Bukan Fogging, Pemprov Bali Upayakan Spraying Sementara Pakai Alkohol

Bali kesulitan mencari antiseptik

Denpasar, IDN Times – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali akan melakukan berbagai tindakan preventif (Pencegahan) untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 di Bali. Terutama semenjak ada pasien nomor 25 (Pasien positif virus corona atau disebut sebagai Kasus 25) yang meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, Rabu (11/3) lalu pukul 02.45 Wita.

Wakil Gubernur Provinsi Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alis Cok Ace, menyebutkan akan melakukan rapat untuk meminta pertimbangan pelaksanaan fogging sebagai bentuk tindakan preventif tersebut. Hal itu ia sampaikan setelah rapat Kesiapsiagaan Pemprov Bali menghadapi COVID-19 di Ruang Rapat Praja Sabha Kantor Gubernur Bali, pada Kamis (12/3).

Namun fogging yang disebut Cok Ace tersebut diluruskan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Bali, I Wayan Widia. Fogging yang dimaksud oleh Cok Ace adalah sprayer disinfeksi. Berikut ini penjelasannya:

1. Bukan fogging, tapi upaya preventif yang akan dilakukan adalah spraying di tempat umum

Bukan Fogging, Pemprov Bali Upayakan Spraying Sementara Pakai AlkoholSeorang petugas belum lama ini melakukan desinfeksi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, guna mencegah penyebaran virus corona. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Berdasarkan pointer Arahan Wakil Gubernur Bali dalam Rapat Kesiapsiagaan Provinsi Bali Menghadapi COVID-19 yang diterima IDN Times, menyebutkan bahwa Pemprov Bali akan mengoptimalkan upaya pencegahan satu di antaranya mengintensifkan upaya sprayer disinfeksi virus corona, khususnya di tempat-tempat umum seluruh wilayah Bali.

“Kalau fogging kan pengasapan. Nah ini nanti kami akan menggunakan alat namanya sprayer. Jadi namanya spraying,” tegas Widia saat dihubungi IDN Times, pada Kamis (12/3) sore.

2. Prinsipnya sama dengan pelaksanaan disinfeksi minggu lalu. Hanya saja kali ini melibatkan banyak pihak di berbagai kabupaten/kota

Bukan Fogging, Pemprov Bali Upayakan Spraying Sementara Pakai AlkoholWakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati saat melakukan desinfeksi area publik di Pelabuhan Sanur untuk memastikan Bali aman virus corona, Sabtu (7/3). (Dok.IDN Times/istimewa)

Widia menjelaskan, spraying yang akan dilakukan ini sama prinsipnya dengan disinfeksi yang telah dilakukan minggu lalu di Pelabuhan Penyeberangan Sanur dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua.

“Sama itu. Cuma kan ini kami melibatkan teman-teman kabupaten dan stakeholder yang lain. Tadi itu tujuannya ke situ,” terangnya.

Baca Juga: 6 Cara Cuci Tangan yang Benar Pakai Sabun Atau Alkohol

3. Zat apakah yang akan dipakai untuk spraying?

Bukan Fogging, Pemprov Bali Upayakan Spraying Sementara Pakai AlkoholIDN Times/Wira Sanjiwani

Lalu zat apakah yang akan dipakai untuk spraying? Terkait hal itu, Pemprov Bali masih melakukan pencarian zat yang tepat. Namun menurut Widia, biasanya menggunakan alkohol 70 persen saja sudah cukup, di tengah sulitnya mendapatkan antiseptik di lapangan.

“Ini kan bahannya kami nyari dulu. Saat kami nyari-nyari ternyata barang itu ada di Jakarta, Surabaya gitu. Tapi untuk sementara alkohol masih bisa kami pakai,” ujarnya.

Baca Juga: 4 Cara RSUP Sanglah Denpasar Mencegah Penyebaran Virus Corona

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya