19 Desa di Kota Denpasar Menyandang Predikat Sebagai Desa Mandiri

Ke bangga jadi nak Denpasar?

Denpasar, IDN Times - Kota Denpasar kembali meraih peringkat kedua Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2019, program dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), yang dituangkan dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PPMD) Nomor 201 Tahun 2019 tertanggal 31 Juli 2019.

1. Kota Denpasar peringkat kedua, Kecamatan Denpasar Selatan peringkat kelima

19 Desa di Kota Denpasar Menyandang Predikat Sebagai Desa Mandiri@pullmanbali via instagram.com/sscibali

Tenaga Ahli Program Inovasi Desa (TA PID) Provinsi Bali, Adi Permadi, mengungkapkan Denpasar sukses menjadi runner up dari 434 kabupaten/kota di Indonesia dengan nilai IDM 0,8408. IDM Kecamatan Denpasar juga meraih peringkat kelima nasional dengan skor 0,9260 dari 5.457 Kecamatan di Indonesia.

“Ada tiga kriteria yang dinilai dalam IDM ini. Yakni Indeks Kesehatan Lingkungan (IKL), Indeks Kesehatan Sosial (IKS) dan Indeks Kesehatan Ekonomi,” jelas Adi, Minggu (22/12) lalu.

2. Kecamatan Denpasar Barat dan Kecamatan Denpasar Timur masuk dua puluh besar

19 Desa di Kota Denpasar Menyandang Predikat Sebagai Desa MandiriIDN Times/Irma Yudistirani

Skor IDM tertinggi dengan nilai 0,9411 diraih oleh Kecamatan Sungai Penuh di Jambi. Sementara IDM Kecamatan Denpasar Barat dengan skor 0,8577 menduduki peringkat ke-12. Lalu IDM Kecamatan Denpasar Timur dengan skor 0,8324 menduduki peringkat ke nomor urut 19.

Berbeda dengan tiga kecamatan lainnya, Kecamatan Denpasar Utara berada di urutan 68 dengan skor 0,7967.

3. Bursa Inovasi Desa (BID) Kota Denpasar selesai 100 persen

19 Desa di Kota Denpasar Menyandang Predikat Sebagai Desa MandiriIDN Times/Diantari Putri

Ketua Tim Inovasi Kota Denpasar sekaligus Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, menyampaikan Bursa Inovasi Desa (BID) kota Denpasar terlaksana 100 persen, yang menghasilkan 103 komitmen bidang infratsruktur, 16 komitmen bidang SDM, dan 27 komitmen kewirausahaan. Serta Inovasi Desaku tercatat ada 26 ide.

4. Status desa maju akan meningkat menjadi desa mandiri

19 Desa di Kota Denpasar Menyandang Predikat Sebagai Desa Mandiriinstagram.com/komang_winata

Alit Wiradana menjelaskan, 19 desa dari 27 desa yang ada di Denpasar telah menyandang predikat sebagai Desa Mandiri. Delapan di antaranya dengan predikat desa maju.

Seluruh desa di Kecamatan Denpasar Selatan telah menjadi Desa Mandiri. Sedangkan untuk status Desa Maju yakni berada di tiga desa di Kecamatan Denpasar Timur, satu desa di Kecamatan Denpasar Barat, dan empat desa di Kecamatan Denpasar Utara. Ke depan, Status Desa Maju ini akan ditingkatkan menjadi Desa Mandiri.

“Tentunya prestasi ini diharapkan dapat secara berkelanjutan untuk terus berinovasi dengan menyusun perancanaan desa berbasis IDM dan berorientasi bagi kemanfaatan masyarakat secara berkelanjutan,” ujarnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya