Comscore Tracker

5 Cara Menyikapi Pasangan yang Keras Kepala, Biar Kamu Gak Pusing

Sabar dulu guys. Pasti ada alasannya

Orang yang keras kepala, mau menang sendiri, dan sulit berkompromi biasanya langsung dihubungkan dengan sifat-sifat negatif.

Padahal sifat keras kepala juga banyak positifnya lho. Kalau saja JK Rowling tidak keras kepala menghadapi penolakan dari berbagai penerbit, kamu mungkin tidak akan pernah melihat novel dan film Harry Potter. Jadi keras kepala itu perlu, supaya tidak mudah menyerah dalam menghadapi persoalan hidup.

Namun sifat ini juga bisa jadi batu sandungan dalam sebuah hubungan. Seseorang sering kali jadi frustrasi menghadapi pasangan yang keras kepala. Supaya gak pusing menghadapinya, berikut cara menyikapi pasangan yang keras kepala:

1. Langkah pertama sudah pasti kamu harus tenang

5 Cara Menyikapi Pasangan yang Keras Kepala, Biar Kamu Gak Pusingunsplash.com/@elidefaria

Pasangan yang keras kepala sering memicu amarah. Tapi kamu yang lebih waras harus lebih sabar dan mampu menenangkan diri. Kamu tahu kan akibatnya jika api bertemu api? Alih-alih dapat solusi, permasalahan kalian semakin ruwet jadinya.

2. Tunggu momen yang tepat. Jangan menyampaikan sesuatu ketika pasangan lagi stres

5 Cara Menyikapi Pasangan yang Keras Kepala, Biar Kamu Gak Pusingpexels.com/@olly

Menghadapi pasangan yang keras kepala butuh strategi. Hindari menyampaikan suatu permasalahan ketika dia dalam kondisi stres. Misalnya baru pulang kerja, perut lapar, kerjaan lagi banyak, kurang tidur, dan lainnya. Tunggu sampai dia tenang dulu.

3. Tunjukkan rasa cinta dan sayangmu ke dia 

5 Cara Menyikapi Pasangan yang Keras Kepala, Biar Kamu Gak Pusingpexels.com/@juanpphotoandvideo

Meski dia kepala batu, tapi jangan lupa untuk selalu menunjukkan kasih sayangmu kepadanya. Karena sekeras apa pun hatinya, lama-lama meleleh juga sama rasa cintamu. Dengan begitu, ketika ada konflik, dia jadi tenang dan bisa berkompromi.

Baca Juga: 5 Karakter Kamu yang Lahir Hari Minggu, Periang tapi Keras Kepala

4. Berbicara dengan nada rendah

5 Cara Menyikapi Pasangan yang Keras Kepala, Biar Kamu Gak Pusingpexels.com/@ketut-subiyanto

Maksudnya bukan dengan suara samar-samar ya. Tetapi mengubah intonasi suara yang membuat dia tidak merasa “diserang”. Misalnya langsung ngomong “Kamu tuh salah!” Itu ibaratnya membunyikan genderang perang.

Supaya kamu bisa “menang”, pilih pendekatan yang halus. Manjakan egonya. Misalnya dengan mengatakan bahwa pendapatnya itu tepat sekali, namun untuk kondisi ini, malah bisa merugikan dirinya sendiri. Dengan begitu, ia merasa bahwa opinimu akan menguntungkan dia.

5. Coba pahami dan cari tahu alasan sikapnya yang begitu

5 Cara Menyikapi Pasangan yang Keras Kepala, Biar Kamu Gak Pusingpexels.com/Laura Garcia

Terkadang keras kepala justru lahir dari perasaan insecure di dalam dirinya. Jadi kamu harus benar-benar memahami dan mencari tahu alasan dia bersikap keras kepala. Mungkin ini menguntungkan buat dia, sementara kamu juga punya hak yang sama untuk dipahami. Tetapi dalam situasi seperti ini, keduanya justru saling menguntungkan. Kamu jadi lebih sabar dan mudah tenang ketika menghadapinya. Sedangkan dia akan belajar lebih sabar dari kamu.

Sekeras apapun dia, biasanya juga penyayang, sangat peduli, setia, dan bikin kangen. Karena itu, coba cara-cara di atas untuk menyikapi pasangan yang keras kepala.

Baca Juga: 7 Zodiak Keras Kepala yang Katanya Paling Benci Perubahan, Kamu?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Latifah saja di IDN Times Community dengan judul Punya Pasangan Keras Kepala, 5 Cara Menyikapi Biar Kamu Gak Pusing

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya