Comscore Tracker

Gak Usah Kesal, 5 Cara Menghadapi Pasangan yang Perhitungan

Punya pasangan yang kayak gini gak sih?

Pernah gak sih menjalin hubungan dengan pasangan yang perhitungan? Sekecil apapun dia perhitungan. Ya memang sih. Kita bukan orang matre yang selalu minta sesuatu padanya. Tetapi kalau masih belum ada ikatan pernikahan, setidaknya bisa bersikap adil. Jika hari ini kamu yang membayar makanan, maka keesokan harinya gantian dia yang bayar. Kalau kamu ada di posisi ini, berikut cara menghadapi pasangan yang perhitungan dalam segala hal:

1. Cari tahu dulu alasannya sebelum kamu kesal

Gak Usah Kesal, 5 Cara Menghadapi Pasangan yang Perhitunganunsplash/Amber Kipp

Sebelum geram atau kesal, sebaiknya kamu cari tahu dulu penyebab pasangan jadi perhitungan seperti itu. Siapa tahu dia punya alasan yang kuat kenapa sering melakukannya.

2. Tunjukkan bahwa kamu orang yang hemat

Gak Usah Kesal, 5 Cara Menghadapi Pasangan yang Perhitunganunsplash/Christin Hume

Kamu bisa membuat catatan keuangan. Mulai pengeluaran hingga pemasukan harian, serta sisa tabunganmu. Kalau dia melihat ini, bisa jadi dia mulai mempertimbangkan untuk tidak perhitungan lagi padamu.

Baca Juga: 5 Hal Buruk Jika Kamu Selalu Menganggap Pasangan sebagai Saingan 

3. Hitung lalu tulis secara rinci pengeluaranmu dan beritahu dia

Gak Usah Kesal, 5 Cara Menghadapi Pasangan yang Perhitunganpexels/Gurtavo Fring

Misalnya, pengeluaran makan dan belanja kebutuhan bulanan. Barangkali kamu butuh dia untuk menalangi keuanganmu dulu. Sekecil apapun nilai Rupiah yang dia berikan, sebaiknya kamu catat. Apa tujuannya?

Suatu saat ketika kalian bertengkar, orang yang perhitungan pasti akan mengukit-ngukit keuangan yang sudah dia keluarkan buat kamu. Catatan itu bisa kamu berikan padanya. Toh, jika sampai harus berpisah, kamu akan mengembalikan uangnya.

4. Kamu harus punya penghasilan sendiri

Gak Usah Kesal, 5 Cara Menghadapi Pasangan yang Perhitunganunsplash/Sharon McCutcheon

Ini adalah cara jitu supaya kamu tidak geregetan melihat dia yang perhitungan. Kalau kamu punya penghasilan kan enak. Bisa belanja sesukamu tanpa bergantung pada pasangan.

5. Jika sudah sangat mengganggu, sebaiknya segera komunikasikan

Gak Usah Kesal, 5 Cara Menghadapi Pasangan yang Perhitunganpexels/Andrea Piacquadio

Kalau sikap perhitungan dia sudah sangat mengganggumu, sebaiknya segera dibicarakan. Jangan dibiarkan berlarut-larut. Waktu yang tepat untuk berkomunikasi adalah ketika emosi kalian sedang tidak bergejolak agar masalah bisa cepat selesai.

Itulah cara menghadapi pasangan yang perhitungan. Semoga bisa membantumu ya. Sarannya sih, mending kamu memakai uang sendiri untuk membeli keperluan pribadi. Ini juga bagian dari harga diri kok. Kamu mau kan dicap sebagai orang matre?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Desy Damayanti di IDN Times Community dengan judul Jangan Emosi, Ini 5 Cara Cerdas Hadapi Pasangan yang Perhitungan

Baca Juga: 5 Cara Bijak Hadapi Pasangan yang Suka Lari dari Masalah

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya