Penerbangan Langsung Moskow-Denpasar Dongkrak Jumlah Turis Rusia

Indonesia dinilai sebagai tempat wisata yang instagramable

Jakarta, IDN Times - Wisatawan Rusia yang mengunjungi Indonesia pada tahun 2018 mengalami kenaikan 6,95 persen dari 117.500 pada tahun 2017 menjadi 125.700 orang. Dibukanya penerbangan langsung dari Moskow-Denpasar oleh maskapai penerbangan Rusia, Rossiya Airlines, menjadi faktor penting terhadap peningkatan wisatawan Rusia ke Indonesia.

Peningkatan jumlah kunjungan ini juga tak lepas dari upaya berbagai pihak seperti operator tur, agen wisata, media dan perusahaan penerbangan yang ikut mempromosikan destinasi wisata Indonesia kepada masyarakat Rusia.

Hal disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, pada acara Indonesian Tourism Update di Wisma Duta KBRI Moskow, Selasa (12/2) lalu.

1. Terbang dari Moskow ke Bali hanya sembilan jam

Penerbangan Langsung Moskow-Denpasar Dongkrak Jumlah Turis RusiaInstagram.com/rossiya_airlines

Dubes Wahid menjelaskan, penerbangan langsung yang dibuka sejak 28 Oktober 2018 lalu menjadi moda perjalanan alternatif yang nyaman bagi wisatawan Rusia.

Berkat penerbangan langsung, waktu tempuh ke Indonesia menjadi sekitar 12 jam. Tak heran jika jumlah warga Rusia yang tertarik untuk pergi ke Indonesia pun meningkat.

2. Paket wisata ke Indonesia terjual dua kali lipat

Penerbangan Langsung Moskow-Denpasar Dongkrak Jumlah Turis Rusiainstagram.com/jokowi

Sementara itu, perwakilan Coral Travel menyampaikan pada periode Oktober 2018-Januari 2019, pihaknya berhasil menjual paket wisata ke Indonesia dua kali lipat dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Tahun ini, Coral Travel berharap dapat meningkatkan penjualan paket wisata Indonesia dari tahun lalu yang berjumlah lebih dari 1000 paket wisata. Coral Travel juga berharap pihaknya dapat melanjutkan kerja sama dengan KBRI Moskow untuk mempromosikan destinasi Indonesia di Rusia.

Baca Juga: Trik Nih, 10 Rahasia Biar Terbebas dari Bagasi Maskapai yang Berbayar

3. Berbagai program dilakukan untuk menarik minat kunjungan ke Indonesia

Penerbangan Langsung Moskow-Denpasar Dongkrak Jumlah Turis RusiaIDN Times/Dok. KBRI Moskow

Upaya mendorong peningkatan wisatawan Rusia ke Indonesia dilakukan melalu berbagai program kegiatan KBRI Moskow yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia.

Di antaranya sales mission, joint promotion program, partisipasi pada pameran pariwisata, familirization trip, serta penyelenggaraan Festival Indonesia di Moskow.

4. Prestasi Indonesia di bidang pariwisata yang bikin wisatawan tertarik datang

Penerbangan Langsung Moskow-Denpasar Dongkrak Jumlah Turis RusiaIDN Times/Imam Rosidin

Dubes Wahid memaparkan, alasan Indonesia layak dikunjungi wisatawan asing, termasuk dari Rusia. Mengutip Big 7 Media, Indonesia termasuk dalam deretan negara yang paling instagramabale. Indonesia menempati urutan ke-4 di dunia.

Selain itu, Indonesia juga berada di posisi ke-6 negara paling indah versi Rough Guides. Untuk predikat negara paling aman untuk solo traveler, Indonesia berada di urutan ke-9  versi Global Peace Index.

Indonesia bahkan menempatkan tiga pulaunya sebagai pulau paling indah di dunia, yaitu Jawa di urutan ke-1, Bali pada posisi ke-2, dan Lombok di nomor ke-3 versi Travel and Leisure.

5. Pameran pariwisata digelar di KBRI Moskow

Penerbangan Langsung Moskow-Denpasar Dongkrak Jumlah Turis RusiaIDN Times/Dok. KBRI Moskow

Indonesian Tourism Update di Wisma Duta KBRI Moskow diselenggarakan atas kerja sama KBRI Moskow dengan operator tur terbesar di Rusia, Coral Travel. Acara itu dihadiri sekitar 30 agen wisata Rusia, wartawan, Visit Indonesia Tourism Office (VITO), serta perwakilan dari maskapai penerbangan Qatar Airways.

Baca Juga: Gak Usah Nunggu Promo, 7 Cara Dapetin Tiket Pesawat Murah

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya