Comscore Tracker

7 Pengorbanan Cinta yang Justru Merugikan Kamu, Padahal Masih Pacaran

Biar gak menyesal guys

Berasa bahagia gak sih ketika pasangan ada di samping ketika kamu mengalami masalah? Maka gak heran apabila kamu juga rela berkorban untuk melakukan hal yang sama. Tujuannya sih biar sama-sama adil memperlakukan pasangan. Gak ada yang salah sih. Tetapi kalau pengorbanannya sampai berlebihan juga tidak bagus.

Ingat ya, status kalian masih pacaran. Belum ada ikatan suami istri. Berikut pengorbanan cinta yang justru bisa merugikan kamu:

Baca Juga: Beda Usia 4 Tahun, Putra Sulung David Beckham Resmi Melamar Kekasih

1. Meski dia pernah melakukan hal itu padamu, tapi bukan berarti terus mengalah ketika pasanganmu memang salah

7 Pengorbanan Cinta yang Justru Merugikan Kamu, Padahal Masih Pacaranpexels/Ketut Subiyanto

Perselisihan akibat beda pendapat itu sudah biasa. Kadang saking kesalnya, kamu memilih mengalah agar permasalahannya jadi selesai. Memang sih, dia akan luluh dan emosinya mereda ketika kamu meminta maaf. Tetapi sikap kamu justru membawa dampak buruk bagi dia. Termasuk kamu sendiri.

Apalagi jika kamu tahu betul bahwa memang dia yang salah. Mengalah hanya akan membuat dia jadi superior. Dia tidak akan mempelajari kesalahannya. Caranya dianggap benar meski itu salah. Akhirnya dia tidak akan memperbaiki diri dan terus melakukan hal yang sama.

Baca Juga: 5 Waktu yang Tepat Menghubungi Pasangan Setelah Bertengkar

2. Menjauhi teman-temanmu karena dia gak suka pada mereka

7 Pengorbanan Cinta yang Justru Merugikan Kamu, Padahal Masih Pacaranpexels/Helena Lopes

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah teman-temanmu ada sebelum dia datang. Kamu lebih lama mengenal teman-temanmu. Bahkan ikut mendukung ketika kamu akan menjalin hubungan dengan pasangan. Gak adil rasanya ketika sudah menemukan tambatan hati, kamu kemudian menggantikan posisi teman-teman. Berpacaran tak harus meninggalkan teman-temanmu.

Apalagi jika alasannya karena pasangan gak suka sama teman-temanmu. Kamu harus memastikan dulu penyebab dia tidak suka teman-temanmu. Kalau alasannya gak masuk akal, ya mending tidak usah dituruti.

3. Kamu sampai harus sembunyi-sembunyi ketika ingin melakukan hobi, karena dia gak suka

7 Pengorbanan Cinta yang Justru Merugikan Kamu, Padahal Masih Pacaranpexels/Pixabay

Setiap orang pasti punya hobi dong ya. Apalagi kamu rutin melakukan hobi itu. Tetapi begitu punya pacar, kamu jadi gak leluasa melakukan hobi hanya karena dia tidak suka. Alhasil, kamu lebih memilih sembunyi-sembunyi untuk melakukan hobi.

Selama hobi yang kamu lakukan itu positif dan tidak merugikan orang lain, sebaiknya langsung sampaikan saja kepada pasangan. Kamu juga tidak perlu membebani diri untuk terus menuruti keinginannya.

Baca Juga: 5 Duka yang Akan Kamu Rasa saat Usia Pacaran Lama Berakhir Putus

4. Kamu memilih menentang orangtua demi tetap berpacaran dengannya

7 Pengorbanan Cinta yang Justru Merugikan Kamu, Padahal Masih Pacaranpexels/Andrea Piacquadio

Orangtua pasti tahu bagaimana anak-anaknya. Mereka punya insting ketika ada seseorang yang mendekati anaknya. Ketika orangtua memberikan lampu kuning pada hubungan kalian, sebaiknya kamu mulai mawas diri. Tidka perlu membantah nasihat orangtua. Pikirkan dulu secara saksama, apakah yang dikhawatirkan oleh orangtua itu terbukti atau tidak.

Kalau kamu membela mati-matian pasangan di depan orangtua, hanya akan melukai perasaan mereka. Tentu saja orangtuua menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Rugi banget deh, kalau kamu lebih memilih pacar daripada orangtua sendiri.

5. Kamu menghabiskan banyak uang untuk menyenangkan pasangan

7 Pengorbanan Cinta yang Justru Merugikan Kamu, Padahal Masih Pacaranpexels/Andrea Piacquadio

Mentraktir pacar sesekali sih boleh. Tetapi tidak perlu sampai menghabiskan banyak uang hanya untuk menuruti keinginannya. Sekali lagi, kalian masih pacaran belum tentu juga akan menikah. Kalau dia kerap memaksa meminta banyak hal ke kamu, sebaiknya dipikir-pikir lagi deh untuk melanjutkan hubungan itu. Kebutuhan pribadi dia adalah tanggung jawab orangtuanya, bukan kamu.

6. Kamu membiarkan dia mengatur penampilanmu secara berlebihan

7 Pengorbanan Cinta yang Justru Merugikan Kamu, Padahal Masih Pacaranpexels/Andrea Piacquadio

Setiap orang pasti punya style-nya sendiri, termasuk kamu. Misalnya kamu adalah tipe orang yang santai dan lebih suka memakai kaus dan celana pendek ketika jalan-jalan ke mal. Sementara pasangan lebih suka pakaian yang rapi dan modis. Boleh sih mengatur style. Tetapi jangan sampai kamu merasa tidak bebas untuk melakukan banyak hal. Ngapain harus berubah ketika hatimu sendiri dongkol untuk melakukannya.

Jadi gak perlu berubah selama kamu masih bisa menyesuaikan pakaian sesuai situasinya. Kenyamananmu adalah yang utama, masa bodoh sama penilaian dia.

7. Menghabiskan banyak waktu luang hanya untuk berkencan dengannya

7 Pengorbanan Cinta yang Justru Merugikan Kamu, Padahal Masih Pacaranpexels/Josh Willink

Kamu harus sadar kalau punya kesibukan lain selain pacaran. Masih kuliah, bekerja, hangout bareng teman, menjalankan hobi dan lainnya. Tetap jalankan itu. Jangan sampai waktu luangmu habis untuk dia saja. Toh, dia seharusnya sudah tahu kesibukan kamu seperti apa. Jadi, ketika dia meminta waktu terus tanpa memerhatikan kesibukanmu, itu sudah termasuk egois dan tidak peduli. Jangan sampai pasangan terlalu mengekang dan mendominasi hidup kamu.

Mungkin kamu akan menurutinya karena takut kehilangan dia. Tetapi kalau terus-terusan seperti itu, percaya deh! Cepat atau lambat kamu bakal kena batunya. Mending bersikap tegas ke dia ya.

Itulah pengorbanan cinta yang justru bisa merugikan kamu. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Angel Rose di IDN Times Community dengan judul 7 Pengorbanan yang Tidak Perlu Kamu Lakukan saat Pacaran, Bikin Rugi!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya