Comscore Tracker

5 Tips Menumbuhkan Jenggot yang Benar, Biar Makin Maskulin!

Gak gampang lho merawat jenggot

Jenggot biasanya identik sebagai tanda maskulin dan kedewasaan seorang. Apakah kamu pengin menumbuhkan jenggot? Nih ada tipsnya biar jenggotmu terlihat bagus, rapi, dan terawat.

1. Biarkan rambut wajah tumbuh

5 Tips Menumbuhkan Jenggot yang Benar, Biar Makin Maskulin!groomingpassion.com

Bila ingin mendapatkan jenggot yang sesuai harapan, jangan pernah mencukur dan memotong rambut di wajah yang masih sangat pendek. Rambut wajah akan tumbuh lebih tebal dari waktu ke waktu. Semakin lama kamu menunggu, maka pertumbuhan jenggot akan semakin baik.

Setelah beberapa minggu, bentuk rambut di wajah akan terlihat jelas. Setelah rambut di wajah terlihat jelas, kamu dapat mencukur bulu-bulu yang tidak diharapkan di bagian pipi dan leher. Tapi jangan salah cukur ya, bro! Perhatikan bahwa garis jenggot bukanlah garis rahang, kamu harus menemukan garis jenggot dengan feeling yang kamu miliki.

2. Jangan meraba jenggot

5 Tips Menumbuhkan Jenggot yang Benar, Biar Makin Maskulin!lumberjacksbeardoil.com

Memang pada saat jenggot mulai tumbuh, wajah akan terasa sedikit gatal sehingga akan membuat kamu tergoda untuk memegang rambut di wajah dan leher. Bahkan kamu bisa saja menggaruknya. Mulai sekarang kamu harus berhenti melakukan hal ini.

Pasalnya, kuman dan benda asing yang begitu dekat ke mulut akan masuk ke dalam kulit. Selain itu, kebiasaan buruk ini bisa mengiritasi kulit dan dapat menyebabkan ujung rambut wajah yang bercabang dan bahkan botak. Seram kan?

3. Lakukan perawatan pada jenggot

5 Tips Menumbuhkan Jenggot yang Benar, Biar Makin Maskulin!blog.wild-willies.com

Percaya atau tidak, perawatan jenggot dan brewok sangat penting untuk mendapatkan bentuk jenggot yang bagus. Kamu bisa memulai perawatan, dengan menggunakan minyak khusus jenggot sejak hari pertama saat mencukur untuk menghilangkan rasa gatal. Minyak ini dapat melembutkan wajah dan juga mencegah adanya debu yang menumpuk di rambut wajah.

Selain itu, kamu dapat menggunakan beard balm yang dapat memberikan kelembapan pada wajah dan tentunya akan lebih tahan lama. Beard balm sangat baik untuk rambut wajah yang lebih tebal dan kulit wajah yang kering. Produk perawatan jenggot lainnya juga sangat penting.

Produk ini dapat berupa alat penyikat yang berguna untuk menyikat kulit mati di sekitar wajah, membantu menjaga kulit tetap bersih dan bebas dari rasa gatal. Alat penyikat ini juga dapat membantu beard balm dan minyak khusus jenggot cepat diserap secara menyeluruh.

Tapi jangan asal pilih ya. Pilih produk yang sesuai dengan budget dan memiliki bau yang tidak menyengat.

4. Jaga kesehatan

5 Tips Menumbuhkan Jenggot yang Benar, Biar Makin Maskulin!masterful-beard.myshopify.com

Meskipun banyak produk yang menjanjikan untuk menumbuhkan jenggot lebih cepat, kamu harus tetap menjaga nutrisi makanan, hidup sehat dan berolahraga. Makanlah makanan yang seimbang dan selalu minum air putih. Lengkapi dengan multivitamin, biotin dan vitamin B yang sangat penting untuk kesehatan rambut dan kulit.

5. Buat goals

5 Tips Menumbuhkan Jenggot yang Benar, Biar Makin Maskulin!blog.wild-willies.com

Bagi seseorang yang sebelumnya belum pernah tumbuh jenggot dan brewok, memang hal ini akan terasa sulit dilakukan. Akan tetapi jangan putus asa. Tetap semangat mencoba dan buat goals untuk diri sendiri sehingga bakal semakin termotivasi.

Kamu punya tips lain gak? Kalau ada, share di kolom komentar ya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Putri Arimbi di IDN Times Community dengan judul 5 Tips Menumbuhkan Jenggot dan Brewok, Tambah Maskulin!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya