Comscore Tracker

Hati-hati! 5 Tanda Kehidupan Pribadi dan Pekerjaanmu Mulai Gak Balance

Jangan sampai kelewat batas ya

Pekerjaan yang menumpuk dan seakan tidak pernah ada habisnya, seringkali membuat seseorang harus membawa pekerjaan ke rumah. Apalagi di masa work from home seperti ini, batasan antara pekerjaan dan ruang pribadi atau keluarga seakan semakin tidak jelas. Nah jangan sampai semuanya menjadi bablas dan kamu lupa pada batasan-batasan yang ada. Hal ini tentu akan merugikan diri kamu sendiri.

Nah agar semuanya tetap bisa berjalan seimbang, kehidupan kamu menjadi balance sebagaimana diharapkan, kamu harus tahu pada batasan itu dan mengenali tanda-tanda apabila semuanya sudah keluar dari batas yang seharusnya. Berikut ini tanda apabila kehidupan pribadi dan pekerjaan kamu sudah mulai gak balance. 

1. Cepat stres, mudah marah, dan sering gelisah

Hati-hati! 5 Tanda Kehidupan Pribadi dan Pekerjaanmu Mulai Gak Balanceunsplash.com/JESHOOTS.COM

Mengurus pekerjaan tanpa mengenal waktu istirahat dapat membuatmu rentan mengalami stres berkepanjangan. Tidak hanya itu saja, ketika hidup dan kerja sudah tidak lagi seimbang, bukan hanya kesehatan fisik saja yang terganggu, tetapi juga kesehatan mentalmu. Akibatnya, kamu akan lebih mudah marah, gelisah, panik, bahkan mengalami depresi.

2. Lupa jaga diri

Hati-hati! 5 Tanda Kehidupan Pribadi dan Pekerjaanmu Mulai Gak Balanceunsplash/SebastianHermann

Orang yang lebih mementingkan pekerjaan biasanya cenderung bersikap cuek atau masa bodoh dengan kondisi tubuhnya sendiri. Apalagi jika kamu merasa sering disibukkan dengan pekerjaan dan hanya memikirkan deadline dan target tanpa ingat bahwa diri kamu juga perlu diperhatikan. Nah, jika kamu sudah mengalami hal ini, tandanya ada yang tidak beres dengan kehidupanmu.

3. Sering merasa kesepian

Hati-hati! 5 Tanda Kehidupan Pribadi dan Pekerjaanmu Mulai Gak BalanceUnsplash/Siavash Ghanbari

Tanpa sadar, ketika hidup dan urusan pekerjaan mulai tidak seimbang kamu akan kehilangan banyak waktu dengan keluarga dan orang- orang yang kamu cintai. Akibatnya, hal ini bisa membuat kamu merasa tersisih dan kesepian. Jadi, jangan sampai kamu terlalu fokus dengan urusan pekerjaan yang pastinya tidak akan pernah habis.

Baca Juga: 7 Keuntungan yang Bakal Kamu Dapatkan Kalau Gak Suka Menunda Pekerjaan

4. Tidak memiliki batasan yang jelas antara urusan pribadi dan pekerjaan

Hati-hati! 5 Tanda Kehidupan Pribadi dan Pekerjaanmu Mulai Gak Balanceunsplash/DanielChekalov

Jika kamu kerap membawa pekerjaan kantor hingga ke rumah, itu bisa menandakan bahwa kehidupan pribadi dan urusan pekerjaanmu sudah tidak seimbang. Kamu merasa masih harus selalu siap sepanjang waktu, baik itu dalam hal menerima panggilan, membuka email, atau melakukan pekerjaan lainnya di rumah. Padahal, waktu di rumah seharusnya dihabiskan untuk keluarga dan kehidupan pribadimu.

5. Mulai merasa tidak kompeten

Hati-hati! 5 Tanda Kehidupan Pribadi dan Pekerjaanmu Mulai Gak Balanceunsplash.com/ethan sykes

Ketika urusan pekerjaanmu lebih penting daripada dari kehidupan pribadimu, kamu akan mulai merasa bahwa apa yang sudah dilakukan hingga saat ini tidak pernah cukup. Ini karena kamu merasa khawatir jika kualitas kerjamu menurun. Padahal, bisa jadi hal tersebut hanya pemikiranmu saja.

Nah itu beberapa tanda bahwa kehidupan pribadi dan pekerjaan kamu sudah mulai tidak seimbang. Apabila kamu merasa mengalaminya, segera evaluasi diri dan kembali lebih perhatikan diri kamu sendiri. Pekerjaan tentu tidak akan pernah ada habisnya. Apabila kamu bisa menjalankan semuanya dengan seimbang, itu akan bermanfaat untuk tubuh dan pikiran kamu sendiri. Tetap jaga diri ya.

Baca Juga: 5 Pilihan Pekerjaan Sampingan Buat Kamu yang Hobi Berkebun

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya