Comscore Tracker

Mending Putusin Pacarmu Jika Merasakan 6 Hal Ini

Kamu berhak bahagia dan bebas guys...

Punya pasangan memang menyenangkan ya. Bisa berbagi cerita dan memecahkan masalah secara bersama-sama. Tapi harus berhati-hati ketika memilih pasangan. Karena kamu harus mengakhiri hubungan jika merasakan hal-hal seperti berikut ini:

1. Menjalani hubungan, tapi hatimu selalu kosong

Mending Putusin Pacarmu Jika Merasakan 6 Hal IniPixabay.com / Free-Photos

Menjalin hubungan seharusnya membuatmu merasa semakin disempurnakan. Namun ketika menjalin suatu hubungan tapi hatimu rasanya masih kosong, mending tidak perlu dipaksakan. Kesehatan hati perlu kamu prioritaskan daripada terus bertahan dalam hubungan yang kosong.

2. Selalu dituntut untuk berubah, bukan malah menuntun kamu

Mending Putusin Pacarmu Jika Merasakan 6 Hal IniPexels.com / Vera Arsic

Kamu memang perlu memperbaiki diri agar menjadi lebih baik. Alih-alih selalu dituntut berubah, sebagai pasangan yang baik, dia dapat menerimamu terlebih dulu. Bukan menuntut, tapi menuntun.

Ketika menuntut, sebenarnya itu isyarat bahwa dia belum bisa menerima kamu apa adanya. Pasti ada yang mampu menerima, menemanimu untuk saling memperbaiki diri tanpa menuntut, dan membuatmu tertekan.

3. Membangun kebohongan untuk menutup kebohongan lain

Mending Putusin Pacarmu Jika Merasakan 6 Hal IniPexels.com/Pixabay

Apakah kamu bersedia hidup bersama seseorang yang tidak pernah berani menghadapi kenyataan, dan tidak mau berkata jujur? Kebahagiaan hanya ilusi saja jika hanya dipenuhi oleh kebohongan.

4. Pasangan bersikap diskriminatif kepadamu

Mending Putusin Pacarmu Jika Merasakan 6 Hal IniPexels.com / Tess Emily Seymour

Jika pasangan melakukan tindakan diskriminatif kepadamu entah terhadap gender, status sosial atau apa pun, mending gak perlu diteruskan.

Begini ya, jenis gender tidak ada kaitannya dengan kapabilitasmu dalam mengurus sesuatu. Diskriminasi dalam hal dan bentuk apa pun tidak pernah dibenarkan! Yuk, sayangi dan peduli terhadap kesehatan mentalmu.

5. Adanya kekerasan fisik maupun kekerasan verbal

Mending Putusin Pacarmu Jika Merasakan 6 Hal IniPexels.com/Kat Jayne

Jika kekerasan fisik dapat menyebabkan bekas luka, maka kekerasan verbal juga demikian. Keduanya sama-sama tidak dibenarkan. Hati-hati ya, kebanyakan orang tidak sadar ketika mengalami kekerasan verbal.

Sama-sama berbahaya, kekerasan fisik maupun verbal sebenarnya bisa menggerogoti mentalmu dari dalam. Lambat laun akan mengikis kesehatan mental. Tak hanya membuatmu semakin lemah, tetapi juga memengaruhi karaktermu. Jadi, jangan ragu lagi untuk berhenti menjalin hubungan.

6. Tidak pernah ada keputusan untuk memastikan masa depan kalian

Mending Putusin Pacarmu Jika Merasakan 6 Hal IniPexels.com / Zun Zun

Dalam setiap hubungan, harus ada tujuan yang jelas, kan? Biar jelas mau dibawa ke mana hubungan kalian nantinya. Kalau tidak mendapatkan keputusan atau perbincangan tentang masa depan dari pasangan kamu, mau berapa lama lagi kalian mau membuang-buang waktu? Apa yang kamu dapatkan dari sebuah hubungan yang tidak berani menatap masa depan?

Itulah alasan kamu harus mengakhiri hubungan. Sekuat-kuatnya kamu menjalin hubungan sama dia, sekuat itu pula mentalmu ikut tersiksa. Tidak mudah sih untuk mengakhiri hubungan. Tapi pasti bisa kan? Silakan kamu renungkan.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Cahya Dianing Susana (@chydianing) di IDN Times Community dengan judul Agar Bahagia, 6 Alasan Kamu Harus Berani Mengakhiri Hubungan

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya