Cek Harga Pangan Jelang HBKN di Kabupaten Buleleng Hari Ini

Pemerintah gelar Pangan Lokal dan Gerakan Pangan Murah  

Buleleng, IDN Times - Pasar murah digelar di areal parkir bekas Pelabuhan Buleleng, pada Kamis (7/3/2024). Warga Buleleng bisa mendapatkan berbagai kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. 

Penjabat Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana mengatakan, pasar murah ini digelar untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok di tingkat produsen dan konsumen.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan pokok masyarakat Buleleng dengan harga murah, serta mendukung perkembangan pasar dan pelaku usaha pangan,” ungkapnya.

1. Harga pokok beras dan minya goreng capai Rp157.000 per 10 kilogram

Cek Harga Pangan Jelang HBKN di Kabupaten Buleleng Hari IniBeras SPHP Bulog. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pasar murah ini dilaksanakan dalam menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), Nyepi Tahun Caka 1946, dan Awal Bulan Ramadan 1445 H tahun 2024. Sejumlah lembaga bekerja sama dalam menggelarnya, yaitu Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng bersama Badan Pangan Nasional dan Bank BPD Bali Cabang Singaraja, Perum Bulog, para petani dan peternak serta pelaku UMKM Buleleng.

Adapun pantauan di lapangan kebutuhan bahan pokok yang dijual di Kabupaten Buleleng sebagai berikut:

Beras :

  • Beras Ratu Ayu Rp157.000/10 kilogram (kg)
  • Beras C4 Rp77.000/5 kg
  • Beras Putri Dewata Rp154.000/10 kg
  • Beras SPHP Rp53.000/5 kg

Minyak goreng :

  • Migor Fitri Rp14.800/0,85 gram
  • Migor Rizky Rp14.750/0,85 gram
  • Migor Fortune Rp16.000/liter
  • Migor Kita Rp17.000/liter.

2. Harga cabai rawit di Buleleng capai Rp53 ribu per kg

Cek Harga Pangan Jelang HBKN di Kabupaten Buleleng Hari Iniilustrasi cabai rawit (pexels.com/Bence Szemerey)

Sementara itu harga telur ayam Rp52.000/krat; bawang merah Rp23.000/kg; bawang putih Rp30.000/kg; tomat Rp25.000/kg; cabai rawit Rp53.000/kg; cabai besar Rp70.000/kg; gula pasir Rp17.000/kg.

Selain hal tersebut, beberapa produk unggulan UMKM Kabupaten Buleleng dan hasil pertanian juga dijual di bursa pasar murah itu, meliputi buah lokal, dan makanan seperti abon, rempeyek, bawang goreng, kripik dan minuman olahan UKM.

3. Kepolisian maksimalkan peran Tim Satgas Pangan

Cek Harga Pangan Jelang HBKN di Kabupaten Buleleng Hari IniPedagang beras di Pasar Kranggan. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kapolres Buleleng, AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi telah menurunkan Tim Satgas Pangan Satreskrim Polres Buleleng di bawah pimpinan Kasat Reskrim, AKP Arung Wiratama. Satgas ini bertanggung jawab untuk memantau, mengecek ketersediaan dan harga bahan pangan, serta mengantisipasi ketidakstabilan harga dan kesediaan bahan pokok saat ini.

Tim Satgas Pangan terus secara berjenjang memantau perkembangan harga, dan ketersediaan bahan pokok.

“Untuk ketersediaan bahan pokok seperti beras, gula pasir, cabai dan tepung masih tercukupi. Terkait harga bahan pokok masih terjangkau masyarakat, justru ditemukan adanya penurunan harga," kata Sutadi.

Baca Juga: Pemilihan Suara Ulang di Buleleng Dijaga Ratusan Personel Gabungan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya