5 Fakta Turis Australia yang Tendang Pengendara Motor di Bali

Ia sudah ditetapkan sebagai tersangka

Jakarta, IDN Times - Seorang warga negara asing (WNA) asal Australia, Nicholas Carr (26), sempat viral di media sosial karena mengamuk di tengah jalan, menendang pengendara sepeda motor yang melintas, dan menabrakkan diri ke arah mobil. Ia melakukan aksi itu di Jalan Sunset Road, Kuta Badung, Sabtu (10/8) lalu.

1. Pengendara sepeda motor mengalami luka setelah ditendang Nicholas Carr

5 Fakta Turis Australia yang Tendang Pengendara Motor di Baliwarriortalknews.typepad.com

Dilansir dari Antara, Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Kepolisian Sektor (Polsek) Kuta, Iptu I Putu Ika Prabawa, membenarkan Nicholas Carr melakukan perusakan dan penganiayaan hingga mengakibatkan seorang pengendara sepeda motor mengalami luka lebam serta cedera pada bagian pinggang.

Carr diketahui menendang pengendara motor itu saat melintasi tempat kejadian perkara (TKP). Atas kejadian itu, korban melaporkan Carr ke Polsek Kuta.

Baca Juga: Viral, Enzo Pria Keturunan Prancis Lolos Calon Prajurit Taruna TNI

2. Ia juga mengamuk di swalayan, restoran, dan rumah warga

5 Fakta Turis Australia yang Tendang Pengendara Motor di Bali(Ilustrasi kekerasan terhadap perempuan) IDN Times/Sukma Shakti

Iptu I Putu Ika Prabawa menambahkan, Carr juga mengamuk di beberapa tempat. Di antaranya memecahkan kaca sebuah swalayan dan restoran di daerah Kuta, serta masuk ke dalam rumah warga dan membanting seseorang.

"Tersangka juga menabrakkan diri ke mobil yang sedang berjalan di sekitar Sunset Road," jelasnya.

Baca Juga: Fenomena Turis Asing Kehabisan Uang di Bali, Siapa Bertanggung Jawab?

3. Usai dirawat di rumah sakit, Carr ditetapkan sebagai tersangka

5 Fakta Turis Australia yang Tendang Pengendara Motor di BaliIDN Times/Sukma Sakti

Carr sudah ditahan di Polsek Kuta usai menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Siloam, Sunset Road, Kuta. Ia bahkan ditetapkan sebagai tersangka, dan menjalani pemeriksaan intensif di Polsek Kuta.

Saat dimintai keterangan, Carr mengaku menyesal dan tidak ingat apa yang ia lakukan pada Sabtu pekan lalu. Kepada polisi, Carr mengatakan pada hari itu sangat mabuk usai menegak 20 botol vodka.

"Sangat sedikit yang bisa saya ingat. Saya ingat menabrak skuter. Saya minum banyak alkohol. Saya sangat menyesal dan meminta maaf atas perbuatan saya kepada korban," kata Carr, Senin (12/8) lalu.

Ia mengaku akan memberi kompensasi kepada semua pihak yang telah ia rugikan, termasuk si pengendara sepeda motor yang telah ditendangnya.

Kapolsek Kuta, AKP Teuku Ricki Fadlianshah, mengatakan Carr dijerat dengan pasal 351 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) Tentang Penganiayaan dan 406 KUHP tentang erbuatan yang telah merusak barang milik orang lain.

4. Apa tanggapan Konjen Australia di Bali?

5 Fakta Turis Australia yang Tendang Pengendara Motor di Bali(Turis asal Australia Nicholas Carr tengah dirawat di RS Siloam) Istimewa

Pemerintah Australia angkat bicara mengenai kelakuan warganya, Nicholas Carr, yang tengah menjadi sorotan luas di Indonesia. Pemerintah Negeri Kanguru yang diwakili oleh Konjen Australia di Bali, Anthea Griffin, mengatakan bisa memahami kekesalan publik terhadap kelakuan Carr. Pasalnya, bukan kali pertama turis asal Australia berbuat ulah ketika berlibur di Bali.

Insiden Carr yang mengamuk di Jalan Sunset Road, Kuta, menjadi tajuk pemberitaan utama di Indonesia. Lantaran yang ia lakukan sungguh di luar akal sehat. Selain menendang pengemudi sepeda motor, ia juga menabrakkan diri ketika mobil tengah melintas di jalan. Griffin mewanti-wanti agar warganya bisa menyesuaikan diri dengan tempat mereka berada.

"Kami mengingatkan warga Australia untuk menghargai penduduk lokal ketika bepergian ke luar negeri," kata Griffin seperti dikutip dari akun Twitter-nya, Minggu (11/8) lalu.

Anthea Griffin menambhakan, apa yang dilakukan oleh Nicholas Carr tidak mewakili turis Australia secara keseluruhan yang berlibur di luar negeri, termasuk Indonesia.

"Banyak yang berlibur di pulau indah ini tanpa insiden apa pun," kata Griffin.

5. Australia termasuk Negara besar kedua yang sering datang ke Bali

5 Fakta Turis Australia yang Tendang Pengendara Motor di Baliindosurflife.com

Insiden turis yang berulah semacam ini bukan kali pertama terjadi di Indonesia. Sekadar diketahui, Australis termasuk Negara yang mendapatkan fasilitas bebas visa. Data dari Badan Pusat Statistik 2018 lalu menyebut, ada kenaikan kunjungan turis Australia usai visa dibebaskan. Pada periode Januari hingga November 2018, total ada 5.572.142 turis mancanegara datang ke Pulau Dewata. Australia termasuk Negara besar kedua yang sering datang ke Bali.

"Menurut kebangsaan wisman yang tercatat paling banyak datang ke Bali pada Januari-November 2018 adalah wisman dengan kebangsaan Tiongkok (22,99 persen), Australia (19,16 persen), India (5,75 persen), Inggris (4,51 persen), Jepang (4,29 persen), AS (3,84 persen), Prancis (3,37 persen), Jerman (3,15 persen), Malaysia (3,06 persen), dan Korea Selatan (2,33 persen)," kata Kepala BPS Provinsi Bali, Adi Nugraha, dalam keterangan tertulis Januari lalu.

Apabila diubah ke dalam angka, maka jumlah turis Australia ke Bali mencapai 1.067.508 orang.

Baca Juga: Viral, Turis Asing Usir Warga Desa Mandi di Pantai Buleleng

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You