Comscore Tracker

Bukan Didiamkan, 5 Tips Menguatkan Pasangan yang Sedang Putus Asa

Dia pasti butuh kamu kalau sudah seperti ini

Dalam setiap kehidupan pasti ada masanya kita dalam posisi di atas, ada kalanya juga terpuruk karena masalah tertentu. Kalau sudah dalam situasi terpuruk, tak sedikit orang mampu mengatasinya dengan tenang, tetapi tidak jarang pula yang merasa putus asa.

Ketika putus asa, biasanya mereka membutuhkan seseorang untuk menguatkan batinnya. Apakah pasanganmu sedang dalam kondisi seperti itu? Kalau iya, berikut ini tips menguatkan pasangan yang sedang putus asa:

1. Kamu harus bersikap tenang dan biarkan dia meluapkan perasaannya

Bukan Didiamkan, 5 Tips Menguatkan Pasangan yang Sedang Putus AsaFreepik.com/pressfoto

Kamu tidak perlu ikut panik. Tetaplah tenang dan biarkan dia meluapkan perasaannya. Biarkan dia menangis, teriak, atau lainnya. Setelah meluapkan emosional, biasanya dia akan merasa tenang dan bisa mengontrol dirinya sendiri.

Beda halnya ketika kamu menghujaninya dengan banyak pertanyaan, karena saking khawatirnya pada dia. Tetapi kalau kamu melakukan hal itu, dia justru semakin kesal dan bisa saja marah besar.

2. Dengarkan baik-baik semua keluh kesahnya dan penuh perhatian

Bukan Didiamkan, 5 Tips Menguatkan Pasangan yang Sedang Putus AsaPixabay/icsilviu

Setelah pasangan merasa tenang, mulailah ajak dia berbicara dan bercerita tentang keluh kesahnya. Jadilah pendengar yang baik agar dia merasa nyaman di sampingmu. Karena ia berharap, adanya kamu itu untuk menumbuhkan kembali semangatnya setelah putus asa.

Dengarkan setiap curahan hati pasangan dan jika bisa, cobalah ikut berpikir jalan yang terbaik untuknya.

3. Yakinkan dia dan jika perlu berikan nasihat

Bukan Didiamkan, 5 Tips Menguatkan Pasangan yang Sedang Putus AsaFreepik.com/freepik

Seseorang biasanya tidak akan terkontrol dan bisa saja melakukan hal-hal buruk ketiak dalam kondisi putus asa. Perasaan ingin menyerah pasti ada. Karena itu, sebagai orang yang paling dekat dalam hidupnya, kamu harus meyakinkan dia supaya tetap semangat menata hidup yang baru.

Satu hal lagi yang perlu kamu lakukan. Yaitu berikan nasihat. Meski belum tentu nasihat itu didengarkan, tetap jangan kamu paksa dia. Nasihat-nasihat yang diucapkan oleh pasangan biasanya mampu menumbuhkan kepercayaan diri.

Baca Juga: 5 Hikmah dari Putus Cinta Berkali-kali, Jangan Putus Asa!

4. Peluk dia dan bisikkan kata-kata penyemangat

Bukan Didiamkan, 5 Tips Menguatkan Pasangan yang Sedang Putus AsaPixabay.com/Free-Photos

Menguatkan pasangan yang sedang dalam posisi putus asa, bisa juga dengan cara memeluknya. Sebab menurut penelitian, pelukan dapat melepaskan hormon oksitosin, yaitu hormon kebahagiaan. Dia pasti akan tenang begitu kamu mendekapnya.

Bisikkan kata-kata penyemangat. Karena itu dapat membawa pengaruh positif dan kekuatan yang baru dalam hidupnya.

5. Berdoalah selalu untuk kebaikan dalam hidupnya

Bukan Didiamkan, 5 Tips Menguatkan Pasangan yang Sedang Putus AsaPixabay.com/Pexels

Cara yang ini tidak perlu kamu tunjukkan padanya. Cukup hanya kamu dan Tuhan saja yang tahu. Sebab doa dari orang yang tulus akan membuat dia tenang secara batin. Jika perlu, ajak dia berdoa bersama. Tidak perlu langsung saat itu juga. Mungkin beberapa hari setelah dia merasa baikan.

Itulah tips menguatkan pasangan yang sedang putus asa. Semoga berhasil ya dan selalu ingat, bahwa kamu harus dalam kondisi tenang pula sebelum menghampiri pasangan. Tidak perlu menunjukkan kepanikan di hadapannya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Rinda Ratna di IDN Times Community dengan judul 5 Tips Menguatkan Pasangan Saat Ia Sedang Putus Asa, Jangan Diam Saja!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya