Bangkai Paus Brydes Whale Terdampar di Pantai Batu Belig Bali

Sempat terombang-ambing di tengah laut

Badung, IDN Times - Bangkai seekor paus ditemukan terdampar di Pantai Batu Belig, Jalan Batu Belig, Kelurahan Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali pada Kamis (21/1/2021) pagi.

Dilansir dari Instagram @hiwayan dan dikonfirmasi langsung oleh IDN Times, Wayan Suyadnya menyebutkan bahwa awalnya bangkai tersebut terombang-ambing di tengah laut. Saat ia mengabadikan foto tersebut, bangkai paus ini sudah berada di depan Restaurant Cafe del Mar Bali, yakni sekitar pukul 07.00 Wita.

Baca Juga: Lagi! Paus Sperma Ditemukan Terdampar dan Membusuk di Nusa Dua Bali

1. Paus terdampar dengan bau menyengat

Bangkai Paus Brydes Whale Terdampar di Pantai Batu Belig BaliPaus terdampar di Pantai Batu Belig, Badung. (instagram/hiwayan)

Menurut keterangan Wayan Suyadnya, bahwa pada Kamis (21/1/2021) sekitar pukul 07.00 Wita, ada anak pantai yang melihat bangkai paus tersebut mengapung di tengah laut di depan Hotel Legong Keraton, Berawa.

"Karena masih hujan dan angin juga bertiup lumayan kencang sehingga bangkai paus tersebut dibawa oleh arus laut menuju ke arah timur. Saat saya ambil video seperti terlihat di wall FB saya Wayan Suyadnya, ikan tersebut sudah berada di depan Cafe del Mar," ungkapnya.

Ia melanjutkan, sempat terlihat ada warga yang berusaha mendekati bangkai paus tersebut dengan menggunakan rescue board. Akan tetapi karena baunya yang sangat menyengat, hanya beberapa saat saja warga tersebut di sana sebelum kemudian menjauh.

2. Paus yang terdampar jenis Brydes Whale

Bangkai Paus Brydes Whale Terdampar di Pantai Batu Belig BaliPaus terdampar di Pantai Batu Belig, Badung. (instagram/hiwayan)

Kasubag Tata Usaha Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali, Prawono Meruanto menyebutkan bahwa bangkai paus terdampar tersebut berjenis Brydes Whale.

"13,8 panjang dan diameter 4 meter," ungkap Prawono.

3. Bangkai paus dikubur di Pantai Batu Belig

Bangkai Paus Brydes Whale Terdampar di Pantai Batu Belig BaliPaus terdampar dikubur di Pantai Batu Belig, Badung. (Dok.IDNTimes/BKSDA Bali)

Prawono menyampaikan bahwa saat ini bangkai paus sudah dikubur di Pantai Batu Belig menggunakan bantuan beberapa alat berat seperti excavator.

"Sudah terdampar dan sedang dikuburkan di Pantai Batu Belig," jelasnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya