Comscore Tracker

5 Cara Efektif Mengurangi Emosi Negatif dalam Pikiran dan Perasaan

Tetap tebarkan energi dan semangat positif ya

Tidak seperti kecerdasan intelektual (IQ) yang merupakan kemampuan bawaan sejak lahir, kecerdasan emosional adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan dikembangkan oleh seseorang di dalam kehidupannya.

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk mengekspresikan emosi dan menggunakannya dengan cara yang positif, bahkan dalam situasi yang penuh tekanan sekalipun. 

Untuk mempelajari dan meningkatkan jenis kecerdasan yang satu ini, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini!

1. Mulai belajar mengontrol emosi dalam diri

5 Cara Efektif Mengurangi Emosi Negatif dalam Pikiran dan PerasaanPexels/Anastasia Shuraeva

Salah satu aspek terpenting dalam meningkatkan kecerdasan emosional adalah punya kemampuan untuk mengontrol emosi diri secara efektif. Ini sangat penting untuk mengatur pikiran sehingga tak merasa stres dan memengaruhi tindakan dalam mengambil keputusan.

Maka dari itu, cobalah untuk mengubah perasaan negatif yang kamu miliki dengan mengubah cara berpikir kamu terhadap hal tersebut.

2. Tetap tenang dalam menghadapi situasi apapun

5 Cara Efektif Mengurangi Emosi Negatif dalam Pikiran dan Perasaanunsplash/Daria Litvinova

Ketika dihadapkan pada kejadian baru atau menyedihkan, mungkin kamu akan merasa dalam tekanan. Ingatlah untuk tetap tenang dalam menghadapi situasi tersebut!

Sebab, jika kamu sampai tenggelam dalam emosi, bisa saja pada akhirnya kamu berakhir dalam kondisi stres atau depresi!

3. Jangan biarkan orang lain memengaruhi mood kamu

5 Cara Efektif Mengurangi Emosi Negatif dalam Pikiran dan Perasaanunsplash/trung18tuoi

Kamu pasti pernah bertemu dengan orang yang menyebalkan atau mempersulit jalan hidupmu. Ketika ini terjadi, jangan sampai kamu membiarkan mereka memengaruhi mood serta emosi yang kamu miliki. Cobalah untuk menenangkan diri terlebih dahulu sebelum kamu berbicara dengan orang tersebut!

Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk melihat suatu hal dari sudut pandang orang tersebut. Dengan demikian, kamu bisa lebih menoleransi perilaku yang dia lakukan, kecuali untuk beberapa hal yang memang kamu rasa tidak pantas.

Baca Juga: 5 Langkah Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak, Ajak Kenal Perasaan!

4. Mulai berani menyampaikan isi perasaan

5 Cara Efektif Mengurangi Emosi Negatif dalam Pikiran dan Perasaanpexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Beberapa orang dengan kecerdasan emosional rendah, ternyata lebih sulit mengungkapkan emosi yang dimiliki. Padahal, penting untuk menyampaikan perasaan yang kamu miliki sehingga hubungan dengan orang juga jadi lebih baik dan erat.

Nah, jika kamu bingung dengan caranya, kamu bisa mengungkapkannya dengan perkataan, bahasa tubuh, ataupun perilaku.

Selain itu, kamu juga harus memberikan respons yang positif bagi orang-orang yang mengekspresikan emosinya kepada dirimu. Ini merupakan salah satu cara untuk memberikan feedback yang baik dalam menjalin komunikasi antar individu.

5. Pertahankan motivasi yang datang dari diri sendiri

5 Cara Efektif Mengurangi Emosi Negatif dalam Pikiran dan PerasaanPexels/Andrea Piacquadio

Semua orang tahu bahwa menjalani hidup bukanlah hal mudah. Bagaimana caramu berpikir, bersikap, bahkan mengambil keputusan, sangat menentukan apakah kamu akan terus punya harapan atau malah terjebak dalam situasi yang sulit dan merasa putus asa.

Dalam keadaan seperti ini, cobalah untuk memberikan motivasi yang besar kepada diri sendiri! Ajukan pertanyaan yang membangun berdasarkan proses belajar, pengalaman, dan prioritas kamu dalam menjalani kehidupan.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan sudut pandang yang tepat untuk mengatasi situasi yang sedang dihadapi, sekaligus meningkatkan kecerdasan emosional yang kamu miliki.

Nah itu beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional kamu sehingga emosi negatif dalam pikiran dan perasaan segera menghilang. Tetap pertahankan pikiran dan semangat positif kamu ya.

Baca Juga: 5 Kerugian Jika Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional yang Terlalu Tinggi

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya