Comscore Tracker

Bukan Mertua, Ini Dia 5 Orang yang Akan Mengujimu di Awal Pernikahan

Kalau menurut pendapat kamu gimana?

Menjalani kehidupan rumah tangga itu dipenuhi warna-warni. Mungkin dua bulan pertama di awal pernikahan terasa begitu manis. Pasangan saling mengumbar keromantisan di media sosial. Semakin lama menjalani bahtera rumah tangga, akan semakin banyak pula tantangan. Ujiannya bisa datang dari orang-orang terdekatmu, termasuk juga pasangan.

Bukan orangtua kandung atau mertua, tapi lima orang ini bakalan menguji ketangguhan dan kekompakan kalian sebagai pasangan suami istri yang baru. Siapa saja mereka?

1. Saudara ipar

Bukan Mertua, Ini Dia 5 Orang yang Akan Mengujimu di Awal PernikahanPexels.com/Lisa Fotios

Banyak anggapan bahwa mertua adalah orang yang bisa mengancam ketenangan hidup rumah tangga. Padahal tidak begitu. Sama seperti orangtua, sebenarnya mertua hanya mencemaskan kehidupan rumah tanggamu. Tapi percayalah, ada niat baik dan mulia di balik sikapnya itu.

Tapi ujian awal rumah tanggamu adalah terletak pada saudara ipar. Layaknya kakak dan adik kandung yang kadang diwarnai cekcok kecil, hubunganmu dengan saudara ipar juga akan mengalami hal serupa. Itu wajar. Karena kamu memasuki ruang lingkupnya. Beda pendapat, sedikit rasa iri, atau mungkin keinginan lebih diakui perlu disikapi secara bijak. Lama kelamaan kamu pasti akrab dengannya.

2. Kerabat jauh

Bukan Mertua, Ini Dia 5 Orang yang Akan Mengujimu di Awal Pernikahanfreepik/katemangostar

Setelah menikah, kamu mungkin terbebas dari pertanyaan "Kapan nikah?" Tapi ujianmu belum selesai. Setelah ini akan ada pertanyaan lain yang siap mengejarmu. Misalnya "Sekarang tinggal di mana?", "Kapan rencana punya anak", dan lainnya.

Umumnya yang menanyakan hal itu adalah saudara atau kerabat jauh. Mereka yang jarang bertemu denganmu menganggap pertanyaan itu sebagai basa-basi belaka. Tapi jadi basi beneran, kalau ditanyakan secara terus menerus, kan?

Belum lagi saudara yang berusia lebih tua darimu dan sudah lebih lama menikah, bakal keluar nasihat-nasihat pernikahan, yang bahkan gak kamu minta sama sekali. Tenanglah. Itu wajar kok. Hanya kamu dan pasangan yang mengerti tentang rencana hidup kalian.

3. Tetangga

Bukan Mertua, Ini Dia 5 Orang yang Akan Mengujimu di Awal Pernikahanfreepik/bearfotos

Resmi menikah berarti kamu sah memiliki keluarga sendiri, dan berpisah dengan orangtua. Kamu dan pasangan, mau gak mau akan terlibat dalam kehidupan sosial di lingkungan tempat tinggal yang baru.

Ujian berikutnya bakalan datang dari tetangga. Akan selalu ada tipe tetangga yang pengin tahu tentang kalian. Mungkin kamu bakal ditanyai soal latar belakang pasangan, seputar pekerjaan, dan hal lain yang gak terduga. Tanggapi saja mereka dengan bijak.

4. Teman yang sudah lebih dulu menikah

Bukan Mertua, Ini Dia 5 Orang yang Akan Mengujimu di Awal Pernikahanfreepik/vgstockstudio

Sekilas sepertinya seru memiliki teman dekat yang sudah lebih dulu menikah. Kamu mungkin bisa meminta saran dan menimba ilmu tentang rumah tangga. Tapi harus waspada. Kehadirannya bisa menjadi ujian bagimu dan pasangan.

Dia bisa berubah menjadi motivator yang terus akan menasihatimu, bahkan saat tidak diminta. Ada yang nada bicaranya seperti menggurui, dan mungkin ada juga yang sampai ikut campur ke dalam urusan rumah tanggamu.

Jika gak disikapi dengan bijak, kehadirannya bisa merusak dua hal sekaligus. Bisa mengganggu harmonisme dalam rumah tangga sekaligus merusak hubungan pertemanan. Jadi gak seru, kan?

5. Diri sendiri

Bukan Mertua, Ini Dia 5 Orang yang Akan Mengujimu di Awal Pernikahanfreepik/katemangostar

Harus disadari bahwa ujian terberat di awal pernikahan justru datang dari dirimu sendiri. Sebagian besar calon pengantin mungkin terlalu banyak membayangkan hal-hal indah tentang pernikahan. Ini wajar, kok. Namun harus tetap realistis.

Pada praktiknya nanti, kamu harus beradaptasi dengan suasana baru. Kekompakanmu dengan pasangan serta lamanya kalian saling mengenal, gak menjamin pernikahan akan berjalan mulus.

Kamu harus menyiapkan diri sebaik-baiknya. Latih diri untuk berpikir positif, tidak gegabah, dan lebih sabar. Karena sewaktu-waktu masalah akan muncul secara tak terduga, dan kamu harus bisa menghadapinya dengan kepala dingin. Kesiapan mentalmu jauh lebih penting untuk menghadapi babak kehidupan baru.

Itu dia orang-orang yang akan menjadi tantangan terberat di awal pernikahan kalian. Satu hal yang paling utama adalah kalian harus saling menjaga, percaya, memotivasi dan mendukung satu sama lain.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya