Cuaca Ekstrem, Air Sungai yang Meluap di Kuta Utara Menyeret Mobil

Perumahan di sana juga terendam air setinggi satu meter

Badung, IDN Times – Air sungai di Banjar Padang Linjong, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara meluap pada pukul 05.55 Wita, Kamis (14/1/2021). Derasnya air sungai tersebut telah menyapu sebuah mobil dan bangunan.

Kejadian itu bermula ketika hujan yang turun deras di lokasi. Sehingga menyebabkan debit air meningkat dan menyeret bangunan serta mobil. Potret bencana alam ini dibagikan di grup WhatsApp Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung. Berikut ini beberapa dokumentasi yang diambil oleh warga setempat. Semoga ini bisa jadi pelajaran buat kita.

Baca Juga: WNA Inggris Meregang Nyawa di Jalan Teuku Umar Barat Denpasar Ini

1. Seperti inilah kondisi mobil milik Moksin Salim yang terseret air sungai

Cuaca Ekstrem, Air Sungai yang Meluap di Kuta Utara Menyeret MobilMobil terseret air sungai yang meluap di Kecamatan Kuta Utara (Dok.IDN Times/BPBD Kabupaten Badung)

Baca Juga: Penderita Hipertensi Belum Layak Divaksin COVID-19, Ini Daftarnya

2. Petugas BPBD Kabupaten Badung memerlukan mobil derek untuk mengevakuasi mobil tersebut

Cuaca Ekstrem, Air Sungai yang Meluap di Kuta Utara Menyeret MobilMobil terseret air sungai yang meluap di Kecamatan Kuta Utara (Dok.IDN Times/BPBD Kabupaten Badung)

3. Bangunan Pelinggih Ratu Niang Sakti dan Taman Beji ikut tergerus air sungai. Diketahui, pelinggih tersebut milik pengempon Pura Belulang Yeh

Cuaca Ekstrem, Air Sungai yang Meluap di Kuta Utara Menyeret MobilPelinggih terseret air sungai yang meluap di Kecamatan Kuta Utara (Dok.IDN Times/BPBD Kabupaten Badung)

4. Sepeda motor japstyle milik warga setempat ikut terhanyut

Cuaca Ekstrem, Air Sungai yang Meluap di Kuta Utara Menyeret MobilSepeda motor terseret air sungai yang meluap di Kecamatan Kuta Utara (Dok.IDN Times/BPBD Kabupaten Badung)

5. Basement di sebuah motel wilayah Kuta Utara digenangi oleh air hujan. Petugas lalu mengurasnya menggunakan pompa

Cuaca Ekstrem, Air Sungai yang Meluap di Kuta Utara Menyeret MobilBasemen terendam air (Dok.IDN Times/BPBD Kabupaten Badung)

Berdasarkan laporan Putu Merta, seorang warga setempat kepada BPBD Badung, bahwa hujan deras mengguyur lokasi Banjar Tiying Tutul, Desa Pererenan, Kecamatan Mengwi sekitar pukul 03.00 Wita. Sehingga air sungai meluap dan merendam wilayah di Perumahan Bumi Damai Indah setinggi satu meter.

Akibatnya, 12 rumah dan satu poskamling, empat unit mobil, serta tujuh unit sepeda motor terendam air. Selain itu, tembok sungai juga jebol dan satu pelinggih hancur.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya