Comscore Tracker

5 Rahasia Komunikasi Biar Hubungan Suami Istri Tetap Awet dan Bahagia

Tips khusus dari psikolog

Hubungan yang harmonis dan bahagia adalah idaman setiap pasangan suami istri. Semuanya berusaha untuk menjaga dan mempertahankan agar jangan sampai rumah tangga rusak atau pisah. Namun dalam perjalanan, kadang ada satu dua hal yang akhirnya menimbulkan persoalan baru. Banyak yang mengatakan bahwa kunci utamanya adalah komunikasi. Nah, rahasia sesungguhnya agar bisa tetap awet dan bahagia apa ya? 

Dalam acara Popmama Parenting Academy 2020 (2/10/19), psikolog Rendra Yoanda, M.Psi. membagikan tips komunikasi efektif untuk suami istri. Simak langsung yuk di bawah ini!

1. Pahami hal yang membuat diri kamu tidak nyaman

5 Rahasia Komunikasi Biar Hubungan Suami Istri Tetap Awet dan Bahagiayoutube.com/POPMAMA

Tips pertama ini sangat penting terutama untuk pasangan baru. Di awal-awal pernikahan, perlu ada adaptasi kebiasaan satu sama lain. Oleh karena itu, masing-masing harus menyadari dahulu apa saja yang membuat dirinya tak nyaman.

"Kita harus punya awareness sendiri, apa hal-hal yang bisa menimbulkan gak nyaman. Kalau kita udah aware dengan hal itu, kita jadi bisa tahu sampai titik mana harus step back dulu saat komunikasi dengan pasangan," tutur Rendra.

2. Utarakan hal penting saat keduanya sedang stabil

5 Rahasia Komunikasi Biar Hubungan Suami Istri Tetap Awet dan Bahagiapexels.com/Polina Zimmerman

Manajemen emosi juga sangat dibutuhkan untuk menciptakan komunikasi suami istri yang efektif. Saat kita ingin mengutarakan apa yang membuat kita tak nyaman, utarakan saat kondisi satu sama lain nyaman dan stabil.

Rendra menjelaskan bahwa banyak pertengkaran suami istri terjadi karena mereka berkomunikasi saat sedang emosi satu sama lain. Akhirnya, komunikasi tidak bisa berjalan dengan efektif dan satu sama lain malah saling menyerang.

"Cara simpelnya kalau kita lagi marah, minta waktu 5-10 menit untuk menenangkan emosi. Kalau lagi menggebu-gebu banget kita bisa coba hitung dari 1-100. Itu bikin kita  jadi malah fokus dengan hitungan daripada emosi," terangnya.

3. Hindari main hakim atas tindakan pasangan kamu

5 Rahasia Komunikasi Biar Hubungan Suami Istri Tetap Awet dan Bahagiapexels.com/cottonbro

Rendra juga memberikan trik bernama 'I message' untuk membuat pasangan lebih memahami kita tanpa terkesan menyerang. Saat berkonflik dengan pasangan, lebih baik utarakan apa yang membuatmu sedih atau tak nyaman, daripada main hakim atas tindakan pasanganmu.

"Daripada 'kamu sih...' mendingan 'aku merasa..' Itu lebih dapet sih.  Ketika kita berkata 'kamu sih' itu seakan menyerang dan akhirnya orang bakal defensif dan memasang tembok lagi," paparnya.

Baca Juga: Ini 5 Tips Membangun Komunikasi Efektif dengan Atasan di Kantor

4. Mendengarkan dengan tepat adalah kunci komunikasi yang efektif

5 Rahasia Komunikasi Biar Hubungan Suami Istri Tetap Awet dan Bahagiapexels.com/Nick Bondarev

Ketika seseorang berbicara, kita kerap mendengarkan untuk mengevaluasi daripada benar-benar mendengarkan. Hal ini akhirnya membuat kita punya pemahaman tersendiri seolah-olah kita tahu betul apa yang dialami pasangan kita. 

Rendra menjelaskan bahwa mendengarkan dengan tepat adalah kunci komunikasi yang efektif. Daripada langsung mengevaluasi, lebih baik parafrasekan apa yang ia katakan. Dari sini kita bisa tahu apakah pemahaman kita sudah tepat atau belum.

"Mendengarkan itu gak hanya orang ngomong lalu kita diam. Orang bisa merasa kita mendengarkan kalau kita itu memberikan respons. Misalnya, kita memparafrase apa yang ia rasakan. Jadi, misalnya apa yang kita pahami belum sesuai, pasangan bisa merevisi. Akhirnya di sini dua orang bisa punya level emosi yang sama," terang Rendra.

5. Keduanya harus paham bahwa mereka berhak mengutarakan pendapatnya

5 Rahasia Komunikasi Biar Hubungan Suami Istri Tetap Awet dan Bahagiaunsplash.com/Eve

"Mereka yang berkomunikasi harus paham bahwa mereka itu setara. Kalau salah satu merasa gak punya power, akhirnya dia terima aja semua pihak yang lebih dominan. Saat itu mungkin dampaknya kecil, tapi kalau ditumpuk terus pasti besar," ungkap Rendra. 

Hubungan yang baik adalah hubungan yang setara. Masing-masing pihak harus paham bahwa mereka berhak untuk mengutarakan pendapatnya. Sayangnya, ia sadar bahwa budaya Indonesia sering menempatkan suami seakan lebih tinggi daripada istrinya.

"Di Indonesia memang ada stereotip gender juga ya. Kalau ada istri yang takut untuk speak up sama suaminya, coba ciptakan suasananya. Misalnya sambil ngeteh, sambil makan, baru mulai angkat isunya pelan-pelan," terangnya lagi.

Nah itu tips dari psikolog, rahasia komunikasi agar hubungan suami istri tetap terjaga. Tentunya awet dan bahagia selalu. Semoga bermanfaat ya untuk kamu.

Baca Juga: 5 Alasan Sebaiknya Jangan Ada Rahasia Suami Istri dengan Dalih Privasi

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya