Comscore Tracker

7 Penyebab Wajah Jadi Kering Hingga Gatal, Hati-hati Keliru Perawatan

Biar gak sia-sia beli produk kecantikan

Merawat wajah adalah hal yang penting. Seharusnya gak hanya perempuan saja sih, tetapi juga laki-laki. Berbagai produk perawat wajah dicoba agar tampak cerah, bersih, dan mulus. Tapi nyatanya, gak semua produk kecantikan bisa mewujudkan keinginan itu. Wajah jadi tambah kering hingga gatal-gatal. Apa sih penyebabnya?

1. Kamu terlalu sering mencoba produk baru. Itu bahaya juga buat wajah

7 Penyebab Wajah Jadi Kering Hingga Gatal, Hati-hati Keliru Perawatanmiabellabeauty.com.au/

Banyak produk kecantikan yang ditawarkan. Promosinya gila-gilaan. Bisa mencerahkan dalam sekejap, kemasannya yang cantik, hingga harganya terjangkau. Namun itu tidak sepenuhnya benar dan kamu cenderung membeli produk baru hanya karena tertarik ingin mencobanya. Padahal kamu mungkin sedang mengenakan satu produk tertentu untuk perawatan sehari-harinya.

Nah, inilah kekeliruan yang sering kamu lakukan. Justru kerja produk kecantikan yang kamu pakai saat ini tidak bisa bekerja maksimal.

2. Menggunakan tabir surya hanya satu kali dalam sehari  

7 Penyebab Wajah Jadi Kering Hingga Gatal, Hati-hati Keliru Perawatanthehealthy.com/

Banyak produk tabir surya yang menawarkan khasiat hanya dengan sekali pakai. Artinya, cukup dengan mengaplikasikan tabir surya pada pagi hari, maka kulit wajahmu akan terlindungi selama seharian penuh. Padahal tidak ada tabir surya yang melindungi sepanjang hari lho.

Paling lama hanya bertahan empat jam. Sehingga setiap empat jam, sebaiknya kamu kembali mengaplikasikan tabir surya agar kulit wajah terlindungi secara maksimal.

3. Terlalu sering melakukan face scrub setiap hari

7 Penyebab Wajah Jadi Kering Hingga Gatal, Hati-hati Keliru Perawatanskincare.com/

Face scrub dapat membuat wajah bersih bersinar. Tetapi akan menjadi bermasalah ketika face scrub dilakukan setiap hari. Hal tersebut akan membuat wajah menjadi kering. Face scrub yang baik dilakukan dua minggu sekali, dan tidak dianjurkan menggosok wajah terlalu kencang.

Baca Juga: Serbaguna, Ini 5 Manfaat Air Mawar untuk Perawatan Wajah

4. Mencuci wajah pakai sabun mandi

7 Penyebab Wajah Jadi Kering Hingga Gatal, Hati-hati Keliru Perawatanherworld.com/

Sabun mandi biasanya memiliki ph atau keasaman yang jauh berbeda dengan kondisi kulit wajah. Maka, kulit wajah akan menjadi kering dan bersisik jika kamu memakai sabun mandi.

5. Cuci muka sehari sekali  

7 Penyebab Wajah Jadi Kering Hingga Gatal, Hati-hati Keliru Perawataninstyle.com/

Berkebalikan dengan face scrub, cuci muka sebaiknya dilakukan minimal dua kali sehari. Hal ini lantaran wajah umumnya banyak terpapar debu setelah beraktivitas seharian. Debu yang menempel akan menutup pori-pori kulit wajah. Hal ini bisa diatasi dengan cara simple. Yaitu membersihkan wajah dengan sabun muka. 

6. Memakai obat jerawat secara berlebihan

7 Penyebab Wajah Jadi Kering Hingga Gatal, Hati-hati Keliru Perawatanbirchbox.com/

Penggunaan obat jerawat secara berlebihan belum tentu bisa menghilangkan dengan cepat. Kesalahan ini justru akan membuat kulit wajah kering kemerahan seperti terbakar, iritasi atau bahkan terkelupas. Makanya, gunakan obat jerawat sesuai takaran dan cukup aplikasikan secara tipis-tipis saja. Pastinya, perawatan kecantikan untuk mengatasi jerawat memang membutuhkan kesabaran.

7. Mencuci wajah tanpa cleansing terlebih dulu

7 Penyebab Wajah Jadi Kering Hingga Gatal, Hati-hati Keliru Perawatanburo247.my/

Sebaiknya gunakan cleansing untuk membersihkan makeup sebelum mencuci wajah. Sebab cleansing dapat mengangkat makeup dan kotoran yang menempel di wajah secara maksimal.

Itulah penyebab wajah jadi kering hingga gatal-gatal, padahal sudah pakai produk kecantikan. Semoga artikel ini bisa menjawab permasalahanmu ya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Pagi Kusumardani di IDN Times Community dengan judul Catat, Ini 7 Kesalahan Saat Merawat Wajah yang Bikin Usahamu Sia-Sia

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya