2 Maskapai di Bali Gagal Terbang Kena Dampak Gunung Ruang

169 penumpang gagal ke Jepang dan China

Badung, IDN Times - Sebanyak 169 penumpang pesawat gagal terbang karena dampak letusan Gunung Ruang di Sulawesi. Mereka merupakan penumpang dengan rute penerbangan ke beberapa negara dari Bandara Ngurah Rai Bali. General Manager Bandara Ngurah Rai Bali, Handy Heryudhitiawan, mengatakan dampak letusan Gunung Ruang di Sulawesi juga berpengaruh terhadap rute penerbangan dari dan ke Bandara Ngurah Rai yang melayani beberapa negara.

"Sampai hari ini ada dua penerbangan yang harus dibatalkan pada Kamis (18/4/2024) kemarin," ungkapnya, Jumat (19/4/2024).

1. Penerbangan di Bali terdampak letusan Gunung Ruang

2 Maskapai di Bali Gagal Terbang Kena Dampak Gunung RuangBandara I Gusti Ngurah Rai di Bali. (dok. Angkasa Pura I)

Handy melanjutkan, pembatalan ini karena penerbangan harus melewati wilayah udara sekitar Gunung Ruang. Sementara saat ini gunung sedang meletus, atau memuntahkan abu vulkanik.

Pembatalan penerbangan dilakukan dengan merujuk pada pemantauan arah abu vulkanik. Otoritas Bandara setelah berkoordinasi dengan PVMBG dan BMKG, memutuskan penerbangan dibatalkan berdasarkan Notam Nomor: A 1003/24 NOTAMR A1000/24 perihal penutupan aerodrome di Bandara Sam Ratulangi, yang berdampak pada penerbangan dari Bali menuju Manado yang dihentikan sementara akibat dari erupsi Gunung Ruang.

“Dua penerbangan yang sebenarnya harus berangkat dari Bandara Ngurah Rai akhirnya harus dibatalkan,” ucapnya.

2. Ratusan penumpang batal terbang sejak Kamis

2 Maskapai di Bali Gagal Terbang Kena Dampak Gunung RuangBandara I Gusti Ngurah Rai di Bali. (dok. Angkasa Pura I)

Data penumpang yang batal terbang dari Bandara Ngurah Rai sebanyak 169 orang. Jumlah ini terdiri dari penumpang Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 884 tujuan Narita, Jepang, sebanyak 81 orang. Sisanya 88 orang adalah penumpang maskapai Juneyoa Airline dengan nomor penerbangan HO 1356 dengan tujuan Shanghai, China.

“Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 884 tujuan Narita, Jepang harus melalui ruang udara Bandara Sam Ratulangi yang juga ditutup sementara. Sementara Juneyao Airlines nomor penerbangan HO 1356 tujuan Shanghai, China, harus melintasi ruang udara terdampak abu vulkanik Gunung Ruang yang sangat berbahaya bagi penerbangan,” jelas Handy.

3. Pihak terkait fokus memantau dan koordinasi dengan AirNav

2 Maskapai di Bali Gagal Terbang Kena Dampak Gunung RuangPotret Gunung Ruang erupsi (x.com/alfianrsdi)

Menurut Handy, pantauan ruang udara di sekitar Sulawesi tidak memungkinkan dilewati maskapai. Jika dipaksakan bisa berakibat fatal, sehingga penerbangan dibatalkan sementara sampai menunggu instruksi lebih lanjut.

Sementara itu bagi penumpang dari penerbangan yang terdampak telah ditangani oleh pihak maskapai sesuai dengan ketentuan.

“Kami terus memantau situasi terkini arah sebaran abu vulkanik melalui papertest dan berkoordinasi dengan pihak AirNav,” ungkapnya.

Secara umum operasional penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai masih berjalan normal.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya