Comscore Tracker

5 Akibat Punya Prinsip Biar Lambat Asal Selamat, Hati-Hati

Hidup itu jangan kayak siput, nanti ketinggalan, lho! 

Pernahkah kamu mendengar penuturan agar tidak grasa-grusu dalam menjalani hidup? Cukup jalani hidup secara santai asalkan memiliki tujuan yang pasti, seperti kata pepatah "Biar lambat asal selamat."

Ada banyak orang yang menganggap lumrah prinsip tersebut. Namun faktanya, prinsip tersebut gak selalu baik kalau dijadikan sebagai pegangan hidup, lho.

Kita semua tahu, bahwa dunia yang sangat dinamis ini menuntut kita untuk terus bergerak lebih cepat agar mampu selangkah lebih maju dari orang lain. Jangan sampai kamu terlalu berpegang teguh pada prinsip seperti itu, karena akan ada akibat buruk seperti dalam artikel berikut ini.

Baca Juga: 6 Perbedaan Calon Orang Gagal dan Calon Orang Sukses

1. Banyak peluang dan kesempatan yang terbuang percuma

5 Akibat Punya Prinsip Biar Lambat Asal Selamat, Hati-HatiIlustrasi pria frustrasi (Pexels/Gerd Altmann)

Akibat buruk pertama memiliki prinsip hidup lambat asal selamat adalah membuat banyak peluang dan kesempatan yang datang jadi terbuang percuma. Ini karena kamu lebih memilih untuk menunda-nunda bahkan cuek, daripada bergegas untuk mengambilnya.

Alhasil, kamu hanya bisa menyesal karena telah membiarkan orang lain mencuri kesempatan, yang bisa saja sangat berharga dan hanya datang sekali ini saja. Makanya, kalau ada kesempatan baik jangan ditunda-tunda, ya.

Baca Juga: 5 Penyebab Seseorang Suka Membuatmu Bersedih, Gak Banget Deh

2. Terjebak dalam kemalasan

5 Akibat Punya Prinsip Biar Lambat Asal Selamat, Hati-HatiIlustrasi orang malas bekerja (Pexels/Andrea Piacquadio)

Kamu merasa bahwa gak ada sesuatu yang harus dikejar dalam hidup ini, sehingga lebih memilih untuk santai saja dalam menjalaninya.

Sifat malas yang muncul akibat dari prinsip itu sangat berbahaya. Selain tertinggal dari orang lain, hidupmu akan hancur secara perlahan-lahan. Jangan sampai hidupmu jadi merosot dan berantakan karena salah prinsip hidup, ya.

3. Mimpi atau cita-citamu akan semakin sulit dicapai

5 Akibat Punya Prinsip Biar Lambat Asal Selamat, Hati-HatiIlustrasi pekerja gagal (Unsplash/Elisa Ventur)

Percayalah, memegang teguh prinsip biar lambat asal selamat hanya akan menjauhkanmu dari impian atau cita-cita, lho. Bagaimana gak, di saat orang lain berlari sekencang-kencangnya menuju impiannya, kamu malah memilih berjalan santai dengan dalih asal impianmu bisa tercapai. Padahal itu gak akan mungkin.

Memang betul bahwa garis start setiap orang itu gak sama. Namun kalau dijadikan sebagai alasan untuk gak sesegera mungkin memulai perjuangan, yang ada kamu malah gak sampai-sampai mewujudkan impianmu sendiri. Mau kamu seperti itu?

4. Rentan insecure karena sudah jauh tertinggal dari orang lain

5 Akibat Punya Prinsip Biar Lambat Asal Selamat, Hati-HatiIlustrasi wanita sedang sendirian (Pexels/Andrea Piacquadio)

Selain tiga poin yang disebutkan tadi, terlalu teguh memegang prinsip biar lambat asal selamat ternyata bisa membuatmu jadi rentan terserang insecure alias minder, karena sudah ketinggalan sangat jauh dari orang lain. Kamu hanya bisa merasa malu ketika melihat orang lain telah sukses. Aementara kamu baru merintis perjalanan menuju sukses, yang sejatinya sudah terlambat.

Sadarilah, pada kenyataannya, hidup adalah persaingan. Semua orang saling berlomba-lomba menuju tujuannya masing-masing, meskipun gak sama. Jadi, jangan terus-terusan santai supaya hidupmu bisa selangkah lebih maju.

5. Masa tuamu akan selalu dirundung penyesalan

5 Akibat Punya Prinsip Biar Lambat Asal Selamat, Hati-HatiIlustrasi penyesalan (Unsplash/Bruno Aguirre)

Ketahuilah, bahwa kamu akan melewati sisa-sisa usia dengan penuh penyesalan. Itu bisa terjadi karena kamu merasa gak harus memulai berjuang meraih mimpi di masa muda.

Akhirnya, kamu hanya bisa menjadi penonton dari ketenangan masa tua orang lain, dan menyesali diri mengapa kamu dulunya gak bergegas untuk memperjuangkan mimpi itu.

Setelah membaca pembahasan di atas, jadi semakin paham ya, bahwa terlalu berpegang pada prinsip "Biar lambat asal selamat" ternyata bisa berakibat semengerikan itu. Makanya ganti prinsipmu ke "Lebih cepat lebih baik."

Jika ingin meraih kesuksesan, maka perjuangankan hal itu dimulai dari sekarang. Tidak malah menunda-tunda agar gak semakin ketinggalan dari orang lain.

Wimantyo Resi H. Photo Community Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya