Comscore Tracker

9 Cara Diet Bebas Stres dan Tanpa Pantangan

Jangan sampai tertekan untuk turunin berat badan lho!

Kamu pernah enggak suatu hari ingin menghadiri satu acara, tapi rasanya bajumu tidak lagi pas sehingga langsung muncul perasaan, andai saja kamu bisa lebih kurus beberapa kilogram lagi. Apakah artinya kamu harus langsung membatasi gaya hidup menjadi sangat membosankan?

Olahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat tentu sangat penting. Tapi diet tidak selalu membosankan dan membuat frustasi kan? Berikut ini 9 tips dari IDN Times untuk diet bebas stres dan tanpa pantangan!

1. Lakukan hal yang kamu suka agar tidak bosan dan membuat nyemil terus

9 Cara Diet Bebas Stres dan Tanpa PantanganPexels/stokpic

Saat kamu bosan karena menganggur, hal yang kamu pikirkan pastilah mengemil. Tapi tentu kamu tahu kan kalau mengemil adalah salah satu sumber kalori? Karenanya usahakan isi waktu dengan hal-hal kreatif agar kamu tidak bosan dan jadi ingin terus ngemil ya.

2. Ingat goal dan prioritasmu saat ini

9 Cara Diet Bebas Stres dan Tanpa Pantanganunsplash.com/Andrew Neel

Penelitian menunjukkan bahwa motivasimu untuk menjadi sehat secara langsung berdampak pada tingkat kesehatan dan kebugaran tubuhmu secara keseluruhan. Ada beberapa cara untuk mengingatkan dirimu agar tetap berada di jalur sampai kamu mencapai sasaran. Misalnya yang pertama adalah hiasi meja kantor dan rumahmu dengan post-it yang akan mendorongmu untuk tetap fokus pada tujuan.

Selain itu buat catatan harian tentang progres dietmu misalnya "hari ini aku bisa pakai jeans skinny yang sudah lama aku tidak muat". Baca ulang semua catatan jika mulai muncul perasaan ingin menyerah.

3. Dengarkan musik yang membuatmu relaks

9 Cara Diet Bebas Stres dan Tanpa Pantanganpexels.com/Burst

Sebuah penelitian di Cornell University mengungkapkan bahwa orang mengonsumsi lebih sedikit makanan sambil mendengarkan musik lembut yang menenangkan.  Jadi kamu bisa menambahkan musik klasik atau daftar putar meditasi ke koleksi musikmu. Nah kamu bisa maksimalkan juga manfaat musik rileks dengan belajar memainkan alat musik sendiri.

4. Kelilingi dirimu dengan warna-warna 'cool'

9 Cara Diet Bebas Stres dan Tanpa PantanganPexels/antas singh

Tahukah kamu bahwa ada korelasi antara warna dan tingkat nafsu makan? Warna-warna dingin seperti biru, abu-abu, atau hitam telah terbukti mengurangi selera makan. Biru menciptakan suasana yang tenang sehingga mengurangi perasaan cemas dan stres.

Warna seperti biru dan abu-abu juga sangat jarang ditemukan dalam makanan alami sehingga otak kita menafsirkannya sebagai racun. Hasilnya, warna-warna 'cool' tidak mengingatkan kita pada makanan dan memicu mengurangi keinginan makan terus menerus. Cobalah mengecat dinding atau kukumu dengan warna biru.

Baca Juga: 5 Kesalahan Diet yang Bikin Berat Badan Tak Kunjung Turun

5. Kurangi mencium aroma-aroma tertentu

9 Cara Diet Bebas Stres dan Tanpa Pantanganpexels.com

Ternyata aroma tertentu terbukti membantu menurunkan berat badan. Wangi-wangian ini bisa diciptakan dengan lilin aromaterapi ataupun parfum ruangan. Aroma melati, lavender atau vanilla tidak hanya akan membantumu relaks setelah seharian beraktivitas, tetapi juga mengurangi mengidam makanan.

Jeruk, lemon, dan aroma sejenis lainnya meningkatkan energi dan fokus, membantumu tetap menjalankan dietmu. Hindari mencium jahe, peppermint dan bau kue-kuean kalau kamu tidak ingin tergoda untuk makan.

6. Manjakan dirimu sendiri, sesekali beri hadiah

9 Cara Diet Bebas Stres dan Tanpa PantanganPexels/Bruce mars

Di akhir hari, sesekali boleh kamu memuji sendiri untuk keberanian, ketekunan dan kekuatanmu selama menjalani diet sepanjang hari. Sangat boleh untuk memanjakan dirimu dengan hadiah-hadiah kecil - selain makanan tentunya. Dengan memberikan hadiah kepada diri sendiri, kamu akan menjadi lebih termotivasi.

7. Rayakan setiap kemajuanmu

9 Cara Diet Bebas Stres dan Tanpa PantanganPexels/bruce mars

Pastikan kamu juga mengapresiasi kemajuanmu dan beri hadiah kepada diri sendiri saat kamu merasa sudah diet terlalu berat. Cobalah dengan mengambil foto dirimu sebelum dan sesudah berdiet. Coba juga pakai pakaian lama yang awalnya tidak muat, lalu sekarang kembali muat. Kumpulkan semua hasil dari kerja kerasmu.

8. Jangan terlalu keras dengan diri sendiri

9 Cara Diet Bebas Stres dan Tanpa PantanganUnsplash/Mc Jefferson Agloro

Ketika memulai diet baru, sering kamu sangat takut gagal sehingga terkadang kamu terlalu berlebihan dan terobsesi dengan makanan yang tidak bisa kamu makan.  Jangan terlalu ketat dengan dirimu sendiri sehingga membuatmu merasa tertekan, dan tanpa sadar akhirnya kamu malah semakin menginginkan makanan itu. Jangan membuat dirimu sendiri merasa bersalah karena kamu "cheating" sesekali.

9. Mulai menerima pola hidup sehat yang baru

9 Cara Diet Bebas Stres dan Tanpa Pantanganhuffingtonpost.com

Peneliti Australia baru-baru ini menemukan bahwa sebagian besar penurunan berat badan terjadi ketika kita mengembuskan karbon dioksida. Setiap kali kamu merasa kewalahan dengan pekerjaanmu, duduklah, hirup udara masuk dan buang perlahan. Ulangi sampai kamu merasakan perasaan-perasaan stres itu memudar. Pastikan lakukan semua di alam terbuka.

Manfaat diet yang dikombinasikan dengan latihan pernapasan mungkin hasilnya akan mengejutkanmu. Sudah siap dengan perjalanan baru untuk menurunkan berat badanmu? Lebih baik terlambat dan memulai sedikit demi sedikit daripada tidak sama sekali. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Terapkan 5 Mindset Ini Saat Diet, Biar Gak Berhenti di Tengah Jalan

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya