Comscore Tracker

5 Tanda Bahwa Saatnya Kamu Akhiri Hubungan Persahabatan dengan Dia

#IDNTimesLife Keputusan ini bukan akhir dari segalanya lho

Selama ini banyak yang menganggap bahwa sahabat sangat berharga keberadaannya. Kehadiran seorang sahabat kerap membuat hati menjadi lebih tenang dan pikiran menjadi fresh. Begitu pula ketika terjadi masalah, kita bisa menyampaikan dengan blak-blakan kepada sahabat kita dan biasanya dia akan bisa memberikan solusi yang bisa menjadi pertimbangan.

Idealnya memang seperti itu. Tapi apabila kenyataannya yang terjadi justru sebalinya, apa yang harus kamu lakukan? Apakah kamu tetap mempertahankan hubungan itu mengingat bahwa dia adalah sahabat kamu? Nah, jangan merasa sungkan, ada saatnya memang kamu untuk mengambil sikap. Kamu bisa simak di bawah ini tanda-tanda bahwa sudah saatnya kamu mengakhiri hubungan persahabatan dengan dia.  

1. Saat sahabat justru membuat perasaanmu menjadi lebih buruk

5 Tanda Bahwa Saatnya Kamu Akhiri Hubungan Persahabatan dengan Diaunsplash.com/Brooke Cagle

Kamu bisa memperhatikan perasaanmu setelah bergaul dengan teman-temanmu. Christine Scott-Hudson, seorang psikoterapis berlisensi dalam Bustle.com, mengandaikan situasi ketika kamu merasa tidak dihargai dan direndahkan saat bersama sahabatmu.

Kadang, temanmu memang bisa mengatakan hal yang menyakiti perasaanmu. Namun, kalau ini terjadi tiap kali kamu bertemu dengannya, ini adalah tanda bahwa ia bukan teman yang baik. Kamu bisa utarakan perasaanmu dan mencoba lepas dari persahabatan itu.

2. Saat dia tidak bisa lagi menjaga rahasia kamu

5 Tanda Bahwa Saatnya Kamu Akhiri Hubungan Persahabatan dengan Diafreepik.com/@bilahata

Kepercayaan adalah hal penting dalam persahabatan. Dr. Sanam Hafeez, Neuropsikolog Syaraf dan Anggota Fakultas di Universitas Columbia, mengatakan dalam Bustle.com, bahwa memercayai teman untuk merahasiakan hal pribadimu, sangatlah penting.

Seorang sahabat tentu akan menghargai kepercayaanmu dan tak akan menjadikan rahasia sebagai bahan gosip. Kamu bisa jelaskan pada temanmu untuk tak menyebarkan hal pribadi. Namun kalau ia kerap mengulanginya, kamu sebaiknya memutus persahabatan.

3. Jika sahabatmu sudah mengkhianati kamu

5 Tanda Bahwa Saatnya Kamu Akhiri Hubungan Persahabatan dengan Diaunsplash.com/Eli DeFaria

Saat sahabat sudah mengkhianati dan merusak kepercayaan, kamu sebaiknya tidak diam saja. "Teman yang sudah mengkhianatimu adalah salah satu yang harus kamu pertimbangkan untuk dipertahankan," kata Dr. Sanam.

Mungkin, kamu masih bisa mempertimbangkan kembali beberapa hal dan memperbaiki hubungan. Namun kalau yang dilakukan temanmu adalah pengkhianatan yang merusak kepercayaan, seperti selingkuh dengan pasanganmu atau mencuri sesuatu milikmu, kamu tentu sulit untuk memaafkannya.

Baca Juga: 5 Tips biar Kamu Selalu Ada bagi Sahabat saat Mengalami Masa Sulit

4. Kala sahabat hanya memanfaatkan kamu untuk kepentingan dia

5 Tanda Bahwa Saatnya Kamu Akhiri Hubungan Persahabatan dengan Diapexels.com/Gustavo Fring

Kalau kamu memiliki sahabat yang hanya memanfaatkanmu, tapi tak pernah mau dimintai bantuan olehmu, Dr. Sanam mengindikasikan kalau ia hanya memanfaatkanmu dan tidak melihat persahabatan sebagai hubungan timbal-balik.

Kamu melihat bahwa hubunganmu hanya satu arah. Kalau kamu selalu ada saat dia memerlukan, tapi tidak ada saat kamu butuh, memang sebaiknya kamu memikirkan untuk mengakhiri hubungan pertemananmu.

5. Tatkala kamu sudah tidak bisa mengandalkan sahabatmu lagi

5 Tanda Bahwa Saatnya Kamu Akhiri Hubungan Persahabatan dengan Diafreepik.com/@tirachardz

Kalau kamu memerlukan teman di saat sedang berduka atau mengalami kegagalan, tapi ia membatalkan pertemuan di saat-saat yang dibutuhkan, ia mungkin memiliki alasan yang mendesak untuk membatalkannya.

Namun, kalau itu selalu berulang, kamu mungkin perlu mempertimbangkan pertemananmu dalam jangka panjang. Bisa jadi, dia memang tak mau menemanimu dalam duka selain suka.

Nah itu beberapa tanda yang bisa jadi referensi kamu kapan saatnya untuk mengakhiri hubungan persahabatan itu. Meskipun dia telah lama menjadi sahabat kamu, tapi apapun bisa terjadi. Jangan segan-segan untuk bersikap.

Baca Juga: 10 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan ketika Traveling Bareng Sahabat

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya