Comscore Tracker

Kamu Pernah Menyakiti Pasangan? Ini 7 Tips Membangun Kepercayaannya 

#IDNTimesLife Semua orang pasti pernah berbuat salah

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan ya. Tidak ada yang sama sekali terbebas dari kekeliruan dan sempurna perilakunya. Meskipun tingkat kesalahannya tergolong kecil ya. Begitu pula dalam menjalin hubungan asmara. Mungkin kamu juga pernah melakukan sesuatu yang menyakiti hari pasangan kamu. Walaupun kamu tidak ada maksud untuk menyakitinya ya. Ketika hal itu terjadi, apa yang harus kamu lakukan?

Menurut Relationship Coach di Maze of Love, Lauren Irish ketika kepercayaan hilang dalam hubungan, seseorang akan sulit membangunnya kembali. Membangun kepercayaan memang tidaklah mudah. Perlu waktu yang bisa dibilang tidaklah sebentar. tapi bagaimana caranya untuk kembali membangun kepercayaan itu sementara kamu sudah pernah menyakiti hatinya?

1. Coba mulai jujur dan terbuka atas semuanya

Kamu Pernah Menyakiti Pasangan? Ini 7 Tips Membangun Kepercayaannya Pexels.com/Mehrad Vosoughi

Kamu harus berterus terang pada pasanganmu untuk mendapatkan kembali kepercayaannya. Kamu harus jujur dan terbuka sepenuhnya. Ini disampaikan oleh Terapis Hubungan asal New York, Aimee Hartstein dalam Bustle.

Kalau ada yang belum kamu beri tahu, itu bisa membuat pasangan kesal. Kamu harus mengungkapkan semuanya sehingga mereka bisa percaya sepenuhnya. Kalau ia menemukan pengkhianatan berikutnya, kamu akan mustahil untuk dipercaya lagi.

2. Berikan waktu padanya untuk memulihkan kepercayaan

Kamu Pernah Menyakiti Pasangan? Ini 7 Tips Membangun Kepercayaannya unsplash.com/tord sollie

Proses untuk menerima kenyataan bahwa pasanganmu sudah dikhianati, tidak bisa hilang dalam semalam. Kamu sebaiknya memberikan waktu selama yang ia butuhkan untuk pulih.

Aimee Hartstein mengatakan bahwa kamu harus memperbaiki apa pun kesalahanmu secara terbuka dan selama mereka memerlukannya. Kamu juga harus menerima kalau ia melakukan pembicaraan yang sama berulang kali.

3. Bersikap lembut sangat penting dibandingkan sikap kritis terhadap pasangan

Kamu Pernah Menyakiti Pasangan? Ini 7 Tips Membangun Kepercayaannya Pexels.com/Ketut Subiyanto

Bersikap lembut adalah hal penting, bahkan saat tak membicarakan riwayatmu menyakitinya. Terapis Hubungan asal Chicago, Amerika Serikat, Theresa Herring, dalam Bustle, mengatakan bahwa bersikap lembut sangat penting dibandingkan sikap kritis terhadap pasangan.

Sikap kritis bisa mengikis hubunganmu dan pasanganmu akan menutup diri. Karena bukannya lembut, kamu selalu mengkritiknya setiap ia mulai terbuka kepadamu.

4. Kamu perlu menyadari bahwa hubunganmu mungkin tidak akan seperti dulu lagi

Kamu Pernah Menyakiti Pasangan? Ini 7 Tips Membangun Kepercayaannya pexels.com/cottonbro

Kamu harus menerima bahwa hubunganmu tidak akan sama lagi seperti dulu. Psikolog Klinis asal Los Angeles, Piper S. Grant, mengatakan bahwa hubunganmu tak akan lagi sama seperti sebelumnya dan justru menciptakan fase hubungan baru.

Menerima perasaan disakiti oleh pasangan memang memerlukan waktu dan keterbukaan satu sama lain. Kamu dan pasangan pun berkembang serta tahu hal apa saja yang bisa kamu tolerir dan tidak sehingga hubunganmu pun menuju arah yang lebih sehat.

Baca Juga: Pernah Disakiti Seseorang? 6 Cara Agar Kamu Bisa Menerima Mereka Lagi

5. Tunjukkan padanya bahwa kamu berusaha untuk memperbaiki hubungan

Kamu Pernah Menyakiti Pasangan? Ini 7 Tips Membangun Kepercayaannya unsplash.com/justin follis

Kamu bisa menunjukkan pada pasangan bahwa sedang berusaha memperbaiki hubungan dengan menyediakan waktu khusus untuknya. Kamu bisa membuat quality time untuk melakukan hal yang kalian berdua sukai.

Ini adalah tahap awal untuk membangun kembali hubunganmu dengannya, sehingga bisa menunjukkan bahwa kamu mencintai dirinya sepenuhnya dan mau menghabiskan waktu dengan pasanganmu.

6. Jujur dan terbukalah pada pasangan kamu

Kamu Pernah Menyakiti Pasangan? Ini 7 Tips Membangun Kepercayaannya pexels.com/Ketut Subiyanto

Selain harus jujur dan terbuka pada pasangan, kamu juga harus mendengarkannya. Kamu bisa mendengarkan perasaan pasanganmu dan membuatnya merasa nyaman.

Ini bisa membuat kepercayaanmu kembali karena pasanganmu merasa didengarkan. Kamu pun bisa berkomunikasi dengan lebih lancar.

7. Pertahankan kontak mata bahwa dia adalah prioritas kamu

Kamu Pernah Menyakiti Pasangan? Ini 7 Tips Membangun Kepercayaannya unsplash.com/candice picard

Kamu sebisa mungkin, dalam keadaan apa pun, membuat pasangan merasa bisa mengandalkanmu. Ini berarti kamu ada sepenuhnya untuk pasanganmu.

Kamu juga bisa memberinya perhatian penuh dan mempertahankan kontak mata dengannya agar bisa meyakinkannya bahwa ia adalah prioritasmu saat ini.

Nah itu beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat pernah menyakiti pasangan. Semoga semuanya kembali membaik ya.

Baca Juga: 5 Tanda Kuat Kamu Sosok yang Pendendam saat Disakiti Pasangan

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya