Comscore Tracker

5 Cara Bijak Hadapi Pasangan yang Suka Lari dari Masalah

Gak perlu emosi dulu

Setiap orang punya karakter sendiri ketika menghadapi masalah. Ada yang cuek, berani ambil risiko, tegar, memilih diam hingga lari dari permasalahan. Kalau pasangan kamu punya sikap diam dan suka lari dari masalah, maka ada lima cara bijak untuk menghadapinya:

1. Kamu tidak perlu melakukan hal yang sama seperti pasanganmu

5 Cara Bijak Hadapi Pasangan yang Suka Lari dari MasalahFreepik.com/drobotdean

Cobalah untuk tidak melakukan hal yang sama seperti pasanganmu. Itu sama saja. Dapat memperkeruh keadaan dan timbul kesalahpahaman. Memang kita tidak bisa memaksakan kehendak orang lain. Tetapi dengan sedikit mengalah, diharapkan agar pasangan kamu memahaminya dan mau berubah seiring berjalannya waktu.

2. Tenangkan dulu pikiranmu

5 Cara Bijak Hadapi Pasangan yang Suka Lari dari MasalahPixabay.com/leninscape

Ketika ada masalah dalam hubunganmu, cobalah dulu untuk menenangkan pikiran walau sejenak. Kamu pasti kesal dan marah ketika pasangan justru diam, bahkan lari dari masalah. Tidak perlu mengejarnya.

Pikirkan dulu diri kamu sendiri. Pikiranmu harus tenang. Sebab kalau tidak tenang, malah bisa jadi akan timbul masalah baru yang justru membuat keadaan jadi semakin buruk.

3. Tetap bijak menyikapinya. Tidak perlu ikut emosi

5 Cara Bijak Hadapi Pasangan yang Suka Lari dari MasalahFreepik.com/yanalya

Besarkan dulu hatimu ketika pasangan seperti itu. Kalau kamu menghadapinya dengan emosi, pasangan juga ikut emosi dan masalah jadi tidak akan cepat selesai. Pikiran yang buruk bisa memengaruhi hubungan. Cobalah sedikit bijak menghadapinya. Gak enak memang kalau harus kamu terus yang bersikap seperti ini. Tapi percayalah. Itu nantinya akan bermanfaat buat kamu.

4. Sabar dan turunkan ego

5 Cara Bijak Hadapi Pasangan yang Suka Lari dari MasalahFreepik.com/yanalya

Kalau kamu sabar dan menurunkan sedikit keegoisan dapat membawa pengaruh positif juga pada pasangan. Ada kalanya kamu harus bersikap dan memberi wejangan secara halus pada pasangan, daripada sama-sama egois mempertahankan kehendak kalian masing-masing, yang justru bisa memperkeruh keadaan.

5. Begitu emosi kalian mereda, segera bicarakan secara baik-baik

5 Cara Bijak Hadapi Pasangan yang Suka Lari dari MasalahFreepik.com/katemangostar

Jika kalian butuh waktu untuk menenangkan pikiran dan hati, maka lakukanlah. Berikan tenggat waktu sampai kapan kalian bisa saling menghubungi. Ini tujuannya supaya permasalahan kalian segera selesai dan tidak berlarut-larut. Begitu sama-sama tenang, langsung bisa membicarakan baik-baik semua permasalahan kalian.

Itulah cara bijak menghadapi pasangan yang diam dan sering lari dari masalah. Semoga kamu tidak stres lagi ya. Ada yang punya cara lain? Silakan berbagi pengalamannya di kolom komentar ya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Rinda Ratna di IDN Times Community dengan judul 5 Cara Bijak Menghadapi Pasangan yang Diam & Sering Lari dari Masalah

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya