Comscore Tracker

5 Alasan Teman Malas Ngobrol Lama Denganmu, Coba Introspeksi

Bukan mereka yang aneh, tapi ada yang keliru dengan kamu

Kalau sudah berkumpul dengan teman pasti dihabiskan untuk mengobrol, sampai tak kenal waktu. Tapi kalau lawan bicaranya gak asyik, malah terasa membosankan dn pengin segera diakhiri saja percakapannya. Nah, apakah akhir-akhir ini ada teman yang sepertinya malas mengobrol lama-lama denganmu? Kalau iya, ada yang keliru dengan kamu. Inilah deretan alasan teman malas mengobrol lama denganmu. harus introspeksi diri ya:

1. Kamu suka memotong pembicaraan

5 Alasan Teman Malas Ngobrol Lama Denganmu, Coba Introspeksipexels/ Immortal shots

Tidak semua orang suka jika ada yang memotong pembicaraannya. Termasuk kamu kan? Pasti kamu merasa gak nyaman jika ada yang memotong pembicaraan. Mungkin boleh saja memotong pembicaraan, tapi harus ada hal yang penting untuk disampaikan. Tetapi sering kamu lakukan, akan membuat teman merasa tidak dihargai.

Lebih baik kalau ada pembicaraan yang serius, kamu izin pergi ke toilet dulu, memesan minum atau makanan, dan lainnya sebelum dimulai. Baru setelah itu dengarkan ceritanya dengan baik.

2. Setiap kali diajak ngobrol kamu malah asyik sendiri

5 Alasan Teman Malas Ngobrol Lama Denganmu, Coba Introspeksipexels/ Keegan Checks

Mungkin kamu menilai obrolan temanmu tidak begitu penting. Tapi bukan berarti kamu mengabaikan dia secara terang-terangan. Misalnya ditinggal main gawai. Bahkan ketika sedang ngobrol berdua, kamu lebih seringa lihat ponsel. Itu tidak sopan lho, guys. Setidaknya hargai dia yang juga menyediakan waktu untuk bertemu kamu. Wajar sih kalau lain ada teman-teman yang malas mengajakmu ngobrol berdua lagi.

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Teman yang Mau Pinjam Uang di Tengah Wabah COVID-19

3. Kamu terlalu mudah mengambil kesimpulan

5 Alasan Teman Malas Ngobrol Lama Denganmu, Coba Introspeksipexels/ Christina Morillo

Meski sudah tahu duduk permasalahan temanmu seperti apa, tapi bukan berarti kamu bisa seenaknya mengambil kesimpulan. Berikan dia waktu untuk menyelesaikan ceritanya. Temanmu merasa disepelekan jika kamu tiba-tiba memotong pembicaraan dan langsung mengambil kesimpulan. Kamu hanya boleh mendengarkan dan memberi masukan sewajarnya.

4. Senang membandingkan masalah kamu dengan masalah yang tengah dihadapi teman

5 Alasan Teman Malas Ngobrol Lama Denganmu, Coba Introspeksipexels/Andrea Piacquadio

Hampir seluruh pembaca pasti pernah melakukan ini. Kamu tidak perlu membanding-bandingkan karena pola pikir dan pandangan kalian berbeda. Akan lebih bermanfaat apabila kamu kamu menularkan pengalaman saja ke temanmu. Kalau kamu memang pernah mengalami dan berhasil keluar, bantu saja temanmu untuk menemukan solusi.

5. Kamu memaksa untuk menuruti semua nasihatmu. Memangnya kamu mau ikut menanggung risikonya?

5 Alasan Teman Malas Ngobrol Lama Denganmu, Coba Introspeksipexels/ mentatdgt

Menyampaikan saran itu baik. Tetapi kamu gak perlu memaksa dia untuk menuruti saranmu. Karena situasi yang ia hadapi tentu berbeda dengan situasimu. Iya kalau berhasil. Lalu bagaimana saranmu itu gagal? Memangnya kamu ikut menanggung risikonya?

Kamu boleh memberikan saran. Keputusan tetap ada di tangan temanmu. Niat kamu ingin membantu teman jangan sampai membuat masalahnya justru semakin runyam.

Itulah alasan teman tidak mau mengobrol lama denganmu. Semoga kamu tidak memiliki sifat seperti itu ya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Angel Rose di IDN Times Community dengan judul Catat! 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Teman Malas Ngobrol Lama Denganmu

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya