Comscore Tracker

Setelah Patah Hati, Ini 5 Tanda Bila Kamu Siap Menerima Orang Baru

Hidup harus terus berlanjut ya

Sakit hati memang sangat tidak menyenangkan dan bisa membuat rasa sedih yang berkepanjangan. Apabila tidak diolah dan dikelola, rasa sakit hati itu bisa membuat hidup kamu menjadi tidak bergairah, rasanya tidak ingin menjalin hubungan apapun dengan siapapun. Kamu hanya ingin sendiri. 

Tapi tentu kamu tidak bisa membiarkan hal itu terus terjadi. Kamu tetap perlu terus melangkah. Nah di bawah ini, ada beberapa tanda yang terjadi pada diri kamu yang menunjukkan bahwa kamu sudah siap untuk melangkah lebih jauh dan menerima orang baru.

1. Kamu tidak lagi sedih saat teringat mantan

Setelah Patah Hati, Ini 5 Tanda Bila Kamu Siap Menerima Orang BaruUnsplash.com/linhkoi

Tanda pertama, yaitu kamu sudah gak lagi merasa sedih atau sakit hati setiap kali mengingat mantan atau hubungan yang gagal. Ini artinya kamu sudah bisa menerima apa yang terjadi pada dirimu sebelumnya.

Kamu juga gak membiarkan pengalaman menyakitkan tersebut mengganggu pikiranmu lagi di masa kini. Kalau sudah demikian, sangat mungkin bagi kamu untuk menyambut kehadiran orang lain karena kamu gak lagi dibayang-bayangi dengan masa lalu.

2. Apa yang terjadi di masa lalu bisa kamu ambil sisi positifnya

Setelah Patah Hati, Ini 5 Tanda Bila Kamu Siap Menerima Orang BaruUnsplash.com/sinileunen

Beberapa orang kerap menyesali hubungan mereka yang gagal sebelumnya. Tapi kalau kamu mampu merefleksikan hubungan yang menyakitkan tersebut secara positif, maka itu bisa jadi pertanda kalau kamu sudah mulai pulih dari patah hati yang lama.

Kamu bahkan belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah dibuat untuk menghindari terjadinya hal yang sama di masa depan. Ini bisa menjadi indikasi awal kalau kamu sudah siap untuk menerima seseorang yang baru masuk ke dalam hatimu.

Baca Juga: 9 Ciri Pasangan Pemicu Konflik Bikin Hubungan Retak, Jangan Toleransi!

3. Tidak ada ketakutan apabila hal yang sama terjadi lagi

Setelah Patah Hati, Ini 5 Tanda Bila Kamu Siap Menerima Orang BaruPexels.com/freestocks.org

Ada sejumlah orang yang merasa trauma untuk menjalin hubungan baru karena patah hati dari kegagalan sebelumnya. Nah, kalau perasaanmu kian hari kian membaik, itu merupakan sebuah awal yang baik!

Merasa sedih dan terpukul karena gagalnya hubungan di masa lalu adalah hal yang wajar. Tapi jika kesedihanmu perlahan hilang, lalu kamu sadar bahwa kamu gak takut akan risiko sakit hati, maka itu artinya kamu sudah siap memberikan kesempatan bagi orang baru.

4. Diri kamu sudah siap untuk kompromi dengan orang lain

Setelah Patah Hati, Ini 5 Tanda Bila Kamu Siap Menerima Orang Barupexels.com/cottonbro

Tanda selanjutnya yakni kamu sudah siap berkompromi lagi dengan orang lain. Meski sudah gak merasa sedih ketika mengingat mantan atau hubungan sebelumnya, tapi kamu perlu bertanya pada diri sendiri mengenai kompromi yang akan dibuat di masa depan.

Jika merasa yakin dan gak keberatan dengan hal itu, maka itu berarti kamu sudah siap untuk menerima kehadiran orang baru dalam hidupmu. Jadi, kenapa ragu?

5. Saat masih berstatus single, kamu bisa menikmatinya apa adanya

Setelah Patah Hati, Ini 5 Tanda Bila Kamu Siap Menerima Orang Barupexels.com/Miguel Arcanjo Saddi

Pasca kegagalan hubungan yang menyakitkan, perlahan-lahan kamu bisa menikmati masa single. Mood kamu secara keseluruhan pun mulai membaik dan gak ada lagi perasaan pahit saat mengingat masa lalu. Pikiran dan perasaan sehat ini merupakan tanda bahwa hatimu mulai kembali pulih.

Lebih dari itu, kamu pun lebih menghargai diri sendiri dan gak mencari orang lain sebagai pelarian dari rasa sakit hati. Dengan demikian, kamu sudah lebih dari siap untuk menerima orang baru dan menjalin hubungan baru yang lebih sehat.

Nah itu lima tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kamu sudah siap untuk mengambil langkah baru. Kamu sudah membuka diri untuk menerima sosok baru yang bisa kamu ajak untuk melangkah ke depannya. Bila kamu mengalaminya, tetap semangat ya.

Baca Juga: 5 Alasan Gak Perlu Terlalu Cepat Menjalin Hubungan Asmara, Anti Nyesel

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya