali menjadi tujuan wisata, kunjungan turis pada akhir tahun ini pun dilaporkan membeludak. Karenanya, petugas pengamanan gabungan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas agar perayaan berjalan aman dan lancar.

Baca Juga: Atensi Anak Punk Jelang Tahun Baru, Polres Buleleng Pastikan Keamanan

1. Pihak Kepolisian Resor Kota Denpasar telah menggelar rapat antisipasi pengamanan

Daftar Pengalihan Arus Lalu Lintas di Kuta saat Tahun Baru 2023Rapat Anev pengamanan pergantian tahun 2023 oleh Polresta Denpasar. (Dok.IDN Times/Polresta Denpasar)

Polresta Denpasar mengelar Rapat Koordinasi Analisa dan Evaluasi (Anev) Pengamanan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 di Gedung Pesat Gatra Lantai 3 Polresta Denpasar pada Jumat (30/12/2022). Dalam Anev tersebut Wakapolresta AKBP I Wayan Jiartana mengungkapkan bahwa akan menyamakan persepsi pengamanan dengan Kodim 1611/Badung, BPBD Kota Denpasar dan Badung, Basarnas Bali, Dinas Perhubungan Kota Denpasar dan Badung, Majelis Desa Adat, serta Bendesa Adat Kuta Selatan.

Saat ini mobilitas masyarakat yang melakukan liburan ke Bali sudah terpantau padat. Karenanya, semua pihak diminta agar saling membantu sehingga lalu lintas tetap lancar. Terutama mengenai kemacetan di Daerah Tujuan Wisata (DTW), yang saat ini diungkap masih dalam tahap wajar.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka menyamakan persepsi pengamanan malam Tahun Baru 2023 dan rekayasa arus lalu lintas di wilayah Kuta dan Kuta Selatan,” jelasnya.

2. Personel gabungan mengatensi perayaan dengan kembang api

Daftar Pengalihan Arus Lalu Lintas di Kuta saat Tahun Baru 2023Ilustrasi pesta kembang api.unsplash

Ditambahkan oleh Kabag Ops Polresta Denpasar, Kompol I Made Uder, bahwa berdasarkan data yang masuk di wilayah Polresta Denpasar, akan ada 39 gereja yang melaksanakan ibadah akhir tahun dan terdapat 30 lokasi perayaan tahun baru 2023 serta yang terbesar adalah event di Garuda Wisnu Kencana (GWK). Pihaknya meminta jajaran agar mendata dan mengawasi terkait dengan peluncuran kembang Api di beberapa DTW saat malam Tahun Baru 2023.

“Polresta Denpasar akan menerjukan 876 personel dalam pengamanan tahun baru 2023 ini dan akan ada Tim Patroli Terpadu yaitu Tim Srikandi Presisi, Tim Pandawa Presisi, dan Tim Patroli Terpadu Wilayah Kuta,” ungkapnya.

3. Masyarakat yang akan menuju Pantai Kuta diimbau untuk parkir di central parkir

Daftar Pengalihan Arus Lalu Lintas di Kuta saat Tahun Baru 2023IDN Times/Irma Yudistirani

Terkait dengan keamanan dan ketertiban masyarakat, jajaran Polresta Denpasar juga diminta melakukan sosialisasi terkait rencana pengalihan arus lalu lintas saat malam tahun baru di wilayah Pantai Kuta dan Kuta Selatan, khususnya GWK. Berikut daftar pengalihan arus lalu lintas di wilayah Kuta sebagaimana disampaikan oleh Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas, pada Rabu (28/12/2022):

  • Simpang Patih Jelantik-Legian (Si Doi): arus lalu lintas menuju Ground Zero ditutup, dialihkan ke Jalan Legian Kaja-Raya Seminyak
  • Simpang Legian-Patimura: arus lalu lintas yang keluar dari Jalan Benesari dialihkan ke utara, mengarah Si Doi dan ke Jalan Patimura
  • Simpang Mataram-Patimura: Arus yang menuju Jalan Legian ditutup dialihkan ke Jalan Majapahit dan Jalan Mataram
  • Simpang Raya Kuta-Setiabudi (traffic light Kuta): arus lalu lintas yang menuju Kuta ditutup, dialihkan menuju Jalan Setia Budi
  • Simpang Bemo Corner: arus lalu lintas yang menuju pantai ditutup, dialihkan ke timur menuju Jalan Raya Kuta
  • Simpang Raya Kuta-Bakung Sari: arus lalu lintas menuju pantai ditutup, dialihkan ke utara menuju Simpang Puseh-Temacun.

“Masyarakat yang akan menuju Pantai Kuta diimbau untuk parkir di central parkir atau pada kantong-kantong parkir yang telah ditentukan. Selanjutnya berjalan kaki menuju pantai,” jelasnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya