Comscore Tracker

Setelah Bertengkar Hebat, Ini Cara Memperbaiki Hubungan dengan Sahabat

#IDNTimesLife Gak ada salahnya minta maaf duluan lho

Keberadaan seorang sahabat sebenarnya sangat berharga ya. Kamu memiliki tempat untuk mencurahkan semua perasaan dan dialah yang bisa kamu ajak untuk menghabiskan waktu bersama. Biasanya sahabatlah yang bisa dipercaya dalam situasi apapun. Nah, tapi kadang tidak semuanya berjalan dengan mulus. Ada saja sesuatu yang membuat hubungan kalian retak. Pertengkaran hebat pun kadang tak bisa dihindari.

Dalam wawancaranya dengan Bustle, Psikolog Dr. Andrea Bornior mengungkapkan bahwa persahabatan itu bagian dari menjaga kesehatan mental. Karenanya sangat penting untuk melepaskan amarah atau kekecewaan dan kembali membangun hubungan kalian. 

Nah, apabila kamu sempat marahan besar dengan sahabat, bisa simak di bawah ini ya cara yang efektif untuk kembali membangun hubungan kalian.

1. Pertama kamu harus bisa berpikir realistis

Setelah Bertengkar Hebat, Ini Cara Memperbaiki Hubungan dengan Sahabatpexels.com/Elle Hughes

Langkah pertama, kamu harus bisa berpikir realistis. Memaafkan orang lain bukan perkara yang mudah. Begitu pun ketika kamu yang salah, permintaan maafmu belum tentu diterima.

Dilansir dari refinery29,  Dr. Bornior, psikolog menjelaskan bahwa selama kamu berusaha untuk mengembalikan hubungan persahabatan, bersiaplah untuk menghadapi hal yang sulit. Karenanya, ia mengingatkan untuk tidak memiliki ekspektasi yang lebih karena mempengaruhi orang lain untuk memberi maaf itu tidaklah mudah.

2. Tidak ada salahnya kamu untuk meminta maaf

Setelah Bertengkar Hebat, Ini Cara Memperbaiki Hubungan dengan Sahabatpexels.com/Huy ProShoot

Kalau kamu melakukan suatu hal yang memicu konflik, meminta maaf adalah hal terbaik. Pastikan bahwa permintaan maafmu itu adalah tanda bahwa kamu benar-benar empati dan tulus. Jangan sampai kamu hanya sekadar meminta maaf, tanpa memahami rasa sakit yang dirasakan sahabatmu.

Dr. Bornior memaparkan terlepas siapa pun yang memicu konflik, gak ada salahnya kok untuk meminta maaf terlebih dahulu. Justru dengan meminta maaf, kamu bisa meyakinkan bahwa kejadian ini gak akan terulang lagi. Kamu berjiwa besar!

3. Belajarlah untuk tidak memendam emosi

Setelah Bertengkar Hebat, Ini Cara Memperbaiki Hubungan dengan Sahabatpexels.com/Trinity Kubassek

Jangan terlalu lama memendam emosi negatif, gak baik! Marah atau kesal itu wajar saja, tapi kalau terlalu lama dipendam bisa mempengaruhi kesehatan mentalmu, lho. Memang berat, gak semua orang bisa dan mau untuk berpikir positif.

Padahal menempatkan diri di perspektif sahabat itu penting. Pasalnya, terkadang masalah yang besar berawal dari hal-hal sepele atau mungkin kesalahpahaman. Coba deh berpikir, "Kenapa ya dia bisa kecewa?", "Apakah perkataanku terlalu kasar?" dan lainnya. Bisa jadi bahan instrospeksi diri juga!

Baca Juga: Ajari Sikap Baik pada Anak dari Dini, Dimulai dari Maaf & Terima Kasih

4. Cobalah untuk bertemu langsung dan bicara dengan sahabatmu

Setelah Bertengkar Hebat, Ini Cara Memperbaiki Hubungan dengan Sahabatpexels.com/Anna Shvets

Jalan terbaik untuk meluruskan permasalahan adalah bertemu langsung dengan sahabatmu. Bisa saja kamu berkomunikasi via media sosial, tapi hati-hati bukannya akur malah semakin salah paham. Yuk, turunkan ego!

Jangan tinggi hati, berdiskusilah dengan kepala dingin. Semakin kamu gengsi, pertemuan kalian akan semakin awkward, lho.

5. Berikan dia waktu untuk dirinya sendiri

Setelah Bertengkar Hebat, Ini Cara Memperbaiki Hubungan dengan Sahabatpexels.com/Anna Shvets

Kalau usahamu belum membuahkan hasil. Sudah saatnya, kamu membiarkan sahabatmu sendirian. Ini termasuk proses healing, lho. Mungkin dengan tidak berkomunikasi sejenak akan membantu kalian untuk saling merenung dan menata hati.

Terserah, bisa beberapa jam atau mungkin berhari-hari. Bisa jadi sahabatmu duluan lho yang menghubungimu. Jika tidak, gak ada salahnya juga kamu yang pertama kali membuka pembicaraan dengan saling bertukar kabar.

6.

Setelah Bertengkar Hebat, Ini Cara Memperbaiki Hubungan dengan Sahabatpexels.com/Cleyder Deque

Pernah gak kamu bertengkar hebat dengan pacar atau mungkin orangtua, namun akhirnya kamu sadar sudah membuang tenaga dan emosi hanya karena masalah sepele? Dilansir dari Bustle, Dr. Bornior menjelaskan daripada membuang waktu untuk konflik yang tak kunjung habis, lebih baik kamu move on dan memikirkan rencana-rencana yang ingin kamu lakukan dengan sahabat.

Mungkin terkesan mudah, tapi untuk melakukan hal-hal di atas memerlukan proses. Apabila kamu ada bertengkar dengan sahabat, tidak apa-apa. Semuanya wajar terjadi. Tapi mengingat pentingnya arti sahabat itu, sebaiknya perbaiki hubungan kamu ya dan turunkanlah ego.

Baca Juga: Gak Baik, Ini 5 Dampak Negatif Terlalu Sering Minta Maaf sama Pasangan

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya