BPBD Provinsi Bali Catat 12 Kejadian Dampak Hujan Lebat

Banjir hingga pohon tumbang, terbanyak di Kota Denpasar

Denpasar, IDN Times – Hujan lebat yang mengguyur pada Kamis (4/4/2024) pagi hari menyebabkan sejumlah bencana hidrometeorologi, mulai banjir hingga pohon tumbang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali mencatat, 12 titik lokasi kejadian bencana setelah guyuran hujan selama 3 jam sejak pukul 05.00 Wita hingga 08.00 Wita.

Kalaksa BPBD Provinsj Bali, I Made Rentin mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir maupun pohon tumbang yang menimpa rumah warga. “Nihil laporan korban jiwa maupun luka. Sudah tertangani ya,” ungkapnya.

Baca Juga: Hujan Lebat Melanda Bali, Jalan Pantai Kuta Banjir

1. Bencana hidrometeorologi terbanyak ada di Denpasar

BPBD Provinsi Bali Catat 12 Kejadian Dampak Hujan LebatJalan Pantai Kuta terendam air hujan pada 4 April 2024 (screenshot)

Made Rentin menjelaskan, hujan lebat mengakibatkan genangan di 4 titik wilayah Kabupaten Badung, yakni di Simpang Unud Jimbaran, Jalan Dewi Kunti Seminyak, Jalan Dewi Sita, dan Jalan Pantai Kuta.

Di wilayah Denpasar, tercatat 6 titik banjir, yaitu di Jalan Gunung Soputan Desa Padang Sumbu Kelod, Jalan Padang Mekar, Jalan Griya Anyar Suwung Kauh, Jalan Permata Hijau, Jalan Gunung Lumut, dan TK Kumala Sari.

“BPBD Kabupaten Badung mencatat tinggi air rata-rata setinggi lutut orang dewasa. BPBD Kota Denpasarmencatat tinggi air rata-rata 60 hingga 100 centimeter (cm),” ungkapnya.

Selain kejadian banjir, pohon tumbang juga dilaporkan terjadi di dua titik di Denpasar. Pohon tersebut menimpa rumah warga, dan dilaporkan tidak ada korban jiwa.

2. Wilayah dengan potensi hujan lebat hingga 10 April 2024

BPBD Provinsi Bali Catat 12 Kejadian Dampak Hujan LebatGenangan air di Jalan Pantai Kuta (Screenshot)

Berdasarkan prakiraan Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, potensi hujan lebat masih terjadi pada periode 4-6 April 2024 di sejumlah wilayah, yakni Kabupaten Bangli, Tabanan, Karangasem, Gianyar, Klungkung, Badung, dan Denpasar.

Selanjutnya pada tanggal 7-10 April 2024, potensi hujan lebat diperkirakan terjadi di Kabupaten Jembrana, Karangasem, Tabanan, Bangli, dan Gianyar.

“Masyarakat kami imbau agar waspada dampak cuaca ekstrem,” ucapnya.

3. Warga di wilayah Bali bagian selatan diminta mewaspadai angin kencang

BPBD Provinsi Bali Catat 12 Kejadian Dampak Hujan LebatPohon tumbang di Denpasar (Screenshot)

Sementara itu data dari Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar menyebutkan rentang tanggal 4 hingga 6 April 2024, wilayah Bali bagian selatan berpotensi dilanda angin kencang. Hal ini dikarenakan terdapat daerah belokan dan konvergensi angin disekitar wilayah Bali, yang juga mendukung pertumbuhan awan-awan hujan.

Kecepatan angin sendiri diperkirakan 4-40 km per jam. Selain itu potensi gelombang laut ketinggiannya mencapai  lebih dari 2 meter. 

Baca Juga: Penukaran Uang di Denpasar Dibatasi 1.200 orang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya