Comscore Tracker

Senyumin Saja, 5 Alasan Kamu Gak Perlu Sedih Ketika Dihina Orang Lain

Dia sibuk menghina, tapi kamu sibuk memperbaiki diri

Pernah gak sih kamu mendapat pujian hingga hinaan sepanjang hidupmu? Kalau sudah kena hinaan, apalagi mentalnya tidak kuat, pasti akan merasa kehilangan semangat hidup. Jangan bersedih ya. Ini alasan kamu jangan mendengarkan orang yang menghinamu:

1. Hinaan bisa membuatmu mawas diri

Senyumin Saja, 5 Alasan Kamu Gak Perlu Sedih Ketika Dihina Orang LainPixabay.com/pexels

Ketika disanjung, jangan langsung jumawa dan lupa diri. Begitu pula ketika dihina, jangan langsung rendah diri. Kamu tidak perlu terlalu fokus dari sisi negatifnya saja. Meski menyesakkan, hinaan bisa membuatmu mawas diri agar tidak sombong dan arogan. Sekarang sudah banyak artikel-artikel yang mengulas tentang tokoh-tokoh besar, dulunya juga sering dihina. Jadi, ambil positifnya saja ya.

2. Hinaan hanya remahan kecil dalam hidup. Ada hal besar yang sedang menantimu

Senyumin Saja, 5 Alasan Kamu Gak Perlu Sedih Ketika Dihina Orang LainPixabay.com/1388843

Ingatlah, hinaan itu hanya bagian kecil dalam hidupmu. Berapa banyak kehidupan yang sudah kamu lewatkan, dan sayang kalau tidak dilihat lagi. Tatap ke depan. Masih banyak hal-hal besar lain yang harus kamu hadapi, dari hanya sekadar hinaan.

Hatimu akan semakin kuat bila mendapat perlakuan buruk. Kalau sudah terbiasa menghadapinya, kamu akan menganggap hal itu hanya sebagai remahan kecil di dalam hidup.

3. Fokuskan pikiran ke hal-hal yang lebih krusial dalam hidupmu

Senyumin Saja, 5 Alasan Kamu Gak Perlu Sedih Ketika Dihina Orang LainPixabay.com/StartupStockPhotos

Sebagai manusia, wajar sih kalau kamu sedih atau kecewa ketika ada orang yang menghinamu. Namun gak perlu terlarut dalam rasa sedih. Jadikan rasa sedihmu itu sebagai kekuatan untuk menjalankan hal yang lebih positif. Masih ada hal-hal yang indah yang harus kamu lihat daripada mengurusi omongan buruk orang.

4. Hinaan = dengan kemajuan

Senyumin Saja, 5 Alasan Kamu Gak Perlu Sedih Ketika Dihina Orang LainPixabay.com/rawpixel

Hinaan itu pada dasarnya hanya dorongan agar kamu semakin yakin untuk terus bergerak maju. Kamu akan mendapatkan kekuatan lewat hinaan itu. Percayalah, ketika kamu berupaya memperbaiki diri dan menjadikannya sebagai kekuatan, orang yang sudah menghinamu akan tetap stagnan serta tidak bergerak.

5. Ketika merasakan kesakitan ketika dihina, kamu jadi tidak mau menghina orang lain

Senyumin Saja, 5 Alasan Kamu Gak Perlu Sedih Ketika Dihina Orang LainPixabay.com/Free-Photos

Kamu tahu betul, bahwa hinaan bisa mendatangkan nista dan nestapa. Jadi kamu tidak akan melakukan hal itu juga ke orang lain.

Itulah alasan kamu jangan mendengarkan orang yang menghinamu. Ada atau tidak ada hinaan, kamu tetap harus memperbaiki diri. Kamu juga tidak akan pernah tahu di mana letak kesalahanmu jika hidup hanya berupa pujian saja. Tetap semangat ya, guys!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Iip Afifullah di IDN Times Community dengan judul Kuatkan Mental, Ini 5 Alasan Jangan Bersedih Saat Dihina Orang Lain!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya