Comscore Tracker

6 Tips Menghindari Miskomunikasi dengan Pasangan!

Solusi ampuh dari Pendiri Komunitas Cinta Setara!

Momen Valentine, walaupun sudah lewat, namun hingga beberapa hari belakangan ini masih hangat untuk dirayakan bersama pasangan. Hanya saja sering pula rencana pertemuan dengan pasangan tidak berjalan mulus.

Dalam seminar "Opennes and Vulnerability in Love" yang diselenggarakan oleh Ubah Stigma di Plaza Indonesia (14/2), hadir tiga orang panelis di antaranya Rena Masri (Pendiri Cinta Setara), Adam A. Abednego (co-Founder Menjadi Manusia), dan Agnes Oryza (Beauty influencer).

Mereka membahas tentang pentingnya bersikap terbuka, tips menjaga hubungan yang sehat, dan cara berkomunikasi yang baik dengan pasangan. Berikut ini IDN Times rangkum 6 kiat penting untuk berkomunikasi dengan pasangan dari Rena Masri. Check this out ya!

1. Utarakan dengan jelas dan tidak bertele-tele

6 Tips Menghindari Miskomunikasi dengan Pasangan!Pexels/Fauxels

Rena Masri seorang psikolog klinis mengatakan bahwa sangat penting untuk bisa mengomunikasikan permasalahan dengan jelas dan tepat. Komunikasi yang terlalu bertele-tele akan membuat pasangan kita menjadi tidak fokus menyimak pembicaraan.

"Yang sering terjadi permasalahan dalam berkomunikasi itu adalah kita tidak mengomunikasikan itu (masalah) secara jelas dan juga terlalu banyak asumsi," tutur Rena.

2. Berhentilah berasumsi

6 Tips Menghindari Miskomunikasi dengan Pasangan!Pexels/Jopwell

Rena menambahkan bahwa, "kadang-kadang kita merasa, harusnya dia tahu atau ngerti dong. Tapi kan kita manusia biasa. Kita gak bisa baca pikiran orang lain. Sehingga seharusnya harapan kita tentang hubungan itu dikomunikasikan dengan pasangan".

Seperti yang dikatakan Rena, sebelum mendengar langsung dari pasanganmu, jangan dulu berburuk sangka ya! Asumsi yang gak jelas itu biasanya hadir ketika kamu berusaha memendam perasaanmu dan tidak secara terus terang menyampaikannya.

3. Gunakan bahasa yang halus

6 Tips Menghindari Miskomunikasi dengan Pasangan!Pexels/Elevate Digital

Kalau topik yang mau kamu angkat adalah masalah yang serius dan berat, ada baiknya kamu mengutarakannya dengan bahasa yang halus. Hindari nada tinggi dalam penyampaian pesanmu, ya!

Pasalnya, selain memancing pertengkaran, sikap ini juga akan membuat topik pembicaraan menjadi tidak menarik untuk dikomunikasikan.

Baca Juga: Ingat 5 Hal Ini Ketika Bertengkar dengan Pasangan, Biar Gak Menyesal

4. Pilih waktu yang tepat

6 Tips Menghindari Miskomunikasi dengan Pasangan!Pexels/mentatdgt

Rena Masri menyarankan bahwa sebaiknya mencari situasi dan kondisi yang tepat sebelum membahas masalah hubungan kalian ya! Kalau pasanganmu terlihat sedang capek dan banyak pikiran, baiknya tunda dulu atau komunikasikan ke dia bahwa ada hal yang kamu harus bicarakan, hanya saja bukan sekarang.

"Misalnya pas pulang kerja, abis lembur, meeting.. eh pulang-pulang langsung disambut dengan omelan. Akhirnya yang terjadi apa? Akhirnya pertengkaran lagi yang terjadi. Jadi kita juga harus tau waktu-waktu yang tepat," tutur perempuan lulusan Universitas Atma Jaya ini.

5. Bangun suasana yang nyaman

6 Tips Menghindari Miskomunikasi dengan Pasangan!pexels/mentatdgt

Sebelum memulai perbincangan, coba deh bangun suasana yang nyaman. Menurut Rena, hal ini penting banget agar mood  bisa bagus sebelum membicarakan topik yang serius sehingga diskusi pun bisa berjalan lancar.

"Jadi memang kita harus buat suasananya juga kalau mau membicarakan hal-hal yang penting," tambah Rena.

6. Jangan sembunyikan apa pun

6 Tips Menghindari Miskomunikasi dengan Pasangan!instagram.com/plazaindonesia

"Kalau kita pura-pura nanti bakal ada masalah lagi karena kita gak genuine sih akhirnya dengan pasangan," ujar Rena.

Kalau kamu menutupi sesuatu, bahkan saat diskusi hubungan kalian, permasalahan baru akan muncul di kemudian hari. Dampaknya, semuanya tidak akan pernah habis untuk dibahas! Baiknya, saat momen ngomong serius itu muncul, kamu harus memanfaatkannya untuk sama-sama bersikap terbuka dengan pasangan.

Nah, itu enam poin penting sebelum ngobrol serius dengan pasangan berdasarkan penuturan Rena Masri, founder dari komunitas Cinta Setara. Semoga membantu ya!

Baca Juga: Pacar Lama Membalas Chat? Siapa Tahu Sedang Mengalami 5 Hal ini

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya