Comscore Tracker

Biar Tetap Mesra Walau Hubungan Jarak Jauh, Begini Rahasianya!  

#IDNTimesLife Walau tidak mudah, tapi pasti ada solusinya

Menjalin sebuah hubungan jarak jauh memang penuh dengan tantangan dan godaan. Tidak semua orang bisa melakukan hal ini. Biasanya jarak fisik dan intensitas bertemu membuat hubungan sebuah pasangan jadi semakin erat. 

Nah, lalu bagaimana caranya agar bisa tetap romantis dan merawat hubungan itu meskipun kalian jaraknya sedang jauh satu sama lain? Nah, kamu bisa cek di bawah ini tips-tipsnya ya. Semoga berhasil.

1. Sampaikan pertanyaan yang tidak membosankan

Biar Tetap Mesra Walau Hubungan Jarak Jauh, Begini Rahasianya!  freepik.com/yanalya

Kamu harus menjaga percakapan tetap menarik dan terarah karena komunikasimu terbatas via pesan dan telepon. Kamu bisa menanyakan lebih spesifik apa yang ia kerjakan, tidak sekadar "Bagaimana harimu?" Ini menunjukkan bahwa kamu ingin terlibat dan menunjukkan rasa kepedulianmu padanya meski berjarak.

2. Asah keterampilan komunikasi yang kamu miliki

Biar Tetap Mesra Walau Hubungan Jarak Jauh, Begini Rahasianya!  pexels.com/Andrea Piacquadio

Komunikasi saat jarak jauh adalah satu-satunya caramu dekat dengan pasangan. Dilansir dari TIME, ada beberapa tips untuk memaksimalkan komunikasimu, yaitu bersabarlah dan berkomunikasilah dengan jelas. Lalu, minta maaflah saat terjadi kesalahpahaman dan luangkan waktu tertentu untuk secara penuh berkomunikasi dengan pasangan.

3. Mencari cara untuk menjalani hari bersama

Biar Tetap Mesra Walau Hubungan Jarak Jauh, Begini Rahasianya!  pixabay.com/ nastya_gepp

Sekadar bercakap-cakap via telepon ternyata tidak cukup. Inilah yang membuat hubungan jarah jauh menjadi sulit, karena tidak bisa menjalani hari bersama. Kamu bisa melakukan hal berikut ini agar tetap menjalani hari bersama, yaitu membangunkan pasangan dengan menelponnya, menonton atau membaca buku di waktu yang sama, dan bertukar foto dari kegiatanmu sehari-hari.

4. Jangan hanya mengandalkan teknologi

Biar Tetap Mesra Walau Hubungan Jarak Jauh, Begini Rahasianya!  unsplash.com/sarandy westfall

Kemudahan teknologi, memang membantumu dan pasangan berkomunikasi. Namun, jangan lupakan kekuatan yang bersifat fisik yang mengingatkan pada pasangan. Dilansir dari Psychology Today, Andra Bonior Ph.D., Psikolog Klinis, menyarankanmu untuk menyimpan kaus pasangan atau memajang hadiah darinya sebagai pengingat akan komitmenmu.

Baca Juga: Meski Cintanya Tulus, 5 Hal Ini Tetap Bikin Seseorang Ogah Jalani LDR

5. Memaksimalkan kesempatan bertemu langsung, tapi jangan terlalu merencanakannya

Biar Tetap Mesra Walau Hubungan Jarak Jauh, Begini Rahasianya!  pexels.com/Asad Photo Maldives

Waktu bertemu langsung adalah momen yang paling ditunggu oleh pasangan LDR sehingga kamu tidak ingin menyia-nyiakannya dan membuatnya istimewa. Andra Bonior Ph.D., menyarankan untuk tidak terlalu merencanakannya.

Hal ini tanpa sadar bisa membuat kalian stres karena tertekan merasa harus membuatmu sesuatu yang spesial tiap kali bertemu. Nikmati saja waktu kalian berdua dengan santai dan tanpa tekanan.

6. Membiarkan dirimu dan pasanganmu percaya satu sama lain

Biar Tetap Mesra Walau Hubungan Jarak Jauh, Begini Rahasianya!  Pexels.com/luizclas

Salah satu faktor yang membuat hubungan apapun bertahan adalah kepercayaan. Andra Bonior melalui interview-nya dengan Psychology Today mengingatkan bahwa kepercayaan ini tidak hanya tentang perselingkuhan.

Faktor lain seperti apakah dia bisa diandalkan dalam hal besar maupun kecil, terutama dalam hal mendesak, atau ia membatalkan rencana liburan karena pekerjaan. Hal semacam ini juga bisa merusak kepercayaanmu dan pasanganmu.

Nah itu beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat menjalin hubungan jarak jauh. Seperti kata banyak orang, jarak bukanlah penghalang untuk mempererat asmara kamu.

Baca Juga: 5 Trik Bikin Doi Tambah Sayang dan Kangen Terus saat Kalian Lagi LDR

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya