Comscore Tracker

Bukan untuk Menarik Perhatian Cowok, Ini 6 Alasan Cewek Suka Berdandan

Dia dandan bukan untuk caper di depanmu saja

Apa yang kamu pikirkan ketika melihat seorang cewek berdandan? Kebanyakan orang beranggapan, bahwa seorang cewek yang dandan tujuannya untuk menarik perhatian cowok. Barangkali memang ada yang seperti itu, tapi gak semuanya ya.

Setiap cewek punya alasannya kenapa ia suka berdandan atau merias diri. Hanya saja, menyamaratakan bahwa semua cewek berdandan itu hanya demi menarik perhatian cowok juga kurang bijak.

Lalu kalau bukan untuk menarik perhatian cowok, apa sih alasan lain cewek memiliki berdandan? Simak ulasannya berikut ini:

1. Untuk kesenangan dan kebahagiaannya sendiri

Bukan untuk Menarik Perhatian Cowok, Ini 6 Alasan Cewek Suka BerdandanPexels/bruce mars

Ya, setiap orang memiliki caranya sendiri untuk membuat dirinya senang dan bahagia. Sebagian besar cewek menganggap berdandan adalah cara untuknya merasakan kesenangan dan kebahagiaan. Aktivitas berdandan dijadikan sebagai mood booster.

Bagi yang suka membaca buku, sensasi menyenangkan dan membahagiakan akan hadir ketika misalnya kamu menemukan atau mendapatkan buku yang selama ini kamu incar dan cari. Seperti itu jugalah yang dirasakan para cewek ketika berdandan. Ia melakukannya karena kegiatan itu membuatnya senang dan bahagia. Alasan itu cukup baginya.

2. Sebagai upaya merawat diri

Bukan untuk Menarik Perhatian Cowok, Ini 6 Alasan Cewek Suka BerdandanPexels/Breakingpic

Aktivitas berdandan memiliki banyak manfaat. Selain bisa lebih memancarkan aura kecantikannya, dengan berdandan, wanita juga jadi lebih peduli terhadap kesehatan wajahnya. Dengan begitu, selain berdandan ia juga akan dengan sendirinya belajar untuk merawat agar kulit wajahnya tetap sehat.

Karena hampir semua cewek percaya bahwa wajah yang sehat adalah kunci utama untuk membuatnya tampil cantik maksimal.

3. Sebagai upaya mengenali karakteristik wajahnya

Bukan untuk Menarik Perhatian Cowok, Ini 6 Alasan Cewek Suka BerdandanPexels/Valeria Boltneva

Setiap cewek memiliki jenis kulit wajah yang berbeda. Ada yang wajahnya kering, berminyak, dan ada juga yang normal.

Saat berdandan, para cewek biasanya akan lebih memperhatikan dan perlahan-lahan menyadari karakteristik kulit wajahnya dengan lebih mendetail. Maka tak jarang seorang cewek bisa mencoba satu jenis kosmetik dengan berbagai merek atau brand berbeda untuk wajahnya.

Itu adalah upayanya untuk mengetahui dan memahami formula kosmetik seperti apa, dan brand kosmetik mana yang cocok serta dibutuhkan oleh kulit wajahnya.

4. Sebagai bentuk penghargaan terhadap diri sendiri

Bukan untuk Menarik Perhatian Cowok, Ini 6 Alasan Cewek Suka BerdandanPexels/Pixabay

Kamu barangkali akan setuju bahwa cewek yang berdandan akan terlihat lebih cantik. Tentu saja jika dandanannya diaplikasikan dengan benar. Tidak semrawut atau asal mengaplikasikan sebab berdandan juga bisa dikategorikan sebagai keterampilan. Sesuatu yang membutuhkan pengetahuan dan teknik khusus untuk melakukannya.

Buktinya, tidak semua orang mampu menjadi penata rias. Apalagi menjadi penata rias profesional.

Karena itulah mengapa bagi sebagian cewek, kemampuannya berdandan atau merias diri dianggap sebagai sebuah prestasi. Anggapan tersebut tentu saja tidak bermaksud menyepelekan para cewek yang tak mahir atau tak suka berdandan. Anggapan semacam itu lebih ditujukan sebagai upaya untuk menghargai dirinya sendiri. Menghargai kemampuan yang tidak semua orang miliki.

5. Sebagai upaya bersyukur atas apa yang sudah Tuhan berikan kepadanya

Bukan untuk Menarik Perhatian Cowok, Ini 6 Alasan Cewek Suka BerdandanPexels/Min An

Tuhan memang sudah memberikan segala yang terbaik kepada setiap hambanya dan manusia patut mensyukurinya. Bagi sebagian cewek, merias diri atau berdandan adalah upayanya untuk bersyukur atas kecantikan alami yang sudah Tuhan berikan kepadanya.

Tuhan telah menganugerahinya sepasang mata dan alis, bibir, hidung, dan keseluruhan wajah yang sehat dan dalam kondisi baik. Dengan mempercantik diri, bukan berarti wanita tak menerima kondisi apa adanya dirinya, melainkan sebaliknya.

Seseorang yang merasa bersyukur biasanya cenderung akan bersuka hati menjaga baik-baik apa pun yang sudah Tuhan anugerahkan kepadanya. Mempercantik diri adalah salah satu upaya cewek untuk menjaga apa yang sudah ia punya itu.

Bukankah Tuhan juga menyukai kebersihan dan kecantikan?

6. Sebagai bentuk mengekspresikan diri

Bukan untuk Menarik Perhatian Cowok, Ini 6 Alasan Cewek Suka BerdandanPixabay/himanshugunarathna

Macam-macam cara yang dipilih seseorang dalam mengekspresikan dirinya. Ada yang dengan cara melakukan berbagai kegiatan yang dapat memacu adrenalin, ada yang dengan cara melakukan hal-hal yang aneh dan unik, dan beragam cara lainnya. Sebagian cewek memilih mengekspresikan dirinya dengan berdandan.

Di zaman sekarang ini, aktivitas berdandan atau merias diri bukan lagi cuma dianggap sebagai upaya untuk mempercantik diri, melainkan lebih dari itu, merias diri juga dianggap sebagai salah satu hal yang bernilai seni. Banyak perias wajah dewasa ini yang mengeksplorasi dan mengembangkan kemampuannya untuk mendandani atau membuat wajah seseorang yang tampak biasa, menjadi terlihat luar biasa dan menjadikan kemampuan tersebut sebagai keahlian khusus. Kegiatan semacam itu bahkan ada kompetisinya.

Kini, dandanan atau riasan wajah juga bukan lagi dianggap sekadar penunjang saat para model harus memamerkan desain pakaian hasil karya seorang desainer di atas catwalk. Lebih dari itu, ia memiliki perannya sendiri untuk membantu para modelnya bisa lebih mengekspresikan diri dan pakaian yang dikenakannya hingga tampil lebih memesona di atas catwalk.

Itu tadi enam alasan kenapa seorang cewek suka berdandan. Beberapa cewek di sekitarmu barangkali memiliki alasan lain di luar keenam hal tadi. Tentu saja itu tak masalah. Sebab apa pun alasannya, kamu harus bijak dan tetap menghargai pilihannya. Lagi pula, bukankah aktivitas berdandan juga merupakan sesuatu yang sifatnya positif, selama si ceweknya juga pintar membawa diri?

Kamu punya pendapat yang berbeda? Share pengalamanmu di kolom komentar ya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You