Comscore Tracker

5 Cara Aman Cari Jodoh Lewat Online, Biar Gak Menyesal Nantinya

Tetap hati-hati ya guys

Online dating sekarang kian merebak. Selain berkenalan melalui media sosial (Medsos), sekarang juga banyak aplikasi yang menawarkan cari jodoh secara online atau daring. Gampang-gampang susah sih untuk menemukan pasangan yang tepat melalui kencan online ini. Meski begitu, kamu tetap berhati-hati ya. Inilah cara aman cari jodoh lewat online. Kamu harus menghindari hal-hal seperti ini:

Baca Juga: 7 Aplikasi Cari Jodoh, Penyelamat Para Jomblo!

1. Tidak memberikan foto yang bersifat 'intim'

5 Cara Aman Cari Jodoh Lewat Online, Biar Gak Menyesal Nantinyapixabay.com/StartupStockPhotos

Entah dia memaksa atau kamu yang sukarela, tetapi kalau berbagi informasi intim itu wajib dihindari. Kamu tahu kan kalau jejak digital itu sulit dihapus. Makanya jangan sekali-kali memberikan foto intim, dengan alasan apa pun. Jangan mudah percaya orang di dunia maya. Banyak juga toh pemberitaan kasus kriminal yang pelakunya mengancam akan menyebarkan foto di medsos.

2. Tidak perlu memberikan lokasi secara lengkap keberadaan rumah kamu

5 Cara Aman Cari Jodoh Lewat Online, Biar Gak Menyesal Nantinyapixabay.com/Pexels

Segala kemungkinan bisa saja terjadi di dunia maya. Kamu tentu gak mau dong ada orang asing yang tahu alamat tempat tinggal. Kamu juga gak tahu bagaimana niat orang yang berkenalan secara online.

Baca Juga: Penting, Ini 5 Hal yang Bikin Profil Dating Apps Kamu Makin Menarik! 

3. Hindari pembicaraan yang berbau seksual

5 Cara Aman Cari Jodoh Lewat Online, Biar Gak Menyesal Nantinyapixabay.com/JESHOOTS-com

Janganlah mengarahkan atau terbawa pembicaraan yang mulai menjurus ke arah seksual. Mending langsung blokir saja jika itu terjadi. Jangan merendahkan harga diri hanya karena nafsu semu dengan orang yang gak jelas. Masih banyak topik seru yang bisa dibicarakan.

4. Tidak perlu show off! Jangan terlalu detail menceritakan diri sendiri

5 Cara Aman Cari Jodoh Lewat Online, Biar Gak Menyesal Nantinyapixabay.com/StockSnap

Sehebat apapun kamu, tetap gak perlu menceritakannya secara detail pada orang asing. Kamu harus tahu dulu seperti apa lawan bicaramu. Akan mengerikan jika dia mengambil keuntungan dan melakukan perbuatan buruk setelah mengetahui profil lengkap kamu. Gak perlu show off, ya!

5. Ketemuan tanpa melakukan video call dulu

5 Cara Aman Cari Jodoh Lewat Online, Biar Gak Menyesal Nantinyapixabay.com/Foundry
Kamu pasti gak pengin kecewa kan? Bertemu orang yang ternyata di luar ekspetasi kamu. Kalau sudah video call, carilah tempat umum untuk bertemu. Kamu juga bisa mengajak teman dan memintanya mengawasi dari jauh. Lebih baik hati-hati daripada terjadi hal buruk.
 
Siapapun tidak akan pernah tahu niat seseorang. Dalam keadaan terdesak, orang yang kamu kenal terkadang juga memiliki niat buruk, kan? Apalagi orang asing yang baru kamu temui lewat online.

Baca Juga: 5 Ciri Orang dari Online Dating Harus Dihindari Saat PDKT, Waspada!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Laurensius Aldiron di IDN Times Community dengan judul Cari Jodoh Daring? Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Online Dating, ya!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya