Comscore Tracker

Harus Jadi Pendengar, 5 Tindakan Gak Sopan Ketika Teman Lagi Curhat

Berikan ruang untuk temanmu yang lagi curhat

Ketika gundah bahkan merasa ingin menyerah, seseorang biasanya memilih curhat kepada orang yang dipercaya. Cerita kepada orang yang dipercaya memang melegakan. Karena dapat leluasa untuk mengeluarkan isi hati tanpa rasa sungkan dan takut disalahkan. Itupun jika kamu bertemu teman curhat yang tepat dan dapat dipercaya.

Tetapi untuk menjadi teman curhat juga nyatanya tidak mudah. Kamu harus menjadi pendengar yang baik dan bisa jaga rahasia. Cara kamu merespon curhatan dan memberikan dukungan kepada temanmu juga harus diperhatikan. Jangan sampai kamu tidak sopan melakukan lima tindakan ini ketika ada teman lagi curhat:

Baca Juga: Dikenal Tulus, 6 Zodiak Ini Mampu Meluluhkan Hati Orang Lain  

1. Seseorang butuh waktu yang tidak sebentar untuk menceritakan permasalahannya. Jadi kamu tentu saja harus jadi pendengar yang baik

Harus Jadi Pendengar, 5 Tindakan Gak Sopan Ketika Teman Lagi CurhatPexels.com/Ron Lach

Pertama tentu saja kamu harus menjadi pendengar yang baik. Kamu hanya perlu sabar untuk mendengarnya. Jangan langsung memotong pembicaraannya, hanya karena merasa kamu tahu apa yang akan dia ucapkan.

Dengarkan saja dulu. Sebab seseorang butuh waktu yang gak mudah untuk meyakini diri terbuka menceritakan masalahnya.

2. Menyalahkan atau membela dia mati-matian ketika dia masih curhat

Harus Jadi Pendengar, 5 Tindakan Gak Sopan Ketika Teman Lagi CurhatPexels.com/mentatdgt

Sebagai teman curhat seharusnya bersikap netral, tidak memihak satu orang saja. Belum selesai ia cerita tetapi kamu menghakiminya. Apalagi sampai memojokkan temanmu yang lagi curhat, dan menganggap sumber masalah itu ada padanya.

Begitu pula ketika merasa teman yang sedang curhat tersebut ada di posisi korban, lantas kamu menyalahkan kubu sebelah dan membela temanmu mati-matian.

Cukup berpendapat yang sewajarnya saja. Mungkin saja yang kamu katakan itu benar. Tetapi bukan disampaikan ketika temanmu curhat. Cari waktu yang tepat.

Baca Juga: 5 Manfaat Positif Kalau Kamu Sering Jadi Teman Curhat Orang Lain

3. Menyepelekan masalah yang dihadapi oleh teman yang curhat termasuk sikap tak sopan

Harus Jadi Pendengar, 5 Tindakan Gak Sopan Ketika Teman Lagi CurhatPexels.com/cottonbro

Misalnya, masalah yang dia bicarakan itu pernah kamu alami. Kebetulan saja pada waktu itu kamu bisa mengatasinya dengan baik tanpa bantuan orang lain. Lalu kamu meremehkan atau menganggap enteng masalahnya.

Kamu tidak bisa meng-compare pengalamanmu dengan masalahnya meskipun sama. Kamu harus paham, kondisi mental orang berbeda-beda ketika menghadapi masalahnya. Kamu tetap harus membantunya untuk mencari jalan keluar.

4. Kamu memintanya untuk meringkas cerita

Harus Jadi Pendengar, 5 Tindakan Gak Sopan Ketika Teman Lagi CurhatPexels.com/Mental Health America (MHA)

Kamu mesti bisa menahan diri ketika teman sedang bercerita cukup lama sambil menangis tersedu-sedu. Apalagi banyak bagian ceritanya yang diulang-ulang. Memang mengesalkan sih, tapi kamu tidak boleh memintanya untuk meringkas cerita.

Sebagai orang yang emosinya lebih stabil, kamu harus bisa menahan diri. Begitu menemukan benang merah dari permasalahannya, minta dia untuk berhenti bicara secara halus. Katakan kalau kamu tahu apa yang dia maksud dan rasakan. Barulah kamu sampaikan solusinya. Itu terdengar lebih enak ketimbang memaksa dia untuk meringkas ceritanya.

5. Kamu menghibur dia dengan memberikan harapan palsu

Harus Jadi Pendengar, 5 Tindakan Gak Sopan Ketika Teman Lagi CurhatPexels.com/Charlotte May

Ketika kamu memberikan dukungan atau kalimat penyemangat, jangan sampai berisi kepalsuan yang tidak mungkin akan terjadi. Misalnya, dia baru saja putus cinta. Lalu kamu mengatakan padanya kalau sang mantan akan menyesal dan minta balikan lagi. Niatnya sih untuk menghibur dia. Tetapi bagaimana kalau itu tidak terjadi?

Jadi berikan saja gambaran yang logis. Meskipun sulit untuk diterima, tetapi setidaknya kamu mengungkapkan fakta dan tidak memberikan dia harapan kosong.

Semoga cara seperti ini dapat membantumu ya. Karena bisa saja kamu ada di posisinya dia suatu saat nanti.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Teman Nyaman Banget Curhat ke Kamu

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Angel Rose di IDN Times Community dengan judul 5 Tindakan yang Pantang Dilakukan Saat Teman Lagi Curhat, Gak Sopan!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya