Comscore Tracker

5 Cara Merangkul Teman yang Melakukan Kesalahan, Bukan Dijauhi

Ingat ya, kamu juga bisa melakukan kesalahan

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Bahkan ada yang mengatakan hal itu lumrah terjadi. Tapi bagaimana jika yang melakukan kesalahan itu adalah teman dekatmu? Apakah kamu masih peduli, atau justru menjauhinya dan ikut menghakimi dia? Sebagai teman yang baik, sudah sepantasnya kamu harus peduli padanya di kala terpuruk.

Bukan ikut menggurui, tapi inilah cara merangkul teman yang melakukan kesalahan:

1. Tumbuhkan rasa percaya dirinya, dan selalu dampingi dia

5 Cara Merangkul Teman yang Melakukan Kesalahan, Bukan Dijauhiunsplash.com/@_bellecollective

Ketika seseorang melakukan kesalahan, dia akan kehilangan kepercayaan dari orang lain. Di saat inilah kamu harus berada di sampingnya dan mendukung dia agar berubah lebih baik. Mungkin temanmu bisa saja kehilangan kepercayaan diri, karena sudah mengecewakan kepercayaan orang lain kepadanya. Termasuk mengecewakan dirimu sebagai temannya.

Tetapi pahamilah, bahwa kamu bisa saja berada pada situasi yang seperti itu. Meski melakukan kesalahan, bukan berarti tidak mau berubah, kan?

2. Beri pengertian dengan menjelaskan kesalahan dari perbuatannya

5 Cara Merangkul Teman yang Melakukan Kesalahan, Bukan Dijauhipexels.com/nappy

Kalau teman melakukan kesalahan, bukan berarti kamu mendukungnya dengan cara membenarkan kesalahan dia. Temanmu jadi semakin tidak tahu di mana letak kesalahannya. 

Jadi berikan penjelasan dan pengertian tentang kesalahannya. Bukan menghakiminya ya. Tetapi bawalah dia untuk menerima kesalahan yang sudah terjadi, lalu minta dia untuk berubah dan memperbaiki sikapnya.

3. Hindari membanding-bandingkan kesalahan teman dengan orang lain

5 Cara Merangkul Teman yang Melakukan Kesalahan, Bukan Dijauhiunsplash.com/Ashkan Forouzani

Ketika teman melakukan kesalahan, sebisa mungkin hindari membanding-bandingkan dirinya secara langsung dengan orang lain. Itu tidak baik, guys! Karena karakter setiap orang berbeda dalam mengatasi masalahnya. Biarkan dia menyadari kesalahannya dengan penjelasanmu yang tepat. Daripada membandingkan kesalahan, lebih baik ceritakan bagaimana orang tersebut bisa mengatasi kesalahannya.

4. Hindari memaksakan teman menjadi orang yang sempurna

5 Cara Merangkul Teman yang Melakukan Kesalahan, Bukan Dijauhiunsplash.com/Eliott Reyna

Berikan dia masukan, tetapi kamu tidak boleh memaksakan teman harus bisa mengikuti kebaikan yang kamu inginkan. Memang niat dan tujuanmu baik, tetapi kamu tak punya hak untuk mengatur isi hati orang lain.

Ketika kamu sudah menasihatinya, maka kamu sudah melakukan apa yang sepantasnya dilakukan seorang teman. Jangan paksa hingga menekannya menjadi seorang yang sempurna.

5. Berikan motivasi dan dorongan kebaikan kalau kamu tidak bisa kasih solusi

5 Cara Merangkul Teman yang Melakukan Kesalahan, Bukan Dijauhiunsplash.com/benwhitephotography

Kalau kamu merasa belum bijak memberikan solusi, setidaknya berilah motivasi dan dorongan kebaikan yang tulus dari hatimu.

Jagalah perasaannya sebagai teman, dan berusaha sebaik mungkin mendorongnya keluar dari kesalahan dia secara perlahan.

Itulah cara merangkul teman yang melakukan kesalahan. Dia tidak akan mengerti kesalahannya jika kamu tidak mendampingi dia.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Mia Lubis di IDN Times Community dengan judul Bukan Dijauhi, Ini 5 Cara Merangkul Teman yang Terlanjur Berbuat Salah

Baca Juga: Jangan PHP, 5 Etika Beli Dagangan Teman

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya