Comscore Tracker

6 Tips Menata Meja Kerja Supaya Kamu Makin Semangat Saat WFH

Ciptain suasana baru yuk biar gak jenuh

Artikel ini merupakan kerjasama dengan Dekoruma.

Bagi kamu yang sudah melakukan work from home (WFH) sejak beberapa minggu sebelumnya, mungkin merasa sangat bosan sehingga dapat menurunkan semangat kerja. Hasil pekerjaan pun jadi tidak maksimal. Meja kerja di rumah yang selama masa ini paling sering ditempati, akhirnya menjadi area yang paling membosankan.

Nah supaya kamu semakin semangat bekerja, yuk tata ulang saja meja kerja di rumah. Coba yuk ikuti beberapa tips dari Dekoruma berikut ini!

1. Mengubah posisi meja kerja

6 Tips Menata Meja Kerja Supaya Kamu Makin Semangat Saat WFHthespruce.com

Merasa jenuh dengan suasana kerja yang sama setiap harinya? Hal ini bisa kamu siasati dengan menata ulang posisi meja kerja, misalnya mengubah arah meja yang tadinya horizontal menjadi vertikal. Selain itu, memindahkan meja kerja ke bagian sudut ruangan yang dekat dengan jendela juga bisa menghadirkan suasana berbeda dan sirkulasi udaranya pun akan lebih lancar. Dengan demikian, pikiranmu akan jadi lebih jernih saat bekerja.

2. Merapikan meja kerja

6 Tips Menata Meja Kerja Supaya Kamu Makin Semangat Saat WFHthemuse.com

Meja kerja yang berantakan dapat membuat fokusmu terpecah dan kemungkinan malas bekerja jadi lebih besar karena tanpa sadar mata sudah merasa lelah saat melihat keadaan barang yang berserakan. Oleh karena itu, hal paling mendasar dalam menata ulang meja kerja adalah merapikan dan membersihkan semua barang-barang yang ada di atasnya, tak terkecuali dokumen-dokumen penting yang tersebar di seluruh permukaan meja.

Sediakan tempat penyimpanan khusus di atas meja kerja untuk meletakkan alat tulis, dokumen, atau perlengkapan komputer. Pisahkan semuanya secara rapi. Dengan demikian, saat barang-barang tersebut diperlukan, kamu tidak akan kesulitan mencarinya.

3. Tambahkan dekorasi

6 Tips Menata Meja Kerja Supaya Kamu Makin Semangat Saat WFHseeninthecity.co.uk

Suasana meja kerja terkesan kaku dan monoton? Coba tambahkan beberapa dekorasi yang kamu sukai, seperti bingkai foto atau miniatur. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan hiasan dengan sentuhan alam, seperti tanaman hias dalam pot mini agar nuansa meja kerja lebih hidup dan pikiranmu pun jadi lebih segar.

Bagi kamu yang menyukai wangi-wangian, tidak ada salahnya meletakkan lilin aromaterapi di atas meja kerja. Hal yang terpenting, pastikan kamu hanya menambahkan dekorasi secukupnya. Jangan sampai semua dekorasi tersebut mendominasi meja kerja dan membuatmu tidak fokus.

Baca Juga: 10 Desain Meja Kerja Minimalis yang Minim Distraksi untuk WFH 

4. Menerapkan warna senada

6 Tips Menata Meja Kerja Supaya Kamu Makin Semangat Saat WFHthespruce.com

Untuk menciptakan kesan meja kerja yang lebih menarik, aplikasikan warna-warna yang serasi pada area tersebut. Tidak perlu sampai merombak ruangan kerja secara keseluruhan, kamu hanya perlu mengikuti warna dominan pada ruangan.

Setelah itu, ganti atau tambahkan beberapa furnitur dan dekorasi dengan warna yang senada. Jika ruangan didominasi oleh warna-warna yang netral, seperti putih, hitam, atau abu-abu, maka kamu lebih bebas untuk memadukan area meja kerja dengan warna kesukaan.

5. Menyediakan tempat sampah kecil

6 Tips Menata Meja Kerja Supaya Kamu Makin Semangat Saat WFHimmago.com

Mungkin hal ini terlihat sepele, tapi keberadaan tempat sampah kecil di atas meja kerja sangat efektif untuk membantumu menjaga kebersihan. Setiap kertas, tisu, atau isi stapler bekas yang baru saja digunakan bisa langsung kamu buang. Dengan demikian, tidak akan ada sampah yang berserakan di atas meja kerja.

Apabila ruang di atas permukaan meja kerja sudah tidak cukup untuk meletakkannya, kamu bisa menggunakan tempat sampah besar di samping atau kolong meja.

6. Maksimalkan pencahayaan

6 Tips Menata Meja Kerja Supaya Kamu Makin Semangat Saat WFHtheultralinkx.com

Nah tidak hanya dapat merusak kesehatan mata, sumber cahaya yang sedikit di area meja kerja juga bisa membuatmu lebih cepat merasa lelah dan bosan sehingga produktivitas kerja jadi menurun. Oleh karena itu, maksimalkan pencahayaan pada meja kerjamu dengan menambahkan lampu meja atau memanfaatkan sumber cahaya alami melalui jendela yang terbuka.

Nah itu 6 tips menata ulang meja kerja supaya kamu makin semangat bekerja di rumah. Yuk langsung aja make over meja kerja kamu biar besok suasananya jadi baru dan kamu kembali dapat energi yang lebih fresh. Selamat mencoba!
 

Baca Juga: Tetep Happy, Ini 5 Tips Hindari Stres Saat Harus WFH Terus! 

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya