Jelang Puncak G20, 13 Film Tentang Anti Korupsi Diputar di Bali 

Ajak anak muda ikut perangi korupsi 

Badung, IDN Times – Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20 putaran kedua yang digelar di Nusa Dua, Kabupaten Badung, juga menghadirkan pemutaran film pendek. Adapun film yang ditayangkan beragam genrenya, mulai dari film fiksi, dokumenter, hingga animasi. 

Sejumlah film pendek yang dihadirkan merupakan karya sutradara dari berbagai negara dan diputar selama dua hari, yakni pada Rabu (6/7/2022) dan Kamis (7/7/2022) di Cinepolis Lippo Mall Kuta, Kabupaten Badung. 

Baca Juga: 4 Fokus Isu yang Dibahas ACWG G20 di Bali, Perangi Korupsi

1. Menguatkan pesan dan ajakan untuk memerangi korupsi melalui film

Jelang Puncak G20, 13 Film Tentang Anti Korupsi Diputar di Bali Ilustrasi Koruptor (IDN Times/Mardya Shakti)

Direktur Sosialisasi dan Kampanye Anti Korupsi KPK, Amir Arief, menyampaikan Anti-Corruption Film Festival (ACFFest) menghadirkan program International Film Screening untuk memaknai perhelatan Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20 putaran kedua dengan tema Berawal dari Kita, Bangkit dan Bergerak Bersama Lawan Korupsi. Tema ini disebut selaras dengan semangat Presidensi Indonesia dalam gelaran G20 yaitu Recover Together, Recover Stronger.

Sebagai upaya menguatkan pesan dan ajakan memerangi korupsi, ACFFest juga hadir dengan berbagai program lainnya, di antaranya kompetisi ide cerita, kompetisi film pendek, moviecamp, webinar, dan awarding night.

2. Diharapkan bisa menginspirasi masyarakat hingga sineas dalam pemberantasan korupsi

Jelang Puncak G20, 13 Film Tentang Anti Korupsi Diputar di Bali Ilustrasi KPK (IDN Times/Mardya Shakti)

Amir Arief menyampaikan pada kegiatan ini diputar film-film yang bercerita tentang anti korupsi yang berasal dari tujuh negara yakni Indonesia, Thailand, Iran, Singapura, Perancis, Estonia, dan Yunani. Melalui pemutaran film ini, KPK berharap masyarakat dapat memahami tindak pidana korupsi serta dampak buruknya.

“Melalui nonton bareng ini bisa menginspirasi lebih banyak masyarakat, pekerja seni, dan sineas, berperan serta dalam pemberantasan korupsi. Sehingga masyarakat tergerak untuk mengubah sudut pandang, sikap, serta perilakunya,” ungkapnya pada Rabu (6/7/2022).

3. Ada 13 film pendek yang ditayangkan selama 2 hari

Jelang Puncak G20, 13 Film Tentang Anti Korupsi Diputar di Bali Ilustrasi Bioskop Cinema XXI (IDN Times/Besse Fadhilah)

Berikut ini film pendek yang diputar selama program international film screening:

  1. Wave of Saviors  
  2. Identity  
  3. We are Not Venice  
  4. Unbaedah  
  5. Current Network  
  6. Heart of Gold (Un Coeur d’Or)
  7. I Just Hit Your Car  
  8. Face Recognition  
  9. W  
  10. Andaka Janu
  11. Mosquito
  12. Democracy
  13. Hello We Lied

Amir Arief menyampaikan bahwad ACFFest merupakan ajang kreasi, eksibisi, dan forum diskusi yang digagas dan dikelola oleh KPK. Program ini pertama kali digelar pada tahun 2013 dengan tujuan mengajak anak muda untuk ikut berpartisipasi, aktif, kreatif, peduli, serta kritis dengan menuangkan ide ke dalam bentuk audio visual. Dengan begitu, diharapkan mereka bisa terus berkontribusi dalam upaya mengampanyekan nilai-nlai integritas dan antikorupsi.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya