Comscore Tracker

6 Tips Mengatasi Rasa Jenuh saat Pacaran, Jangan Minta Putus Dulu Ya!

#IDNTimesLife Merasa bosan itu hal yang wajar kok

Saat menjalin hubungan lebih dari dua tahun, apakah kamu pernah merasa bosan? Atau mungkin mulai muncul rasa jenuh? Apabila hal itu terjadi, jangan panik dan langsung minta putus dengan pasangan kamu ya. Rasa bosan itu adalah sesuatu yang wajar terjadi. Tidak hanya dalam hubungan asmara, hal serupa juga biasa terjadi dalam pekerjaan maupun saat menjalani aktivitas kamu.

Nah khusus untuk hubungan asmara, sesungguhnya ada beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan apabila sudah mulai merasa bosan. Munculnya perasaan seperti itu belum tentu menandakan bahwa kamu sama sekali sudah kehilangan perasaan dengan si doi. Coba pelan-pelan dipertimbangkan lagi ya.  

1. Pastikan kamu sudah merawat diri dengan baik

6 Tips Mengatasi Rasa Jenuh saat Pacaran, Jangan Minta Putus Dulu Ya!unsplash.com/Amandine Lerbscher

Selain menghidupkan hubunganmu, pertama, kamu sebaiknya memeriksa ke dalam dirimu sendiri, apakah kamu sudah cukup mengeksplorasi dirimu? Dilansir dari Bustle, Michele Paiva, Psikoterapis Berlisensi, mengatakan mungkin masalahnya ada di dalam dirimu dan kamu menganggap bahwa hubungan adalah ruang eksplorasimu sehingga saat hubungan sedang bosan kamu juga turut jenuh.

2. Cari tahu lebih banyak apa yang dikatakan pasangan

6 Tips Mengatasi Rasa Jenuh saat Pacaran, Jangan Minta Putus Dulu Ya!Pexels.com/Emma Bauso

Seringkali dalam hubungan, kamu menerima begitu saja yang disampaikan pasanganmu dan tidak menggalinya lebih dalam. Kamu juga merasa sudah mengenalnya sehingga tidak perlu bertanya lagi.

Dilansir dari Relationship Reality 312, Jeannie Sytsma, MFT, Terapis Pernikahan, menyarankan untuk mencari tahu lebih banyak apa yang dikatakan pasangan sehingga kamu bisa mempelajari pasangan lebih jauh lagi. Ini bisa jadi cara sederhana supaya kamu gak jenuh dengan hubungan kalian.

3. Rencanakan untuk kencan sederhana atau membuat proyek bersama

6 Tips Mengatasi Rasa Jenuh saat Pacaran, Jangan Minta Putus Dulu Ya!pexels.com/cottonbro

Kalau kamu melakukan hal yang sama setiap kali bersama pasangan, kamu pasti akan merasa bosan. Kali Rogers, Ahli Hubungan dan Life Coach, menjelaskan kepada Bustle, bahwa sama seperti promosi pekerjaan, hubungan juga memerlukan perasaan menantang dan dihargai. Kamu bisa merencanakan untuk kencan sederhana atau membuat proyek bersama agar bisa jadi alternatif kegiatan bersama.

Baca Juga: 5 Tips Sopan untuk Menolak Seseorang tanpa Melakukan Ghosting

4. Ingat kembali masa-masa indah bersama pasangan

6 Tips Mengatasi Rasa Jenuh saat Pacaran, Jangan Minta Putus Dulu Ya!iStock/nd3000

Kalau kamu bingung bagaimana menghilangkan rasa bosan itu, kamu selalu bisa kembali ke awal hubunganmu. Samantha Daniels, Professional Matchmaker, dalam interview-nya dengan Bustle mengatakan bahwa hal ini bisa memicu percikan cinta yang mulai hilang dan mengingat waktu yang dulu kamu sangat nikmati bersama.

5. Komunikasikan dengan pasangan tentang perasaan kamu

6 Tips Mengatasi Rasa Jenuh saat Pacaran, Jangan Minta Putus Dulu Ya!pexels.com/thiszun

Dilansir Psychology Today, Susan Krauss Whitbourne Ph.D., Profesor Psikologi, menyarankan untuk menanyakan pada pasangan apakah ia puas dengan apa yang kamu lakukan bersama atau merindukan perubahan. Kamu pun menjadi tahu apa yang harus kamu lakukan untuk memperbaikinya.

6. Terimalah bahwa rasa bosan itu adalah hal yang alami

6 Tips Mengatasi Rasa Jenuh saat Pacaran, Jangan Minta Putus Dulu Ya!pexels.com/Ketut Subiyanto

Tidak harus selalu mengubah keadaan, kamu juga harus menyadari kebosanan dalam hubungan itu normal. Anita Chlipala, Relationship Coach dan Terapis, melalui Bustle menyampaikan untuk mengakui rasa bosan itu bisa datang dan pergi sehingga tidak perlu merasa bersalah kalau belum bisa mengubah keadaan.

Nah itu beberapa hal yang bisa kamu lakukan apabila mulai merasa bosan dalam menjalin hubungan bersama pasangan kamu. Coba bicarakan kembali baik-baik ya, jangan langsung minta putus dengan Doi. 

Baca Juga: 5 Tips Jitu Bikin Beda Pendapat dengan Pasangan Menjadi Argumen Sehat

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya