Comscore Tracker

5 Cara Bangkit dan Mulai Hubungan Baru saat Sempat Dikhianati 

Kamu berhak untuk jalani kehidupan yang lebih baik

Perasaan yang sempat dikhianati, biasanya memang cukup lama membekas dan mempengaruhi kehidupan seseorang. Terlebih apabila hal ini terjadi dalam hubungan asmara kamu. Memang tidak mudah untuk langsung beralih ke lain hati. Kamu cenderung untuk sangat hati-hati karena tidak ingin mengalami luka yang sama.

Tentu kamu tidak bisa seterusnya seperti ini karena kamu pun berhak untuk melangkah maju dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa memulai hubungan baru dan sehat setelah sebelumnya sempat dikhianati.

1. Terima masa lalumu

5 Cara Bangkit dan Mulai Hubungan Baru saat Sempat Dikhianati imdb.com

Pelajaran pertama dari semua luka dan trauma adalah penerimaan. Langkah ini terdengar mudah, namun nyatanya banyak orang yang tidak ingin menerima masa lalu buruk mereka. Bisa dibilang, mereka kabur karena tidak mau menerima kenyataan.

Kabur tidak akan menyelesaikan masalah lho! Meski telah menemukan orang baru, kamu bisa terus dihantui pengkhianatan masa lalu yang belum kamu sembuhkan. Makanya, daripada kabur, lebih baik terima masa lalumu dan hadapi dengan berani!

2. Ambil pelajaran dari hubungan masa lalumu

5 Cara Bangkit dan Mulai Hubungan Baru saat Sempat Dikhianati hancinema.net

Setiap pengalaman buruk pasti akan menghasilkan pelajaran berharga. Pelajaran ini akan menjadi pedomanmu agar tidak mengulang kesalahan yang sama di hubungan selanjutnya. 

Oleh karena itu, beranikan dirimu untuk mencari pelajaran berharga dalam masa lalumu yang menyakitkan itu. Ketika kamu tahu apa pelajaran berharga ini, kamu bisa lebih berani untuk membuka hati pada hubungan yang baru.

3. Belajar mencintai dirimu sendiri dahulu

5 Cara Bangkit dan Mulai Hubungan Baru saat Sempat Dikhianati soompi.com

Banyak pernyataan yang berkata 'Cintai dirimu sendiri sebelum mencintai orang lain'. Hal ini benar-benar menggambarkan hubungan asmara yang sehat. Bagaimana mungkin kamu berharap orang lain mencintaimu kalau kamu gak mencintai dirimu sendiri?

Memang berat bagi orang yang memiliki luka pengkhianatan untuk mencintai dirinya. Namun kamu pasti bisa melakukannya! Cobalah untuk mencari hal-hal positif dalam dirimu dan kelilingi dirimu dengan orang-orang yang mendukungmu.

Percayalah, ketika kamu mencintai dirimu sendiri, kamu gak bakal membiarkan orang lain mengkhianatimu lagi. Makanya, pasanganmu selanjutnya pun tentu orang yang tidak akan mengkhianatimu.

Baca Juga: Sering Gak Disadari, 5 Selingkuh Nonfisik Ini Juga Bikin Sakit Hati

4. Percayalah bahwa kamu masih pantas untuk dicintai

5 Cara Bangkit dan Mulai Hubungan Baru saat Sempat Dikhianati hancinema.net

Roda selalu berputar. Hari ini kamu mungkin mengalami luka, namun esok kamu bisa menuai kebahagiaan karena berhasil melewati semua luka tersebut. Kamu harus selalu mengingat hukum alam ini.

Biarkan hatimu sembuh dari luka pengkhianatan masa lalu dan hadapi masa depan dengan senyuman. Percayalah bahwa kamu berharga dan masih pantas untuk dicintai!

5. Berhenti membandingkan

5 Cara Bangkit dan Mulai Hubungan Baru saat Sempat Dikhianati hancinema.net

Mereka yang pernah dikhianati cenderung mudah membandingkan semua orang dengan orang yang mengkhianatinya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pertahanan hati mereka yang belum sembuh dari luka.

Ketika kamu sudah bertemu dengan orang baru, kamu gak bisa membandingkannya dengan orang yang mengkhianatimu ini. Percayalah, ketika kamu terus membandingkannya, dia bakal selalu terlihat salah di matamu. Akhirnya, hubungan barumu pun gagal kembali.

Nah itu 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk kembali memulai hubungan baru. Memang tidak mudah, tapi apa yang terjadi di masa lalu biar menjadi masa lalu dan kamu berhak untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Rasa Takut Kehilangan Bisa Menghalangi Cinta Sejati 

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya