Comscore Tracker

[Renungan] 6 Alasan Gak Perlu Buru-buru Pacaran di Awal Usia 20an

Kalau belum siap melabuhkan hati, kenapa harus memaksa diri?

Hidup memang bukan melulu soal cinta. Tapi bukan berarti kamu gak butuh cinta, ya! Tapi terlalu buru-buru mengurus hati, kamu akan melewatkan banyak hal berharga dalam hidupmu.

Di awal usia 20an, nampaknya masih terlalu dini jika harus terikat dalam hubungan. Rentan patah, kecewa, dan terluka. Daripada harus buang-buang waktu dalam drama-drama percintaan, mending gak usah buru-buru deh. Kenapa begitu? Berikut ini alasannya:

1. Kamu bisa menjalankan segala aktivitas yang kamu inginkan

[Renungan] 6 Alasan Gak Perlu Buru-buru Pacaran di Awal Usia 20anPexels/rawpixel

Kamu masih bebas sepenuhnya melakukan apa pun yang kamu inginkan, memilih apa pun yang kamu suka, dan pergi ke mana pun yang kamu mau, bahkan bersama siapa pun kamu akan pergi.

Kamu tidak perlu sedini ini terbebani oleh masalah-masalah dan perdebatan yang gak penting dalam hubungan. Sehingga kamu akan lebih banyak waktu untuk produktif.

2. Fokusmu masih belum terbagi, peluang suksesmu lebih besar

[Renungan] 6 Alasan Gak Perlu Buru-buru Pacaran di Awal Usia 20anPexels/Lisa Fotios

Awal usia 20an, adalah masa-masa emas di mana kamu mulai mengenal banyak orang baru dalam hidupmu, mulai membangun relasi dengan lebih banyak orang, mulai belajar banyak tentang kehidupan, dan peluangmu untuk melakukan hal-hal di luar zona amanmu lebih banyak.

Jika fokusmu masih belum terbagi, kamu pasti bisa mengembangkan kualitas dirimu secara maksimal. Peluang suksesmu tentu lebih besar. Karena kamu jauh dari drama-drama percintaan yang cuma buang-buang waktu dan menguras emosi. Setuju?

3. Kamu mudah mengendalikan prioritasmu, kamu akan lebih dekat dengan target hidupmu

[Renungan] 6 Alasan Gak Perlu Buru-buru Pacaran di Awal Usia 20anPexels/rawpixel

Kamu sudah pasti matang secara emosional jika berani memilih sendiri dulu di awal 20an. Hal ini karena kamu mampu menetapkan skala prioritas pada apa saja yang ingin kamu capai sebelum pada akhirnya kamu siap melabuhkan hatimu.

Yang jelas di awal 20an, prioritasmu adalah belajar, membuat target dan pencapaian, serta merintis segala sesuatu sesuai dengan passion-mu. Jangan buru-buru termakan cinta, kamu udah di tahap yang mana nih?

4. Kamu lebih banyak waktu dalam membuat personal life planning

[Renungan] 6 Alasan Gak Perlu Buru-buru Pacaran di Awal Usia 20anpixabay.com/users/startupstockphotos-690514/

Membuat personal life planning nyatanya gak semudah yang dibayangkan. Seiring dengan berjalannya waktu dan berbagai terpaan masalah dalam hidup, personal life planning bisa berubah lho.

Jangan sampai karena kalah dengan urusan hati, kamu mengesampingkan masa depanmu. Masa depanmu harus sudah dirintis di awal 20an. Kamu harus sudah memikirkannya dengan serius. Gak mau kan nyusahin orang tua terus?

5. Kamu bisa menikmati hidupmu dan menata diri untuk jenjang hidup selanjutnya

[Renungan] 6 Alasan Gak Perlu Buru-buru Pacaran di Awal Usia 20anPixabay/StockSnap

Jika fokusmu belum terbagi, maka waktumu mencapai sukses lebih cepat dong. Kamu pasti akan punya lebih banyak waktu untuk menikmati hidup. Kamu bisa menjalankan hobi dan kesukaanmu, lalu kamu akan lebih memahami dirimu sendiri.

Sehingga kesiapanmu untuk menuju jenjang kehidupan selanjutnya akan tumbuh dengan sendirinya. Kamu akan lebih siap membuka hati, siap melabuhkan hati, dan siap menetapkan hati.

6. Tandanya kamu sangat menyayangi dirimu sendiri

[Renungan] 6 Alasan Gak Perlu Buru-buru Pacaran di Awal Usia 20anunsplash/Warren Wong

Gak kalah penting, dengan tidak terburu-buru terikat dalam hubungan, tandanya kamu sangat menyayangi dirimu. Kamu menghindarkan dirimu dari berbagai risiko sakit hati, kecewa, dan trauma hati yang terjadi karena drama-drama percintaan yang terlalu dini dan di saat kamu belum siap.

Tidak perlu buru-buru mengurus hati di awal 20an. Tenang, semua pasti ada waktunya. Sebab urusan hati bisa menghancurkan segalanya, termasuk hidup dan masa depanmu. Kalau kamu belum siap melabuhkan hati, kenapa harus memaksakan diri? Cinta tidak menyiksa dan tidak memaksa, kan?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Onya di IDN Times Community dengan judul 6 Alasan Gak Usah Buru-buru Pacaran di Awal Usia 20an 

Baca Juga: Girls, Tetaplah Jomblo Sampai Kamu Menemukan 8 Tipe Cowok Seperti Ini

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You