Agen Travel Bali Terancam Batal Berangkatkan Rombongan Umrah Maret Ini

Semoga ada kabar baik dari pihak Arab Saudi

Badung, IDN Times – Beberapa dampak keputusan Kerajaan Arab Saudi, yang menutup kunjungan keberangkatan ibadah umrah dari berbagai negara serta kunjungan wisata ke masjid Nabawi, telah dirasakan oleh beberapa travel agent di Bali. Pihaknya menyampaikan bahwa tetap melakukan manasik meskipun larangan tersebut muncul. Berikut ulasannya:

1. Pesona Mozaik Kuta Bali masih menunggu hasil rapat dari kantor pusatnya dalam menyikapi keputusan Kerajaan Arab Saudi

Agen Travel Bali Terancam Batal Berangkatkan Rombongan Umrah Maret IniIlustrasi (IDN Times/Candra Irawan)

Menurut Yesi Anggita dari Pesona Mozaik Kuta Bali, kantor travelnya yang merupakan cabang dari Jakarta ini, masih menunggu hasil rapat dari Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) setelah menanggapi kebijakan penutupan tersebut.

“Sampai saat ini kami masih menunggu informasi dari kantor pusat, yang saat ini sedang rapat dengan Amphuri di Jakarta,” ujar Yesi ketika dihubungi IDN Times, Kamis (27/2).

Pihaknya menyampaikan, bahwa kantor pusatnya telah memberangkatkan lima grup umrah pada Rabu (26/2) malam. Rombongan tersebut kini masih berada di Dubai, dan rencananya bakal menuju ke Madinah.

Baca Juga: Bedanya Haji dan Umrah, Kamu Perlu Tahu Info Ini!

2. Pesona Mozaik Kuta mengaku belum tahu nilai kerugian atas kebijakan ini. Padahal trvel tersebut juga bakalan memberangkatan rombongan umrah dari Bali pada awal Maret 2020

Agen Travel Bali Terancam Batal Berangkatkan Rombongan Umrah Maret IniIDN Times/Candra Irawan

Yesi mengaku belum tahu nilai kerugian setelah keputusan Arab Saudi tersebut muncul. Namun rombongan umrah dari Bali yang memakai jasanya dan direncanakan berangkat tanggal 4 Maret 2020 terancam batal diberangkatkan.

“Jumlah yang mau berangkat ada 45 jemaah, rencana akan berangkat minggu depan tanggal 4 Maret. Dari Bali aja, keberangkatan langsung dari Ngurah Rai-Dubai-Madinah,” terangnya.

Pada awal tahun 2020, Pesona Mozaik Kuta telah memberangkatkan dua grup atau rombongan umrah dari Bali.

3. Jemaah umrah akan melaksanakan manasik tanggal 1 Maret

Agen Travel Bali Terancam Batal Berangkatkan Rombongan Umrah Maret IniJemaah umrah di Masjidil Haram, Makkah. (IDN Times/Mela Hapsari)

Sembari memantau perkembangan informasi dari pusat, pihaknya akan berusaha menjelaskan kepada para calon jemaah umrah terkait kondisi tersebut, sambil akan tetap melakukan manasik.

“Rencana ke depan tanggal 1 (Maret) besok, manasik akan tetap kami laksanakan, sambil terus memantau perkembangan info dari pusat, dan kami berusaha menjelaskan sejelas-jelasnya ke jemaah agar tetap tenang dan terus berdoa agar wabah mereda, dan Arab Saudi membuka kembali untuk kunjungan umrah,” harapnya.

“Ada yang menghubungi dan sudah kami infokan juga di grup WA (WhatsApp) keberangkatan,” imbuhnya.

Baca Juga: [BREAKING] Isi Pengumuman Arab Saudi Tutup Sementara Umrah Terlengkap

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya