Comscore Tracker

5 Tipe Teman yang Harus Kamu Jauhi, Biar Gak Jadi Toxic

Menusuk dari belakang itu sakit #IDNTimesLife

Lingkungan pertemanan yang positif biasanya akan terjadi setelah melalui proses selektif. Proses itu terjadi karena secara alami mereka menunjukkan karakternya dan kamu memilih untuk menjauhinya, atau karena kamu sendiri yang menyeleksinya sejak awal berkenalan.

Namun terkadang kamu melewatkan sesuatu yang membuat dirimu makan hati gara-gara salah memilih teman. Makanya berikut ini tipe teman yang harus kamu jauhi, biar tidak ada toxic di lingkaranmu:

1. Teman yang bersikap manipulatif ketika ketahuan berbuat salah

5 Tipe Teman yang Harus Kamu Jauhi, Biar Gak Jadi Toxicunsplash.com/antenna

Seseorang yang tidak merasa bersalah padahal telah melakukan hal buruk cenderung akan bersikap manipulatif. Dia menggunakan berbagai cara supaya dirinya tidak disalahkan. Bakalan ada hasutan, fitnah, hingga ujaran kebencian dari dia agar tujuannya tercapai. Intinya, dia bakalan menusuk dari belakang.

Jadi kamu jangan ragu untuk menjauhi tipe teman yang seperti ini. Apalagi jika dia sering melakukannya berulang kali tanpa ada keinginan untuk berubah.

2. Tidak bisa menjaga rahasia

5 Tipe Teman yang Harus Kamu Jauhi, Biar Gak Jadi Toxicpexels.com/Fauxels

Namanya teman, pasti akan selalu bertukar cerita atau curhat atas dasar rasa kepercayaan. Tetapi ada saja teman yang akan membocorkan cerita tersebut supaya mendapatkan perhatian. Dia butuh diakui dan pengin dinilai paling baik di tengah lingkaran pertemanan itu.

Baca Juga: Berisiko Terjebak Toxic Relationship, 5 Pasang Zodiak Ini Perlu Awas

3. Teman yang susah melunasi utang dengan alasan yang gak masuk akal

5 Tipe Teman yang Harus Kamu Jauhi, Biar Gak Jadi ToxicIlustrasi berbicara (pexels.com/SHVETS production)

Urusan utang piutang memang urusan yang sangat sensitif dalam sebuah pertemanan. Jangankan teman. Kepada keluarga saja bisa jadi kacau keharmonisannya. Selalu ada alasan sih ketika teman mau pinjam uang kepadamu. Kalau alasannya masuk akal dan kamu sendiri tahu betapa sulitnya kehidupan dia, maka tidak ada salahnya untuk membantu.

Tetapi kalau setelah berutang ke kamu, kemudian dia berutang lagi ke teman-teman lain tanpa alasan yang masuk akal dan menghilang, sebaiknya siap-siap dijauhi ya. Apalagi kalau dia sanggup update status di media sosial (Medsos) tetapi kamu kesulitan untuk menghubunginya.

Kamu perlu bertindak tegas kepadanya. Mintalah dia untuk melunasi utangnya, setelah itu jauhi agar tidak merusak lingkaran pertemanan kamu. Kalau perlu, ikhlaskan saja utang itu dan jauhi dia.

4. Teman yang gak pernah suka melihatmu berhasil

5 Tipe Teman yang Harus Kamu Jauhi, Biar Gak Jadi ToxicIlustrasi bertengkar (pexels.com/MART PRODUCTION)

Kamu harus menyadari, bahwa persaingan dan pengin merasa lebih hebat itu dimiliki oleh setiap manusia. Seseorang punya kecenderungan mudah iri jika orang terdekatnya mendapatkan keberhasilan.

Jadi berhati-hatilah ketika ada teman yang gak suka melihat keberhasilan kamu. Percayalah, itu toxic namanya! Lambat laun dia pasti akan merugikanmu. Kecuali kalau dia mau bersaing secara sehat, maka tak jadi masalah.

5. Teman yang sering tidak acuh setiap kamu curhat atau sharing

5 Tipe Teman yang Harus Kamu Jauhi, Biar Gak Jadi ToxicPexels/cottonbro

Kurangnya empati membuat seseorang tidak bisa menjadi pendengar yang baik. Dia merasa tidak nyaman ketika kamu menceritakan sesuatu. Sebelum kamu curhat atau sharing, cobalah cari tahu dulu kondisi dia. Apakah dia memang sedang kecapekan, sedang ada masalah juga, punya kerjaan yang menumpuk, atau memang lagi malas berbicara dengan orang lain. Karena dia yang biasanya sering mendengarkan curhatanmu, tiba-tiba bersikap tidak acuh.

Tetapi kalau dia sering banget tidak acuh, mengalihkan atau memotong pembicaraan, tiba-tiba meninggalkanmu, berarti dia benar-benar tidak peduli dan tidak ada usaha untuk mendukung kamu.

Semoga kamu terbantu dengan artikel ini ya. Kalau punya pendapat yang berbeda atau mau menambahkan, share di kolom komentar.

Baca Juga: 5 Alasan Butuh Logika di Hubungan Asmara, Cegah 'Toxic Relationship'

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Hamas Nurhan R T di IDN Times Community dengan judul 5 Tipe Orang Ini Harus Kamu Jauhi Agar Lingkaran Pertemananmu Positif

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya