Comscore Tracker

11 Rekomendasi Nama Anak dari Bahasa Jawa, Mulai Madana Hingga Aksa

Terinspirasi dari anak artis guys

Orangtua biasanya memilih beberapa nama untuk buah hati dari Bahasa Sansekerta, asing, hingga Bahasa Jawa. Meski ada pernyataan "Apalah arti sebuah nama", tapi akan jadi penting apabila orangtua menyertakan makna dan doa di dalamnya. Bicara soal itu, berikut ini inspirasi nama anak dari Bahasa Jawa:

1. Mesty Ariotedjo, seniman harpa memiliki anak pertama bernama Gallendra Madana Juanda. Nama "Madana" bermakna cinta

11 Rekomendasi Nama Anak dari Bahasa Jawa, Mulai Madana Hingga Aksainstagram.com/mestyariotedjo

Nama Gallendra diambil dari kata "Gallen" dan "Ganendra". "Gallen" diambil dari nama laki-laki latin yang artinya tenang.

"Ganendra" merupakan kosakata Jawa yang bermakna pasukan dewa. "Madana" juga kosakata Jawa yang berarti cinta. "Juanda" adalah nama pasangan Mesty sendiri.

2. Putri Olla Ramlan bernama Adreena Naira Hana Hutapea juga diambil dari Bahasa Jawa lho

11 Rekomendasi Nama Anak dari Bahasa Jawa, Mulai Madana Hingga Aksainstagram.com/ollaramlanaufar

Secara Islami, "Adreena" berarti kaya atau makmur. "Naira" artinya bersinar dan juga merupakan nama perempuan Islami.

"Hana" berarti rezeki. Tetapi kalau dalam Bahasa Jawa, "Hana" berarti berada. Terakhir, "Hutapea" tentu saja adalah marga suami Olla Ramelan.

3. Andi Aria Radyakaya Rian. Ia adalah putra dari Rian d'Massiv. Ada nuansa Bugis dan Jawa di bagian namanya

11 Rekomendasi Nama Anak dari Bahasa Jawa, Mulai Madana Hingga Aksainstagram.com/rianekkypradipta

"Andi" adalah marga keturunan raja Bugis dari pihak sang ibu. Tetapi kalau dalam Bahasa Yunani, "Andi" berarti kuat atau jantan. Namun Bahasa Jawa Kawi, "Andi" berarti hamba.

"Aria" itu artinya baik hati. "Radyakaya" adalah gabungan dari kata "Radya" yang artinya kerajaan dan "Kaya" bermakna kaya raya atau makmur.

"Rian" merupakan nama depan dari ayahnya. Namun kalau mau menilik lebih dalam, dalam bahasa Jawa, "Rian" berarti keteguhan dan kebijaksanaan.

4. Putra Dominique bernama Aksadaru Mahameru begitu istimewa. Dia adalah lelaki berwajah cerah

11 Rekomendasi Nama Anak dari Bahasa Jawa, Mulai Madana Hingga Aksainstagram.com/dominiquediyose

Nama "Aksadara" merupakan perpaduan dari dua kata, yaitu "Aksa" yang maksudnya adalah anak laki-laki berwajah cerah (Bahasa Jawa) dan "Daru" yang adalah mata jiwa. "Daru" juga punya arti lain dalam Bahasa Jawa yaitu meteor.

"Mahameru" menggambarkan kekuatan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Namun kata "Meru" sendiri terkait dengan kosmologi India yang artinya pusat alam semesta.

5. Putra pertama Vicky Shu, Abimanyu Manggala Nugroho Putro akrab disapa Bima. "Manggala" sendiri kosakata Jawa yang berarti pemimpin

11 Rekomendasi Nama Anak dari Bahasa Jawa, Mulai Madana Hingga Aksainstagram.com/vickyshu

Menurut Vicky Shu, nama putra pertamanya berarti putra kami yang penuh dengan anugerah, pemimpin, dan insya Allah sempurna, pemberani jadi pelindung buat keluarganya. Kalau dijabarkan satu per satu, "Abimanyu" adalah kosakata Jawa yang artinya tidak takut kesulitan. 

"Manggala" juga berasal dari kata Jawa yang artinya panglima atau pemimpin. "Nugroho" berarti anugerah, sementara itu "Putro" adalah putra atau anak laki-laki. Sedangkan nama panggilannya sendiri, "Bima" adalah salah satu anggota pewayangan pandawa lima yang karakternya pemberani dan sangat kuat.

6. Satriyo Daniswara Broto Asmoro adalah putra Dr. Reisa Broto Asmoro yang baru-baru ini lahir. "Satriyo" adalah perlambang sosok yang ksatria

11 Rekomendasi Nama Anak dari Bahasa Jawa, Mulai Madana Hingga Aksainstagram.com/reisabrotoasmoro

"Satriyo" adalah Bahasa Jawa dari ksatria atau prajurit. "Daniswara" adalah anak yang baik dan bijaksana.

Di sisi lain, "Daniswara" juga dapat berarti kaya atau mulia dalam Bahasa Jawa. Sedangkan "Broto Asmoro" adalah nama sang ayah. Tapi jika diartikan, "Broto" artinya setia dan "Asmoro" artinya cinta.

Baca Juga: 10 Nama Anak Seleb dari Bahasa Sansekerta, Artinya Indah Banget!

7. Penyanyi Kunto Aji menamai putranya Badha Banyugeni. "Banyugeni" berarti air dan api

11 Rekomendasi Nama Anak dari Bahasa Jawa, Mulai Madana Hingga Aksainstagram.com/kuntoajiw

"Banyugeni" adalah gabungan dari "banyu" dan "geni". Keduanya adalah kosakata Jawa.

"Banyu" artinya air. "Geni" artinya api. Saling bertolak belakang, namun keduanya sama-sama punya filosofi bagus yaitu elemen penting dalam kehidupan umat manusia. 

8. Bernama cukup panjang, Raden Ajeng Seraphina Rose Sumarnaningsih Soerjosoemarno adalah putri dari Yasmine Wildblood. "Ajeng" artinya cantik, lho!

11 Rekomendasi Nama Anak dari Bahasa Jawa, Mulai Madana Hingga Aksainstagram.com/yaswildblood

Nama "Raden Ajeng" mewakili gelar kebangsawanan yang dibawa putri Yasmine dari ayahnya. Namun jika dijabarkan terpisah, "Raden" adalah bangsawan dan "Ajeng" adalah cantik.

"Seraphina" adalah nama Ibrani yang berarti api yang menyala. "Rose" adalah Bahasa Inggris dari mawar. 

Sementara itu, "Sumarnaningsih Soerjosoemarno" adalah nama keluarga. "Ningsih" dalam kata "Sumarnaningsih" berarti dalam kasih. "Soerjo" dalam "Soerjosoemarno" adalah matahari.

9. Putra pertama Dwi Sasono dan Widi Mulia adalah Dru Prawiro Sasono. Nama tengah 'Prawiro' memiliki arti ksatria, prajurit, atau perwira

11 Rekomendasi Nama Anak dari Bahasa Jawa, Mulai Madana Hingga Aksainstagram.com/widimulia

"Dru" diambil dari kata Jerman "Drew" dan berarti baik hati. Sementara itu, "Prawiro" dan "Sasono" murni dari Bahasa Jawa.

"Prawiro" artinya ksatria, prajurit, atau perwira. "Sasono" adalah marga sang ayah, namun juga berarti tempat.

10. Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo. Ia merupakan anak dari Dian Sastro, diambil dari Bahasa Jawa kuno yang berarti pemimpin dan berpengetahuan luas

11 Rekomendasi Nama Anak dari Bahasa Jawa, Mulai Madana Hingga Aksainstagram.com/therealdisastr

Penamaan "Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo" diambil dari Bahasa Jawa Kuno. Secara keseluruhan, artinya adalah pemimpin yang memiliki pengetahuan luas. "Naryama" sendiri berarti pemimpin, sementara "Shailendra" dapat berarti raja.

11. Sedah Mirah Nasution pasti sudah populer namanya. Siapa kalau bukan putri dari Kahiyang Ayu. Kata "mirah" berarti doa agar anaknya kelak menjadi murah hati

11 Rekomendasi Nama Anak dari Bahasa Jawa, Mulai Madana Hingga Aksainstagram.com/ayanggkahiyang

Namanya bernuansa Jawa campur Batak. "Sedah Mirah" berarti anak dermawan, soleh, dan menawan.

"Mirah" merupakan kosakata Jawa yang berarti murah. Menandakan doa kedua orangtuanya yang menginginkan anaknya murah hati. Sedangkan Nasution adalah marga Batak dari pihak ayah.

Itulah inspirasi naka dari Bahasa Jawa. Kalau kamu nanti punya, akan diberikan nama siapa ya, guys?

Baca Juga: 4 Pesan Bijak Tetua Bali yang Tidak Boleh Kamu Lupakan

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya