Comscore Tracker

6 Tanda Kamu Belum Siap untuk Berkomitmen, Masih Ingin Bebas Kan? 

#IDNTimesLife Bener gak menurut kamu?

Komitmen adalah sesuatu yang tidak bisa dianggap main-main. Begitu seseorang menyatakan komitmennya, pada detik itu juga dia terikat akan sesuatu yang harus menjalani apa yang telah dia sampaikan. Begitu pula dalam hubungan asmara. Sekali berkomitmen, hal itu harus dipegang untuk selamanya. Kecuali apabila terjadi hal-hal yang memang di luar kendali kedua belah pihak. 

Memang terkesan sangat sulit ya, tapi kamu tidak akan pernah tahu apakah sanggup atau tidak apabila belum menjalaninya. Nah di bawah ini kamu bisa cek ya, tanda-tanda apabila kamu memang belum siap untuk berkomitmen. Kemungkinan kamu masih ingin bebas kan?

1. Kamu ingin agar ikatan hubungan itu tetap santai

6 Tanda Kamu Belum Siap untuk Berkomitmen, Masih Ingin Bebas Kan? pexels.com/mododeolhar

Salah satu tanda kamu takut atau belum siap berkomitmen adalah kamu ingin tetap menjaga hubunganmu tetap santai agar gak menghilangkan ikatan dengannya. Pasangamu berharap untuk berhubungan ke tahap yang lebih serius, tapi kamu ingin tetap seperti ini selama mungkin.

Kamu takut untuk melangkah ke tahap yang serius dalam hubungan romantis ini. Selain itu, kamu menghindari hal yang gak diinginkan dari komitmen yang sudah kamu buat.

2. Kamu takut akan patah hati dan disakiti

6 Tanda Kamu Belum Siap untuk Berkomitmen, Masih Ingin Bebas Kan? freepik.com/jcomp

Menghindari hal yang gak diinginkan adalah salah satu tanda kamu takut akan komitmen itu. Kamu takut akan patah hati dan disakiti seperti hubungan sebelumnya.

Mungkin, kamu pernah dikecewakan oleh mantanmu atau diselingkuhi sehingga takut untuk menghadapi rasa sakit hati itu. Namun, untuk memiliki hubungan yang mendalam, kamu harus mengambil risiko itu sebagai proses mempercayai pasanganmu sepenuhnya.

3. Kamu belum siap untuk terbuka akan semua hal

6 Tanda Kamu Belum Siap untuk Berkomitmen, Masih Ingin Bebas Kan? pexels.com/cottonbro

Berbagi perasaan dengan orang lain, mungkin, adalah hal yang sulit untukmu. Kamu mungkin dideskrisikan sebagai orang yang sombong, jutek, dan dingin. Ini, sebenarnya, adalah tanda bahwa kamu takut untuk berkomitmen.

Kamu menyembunyikan perasaan dari pasanganmu agar gak terlihat rentan. Untuk memiliki hubungan yang serius dan langgeng, keterbukaan akan pikiran dan perasaan adalah salah satu yang penting. Kalau kamu memasang penghalang, kamu menahan diri dari keharusan untuk berkomitmen.

Baca Juga: 5 Trik Ampuh Temukan Pasangan Terbaik untuk Diajak Komitmen Bersama

4. Kamu belum bisa meyakinkan diri sendiri

6 Tanda Kamu Belum Siap untuk Berkomitmen, Masih Ingin Bebas Kan? freepik.com/diana.grytsku

Tanda penting bahwa kamu takut akan komitmen adalah kamu mudah menemukan alasan untuk tidak berkomitmen dengannya. Kamu gak bisa meyakinkan dirimu untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan orang yang menurutmu belum tepat.

Kamu terlalu cepat menilai seseorang dan mendiskualifikasi untuk menjadi pasanganmu. Ketika kamu terlalu mudah mengeliminasi seseorang, kamu gak memberi kesempatan kepada siapa pun untuk berkomitmen dan membangun hubungan denganmu.

5. Kamu dengan sengaja menarik diri

6 Tanda Kamu Belum Siap untuk Berkomitmen, Masih Ingin Bebas Kan? Pexels.com/Ketut Subiyanto

Salah satu indikator tambahan bahwa kamu takut untuk berkomitmen adalah menyabotase hubungan potensialmu dengan orang lain. Kamu sengaja menarik diri dan gak setia dengan pasanganmu untuk menghindari komitmen. Ketika kamu adalah orang yang mengagalkan hubungan sebelum punya kesempatan, itu adalah tanda utama kamu takut berkomitmen.

6. Kamu berusaha meyakinkan diri bahwa kamu gak perlu melakukannya

6 Tanda Kamu Belum Siap untuk Berkomitmen, Masih Ingin Bebas Kan? unsplash.com/A.L.

Kamu sebaiknya merefleksikan ke dalam dirimu bagaimana pandanganmu terhadap sebuah komitmen. Kamu bisa saja gak ingin berkomitmen, karena takut untuk mengambil risiko itu dan meyakinkan diri bahwa kamu gak perlu.

Sebenarnya, kalau kamu gak ingin berkomitmen itu gak apa-apa. Namun, kamu perlu melihat alasan kamu gak ingin berkomitmen dengan seseorang. Pastikan bukan karena kamu terlalu takut patah hati dan disakiti.

Nah itu beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu belum siap untuk menjalin komitmen dalam hubungan asmara. Bagaimana menurut kamu, apakah benar seperti itu? Apabila memang masih belum sanggup, jangan pula untuk dipaksa. Akan tetapi kamu juga tidak akan tahu batas kemampuan selama belum mencobanya. 

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini jika Pasangan Melanggar Komitmen dalam Hubungan

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya