TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Buat Ladies, 3 Cara Menghindari Pelecehan Seksual di Tempat Umum

Lebih baik hati-hati girls

Ilustrasi pemerkosaan. IDN Times/Sukma Shakti

Tahun 2016 lalu, lembaga Thomson Reuters Foundation bekerja sama dengan lembaga survei YouGov, merilis survei daftar peringkat kota dengan transportasi paling berbahaya untuk perempuan. Bogota di Kolombia adalah kota yang paling membahayakan bagi perempuan pengguna transportasi umum. Disusul Mexico City, Lima, New Delhi dan Jakarta.

Ya! Indonesia, tepatnya di Jakarta masuk peringkat lima dunia sebagai kota yang memiliki transportasi buruk untuk kaum hawa.

Tapi tenang, ladies! Ada cara untuk menghindari modus pelecehan seksual di transportasi umum. Seperti yang diungkapkan mahasiswi lulusan Desain Komunikasi Visual dari Institut Teknologi Nasional Bandung, yang ia bagikan dalam video berdurasi satu menit. Ini dia link videonya.

Dilansir dari video tersebut, modus-modus pelecehan seksual di transportasi umum tersebut di antaranya:

1. Memotret area terlarang perempuan yang menggunakan rok mini menggunakan kamera ponsel

unsplash/josh hild

Nah untuk satu ini, kamu harus berhati-hati ya. Cara menghindarinya yaitu menggunakan pakaian yang sopan, apalagi jika naik transportasi umum. Jika kamu menemukan orang yang melakukan hal seperti ini, jangan segan-segan menegurnya untuk menimbulkan efek jera. Sehingga ia tidak mengulang lagi perbuatan tersebut.

2. Meraba area terlarang perempuan

theguardian.com

Jika kendaraan sedang padat, para pelaku pelecehan seksual seringkali memanfaatkan keadaan tersebut untuk melancarkan aksinya. Nah, kamu harus waspada dengan menggunakan sling bag lebar yang menutupi area belakang tubuh kita.

Namun jangan lupa. Barang berharga seperti dompet dan ponsel disimpan di tempat yang aman terlebih dahulu.

Berita Terkini Lainnya