Comscore Tracker

Tanda-tanda Kamu Hanya Dimanfaatkan Teman

Cari teman itu gampang banget. Tapi yang tulus belum tentu

Hadirnya teman memang sangat membantu dalam kehidupan. Apalagi kalau kamu merantau, kehadiran mereka begitu sangat penting. Tapi tidak semua teman memiliki hati yang tulus. Terkadang tanpa disadari, beberapa teman justru hanya memanfaatkan ketika butuh saja. Untuk itu, berikut enam tanda kamu hanya dimanfaatkan oleh teman:

1. Kamu selalu dimintain bantuan setiap dia punya masalah kecil

Tanda-tanda Kamu Hanya Dimanfaatkan Temanunsplash.com/Joseph Pearson

Tanda-tanda yang pertama adalah seberapa besar ketergantungan dia terhadap kamu. Kalau setiap ada masalah kecil saja dia langsung lari ke kamu, itu sudah tidak bagus.

Teman yang tulus akan berusaha menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa banyak melibatkan kamu. Mungkin kamu jarang banget atau bahkan tidak pernah melihat dia punya masalah. Tetapi begitu dia menghubungimu untuk meminta bantuan, artinya dia sudah stagnan, tidak punya jalan lain, dan butuh solusi dari kamu. Ia benar-benar sedang dalam masalah besar, bukan memanfaatkanmu.

2. Pura-pura peduli atas masalah yang menimpamu

Tanda-tanda Kamu Hanya Dimanfaatkan Temanpexels.com/matheusferrero

Cobalah curhat ke teman ketika kamu punya masalah besar. Lalu lihat reaksinya. Teman yang hanya memanfaatkanmu biasanya setelah mengatakan "Sabar ya", dia tidak menanyakan kabarmu lagi setelah beberapa hari atau minggu kemudian. Dia tidak akan pernah menanyakan kabar kamu sama sekali dan berasa tidak peduli atas permasalahanmu.

Teman yang tulus umumnya mencoba akan memberikan gagasan berdasarkan pengalaman sendiri atau dari orang lain. Kadang-kadang dia juga mencoba menawarkan bantuan dan berusaha meyakinkan kamu agar segera bertindak. Bahkan dia juga akan berani berterus terang jika kamu yang salah dan menasihatimu.

3. Dia bakalan ada hanya pada saat butuh bantuan

Tanda-tanda Kamu Hanya Dimanfaatkan TemanPexels.com/Lisa Fotios

Kalau kamu punya teman super cuek tapi tiba-tiba ada ketika dia butuh bantuan, itu salah satu tanda kalau kamu cuma dimanfaatkan. Sesekali perlu kamu tanya, ke mana saja dia saat tak butuh bantuan?

4. Menghilang ketika kamu membutuhkannya

Tanda-tanda Kamu Hanya Dimanfaatkan TemanUnsplash.com/Kev Costello

Tak jauh beda dengan nomor tiga. Teman yang hanya memanfaatkanmu biasanya cuek dan tidak peduli dengan kondisimu. Lebih kesal lagi ketika kamu membutuhkannya, dia malah menghilang entah ke mana. Padahal kehadirannya saja sudah membuat kita senang ya!

5. Pandai merayu ketika dia punya keinginan

Tanda-tanda Kamu Hanya Dimanfaatkan Temanpexels.com/helenalopes

Ketika temanmu punya keinginan, dia tiba-tiba memuji-muji kamu, mendekati lebih dari biasanya dan gelagatnya terdengar merayu, bisa jadi dia hanya memanfaatkanmu saja lho!

6. Bisanya cuma curhat saja, tapi tidak bisa jadi pendengar yang baik

Tanda-tanda Kamu Hanya Dimanfaatkan TemanPexels.com/Roberto Nickson

Seorang teman yang baik itu setidaknya bisa menjadi pendengar yang baik. Dia akan selalu mendengar keluh kelahmu dan ngasih pendapat dari sisi dia. Tujuannya biar kamu punya gambaran solusi untuk mengatasi permasalahan.

Tetapi kalau dia bisanya cuma curhat, tapi tidak bisa jadi pendengar yang baik, itu tandanya dia hanya memanfaatkan kamu saja. Dia maunya didengar dan tidak ngasih kesempatan kamu untuk bicara. Giliran kamu berbicara, dia sedikit cuek sembari memainkan ponselnya barangkali.

Itu dia tanda-tanda teman yang hanya memanfaatkan kamu. Enam poin di atas juga bisa jadi cerminan buat kamu: Apakah kamu sudah menjadi teman yang baik juga buat orang lain? Jika ada pendapat yang berbeda atau ingin menambahkan, silakan berbagi di kolom komentar ya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Akromah Zonicc di IDN Times Community dengan judul 6 Tanda Jelas Kamu Hanya Dimanfaatkan Temanmu, Buruan Cek!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya