Comscore Tracker

Kamu Mudah Tersinggung? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kalau emosi terus, bisa habis energi kamu lho!

Capek gak sih kalau kamu bawaannya mudah tersinggung? Sepertinya energi kamu akan lebih banyak terkuras apabila terlalu cepat tersinggung dengan segala perkataan orang lain. Barangkali apa yang dimaksudkan oleh orang lain tidak seperti yang kamu tangkap, sehingga muncul masalah yang tidak perlu.

Nah berikut ini beberapa penyebab dan cara untuk melatih diri agar kamu tidak mudah merasa tersinggung. Bisa dicoba ya!  

1. Ada perasaan tidak percaya diri

Kamu Mudah Tersinggung? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinyapexels.com/min an

Tahukah kamu bahwa rasa tersinggung yang berlebihan bisa menjadi alarm bahwa ada sesuatu yang salah pada diri sendiri? Biasanya ini karena rendahnya kepercayaan diri atau ada keperluan dasar yang tidak terpenuhi. Contohnya, ketika kamu tak percaya diri dengan bentuk tubuhmu.

Kamu pun jadi cepat tersinggung dan sensitif apabila ada orang di sekitarmu yang membahas berat badan. Terkadang, kamu bisa tersinggung bahkan sebelum orang tersebut benar-benar mengolok atau menjadikanmu sebagai lelucon. 

2. Berkaitan dengan masa lalu yang buruk

Kamu Mudah Tersinggung? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinyapexels/octavio-j-garcia-n

Topik-topik tertentu kadang bisa membuat orang menjadi tersinggung atau sensitif. Hal ini biasanya berkaitan dengan pengalaman di masa lalu yang belum selesai sehingga menimbulkan bekas yang menyakitkan.

Ketika ada orang lain yang membahas suatu hal dan mengingatkanmu pada masa lampau, akhirnya kamu pun tersinggung. Coba temukan pengalaman tidak menyenangkan itu dan selesaikan sesegera mungkin.

Rasa tersinggung bukan disebabkan oleh tindakan orang lain yang tidak sengaja membicarakan hal yang berkaitan dengan pengalaman buruk dalam hidupmu. Akan tetapi, ini adalah perwujudan rasa ketidaknyamanan perasaanmu atas peristiwa itu.

3. Tidak semua orang tahu cara memperlakukan orang lain dengan tepat!

Kamu Mudah Tersinggung? Ini Penyebab dan Cara MengatasinyaFreepik/drobotdean

Sekalipun semua orang telah belajar bersikap, berbicara secara sopan, memahami body shaming dan topik sensitif untuk sebuah obrolan, namun ini tidak menghalangi seseorang untuk merasa tersinggung. Hal ini lantaran perasaan adalah hal terdalam yang tidak benar-benar bisa dirasakan oleh orang lain, selain diri sendiri.

Tak semua orang mengetahui cara memperlakukan orang lain secara tepat. Tepat yang dimaksud adalah sesuai dengan yang diinginkan oleh diri sendiri. Contohnya, ketika kamu ingin jadi pusat perhatian, maka jangan berharap semua orang akan mau untuk mengalah untukmu. 

4. Buatlah batasanmu sendiri secara jelas!

Kamu Mudah Tersinggung? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinyaunsplash/Cristian Newman

Setiap orang harus memiliki batasan untuk memberikan ketentuan berupa batas ruang antara kamu dan orang lain. Artinya, ada hal tertentu atau garis batasan yang tidak boleh dilanggar oleh orang lain. Ini bisa kamu terapkan untuk membuat sebuah batasan tentang masalah apa yang kamu anggap penting dan tidak penting.

Batasan ini membantumu dalam merespons pernyataan atau lelucon dari orang lain, yang mungkin menjadikanmu sebagai sasarannya. Kamu juga menjadi mudah menentukan sikap untuk melupakan, ikut menertawakan, atau bahkan melawan.

Contohnya, pentingkah mendebat seseorang hanya karena mereka tidak menyukai kucing, sementara kamu sangat menyukai kucing?

Baca Juga: 5 Zodiak yang Gampang Marah dan Tersinggung, Sumbu Pendek!

5. Cobalah melihat dari sudut pandang orang lain!

Kamu Mudah Tersinggung? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinyainstagram.com/mybrilliantfriend

Cara lainnya adalah memosisikan dirimu sebagai orang lain. Ini akan membantumu untuk menyadari bahwa terkadang hal yang membuatmu tersinggung, sebenarnya sama sekali tidak bertujuan untuk menyinggungmu.

Mereka hanya berpendapat akan sesuatu, sesuai dengan bagaimana orang tersebut melihatnya. Kamu mungkin akan menyadari bahwa pernah di posisi pelaku yang mungkin berpotensi menyinggung lawan bicaramu. 

6. Berhenti ciptakan interpretasi atau pemaknaan negatif

Kamu Mudah Tersinggung? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinyafreepik.com

Terkadang, bukan ucapan atau tindakan orang lain yang membuatmu tersinggung. Namun, justru karena interpretasi atau pemaknaan negatif yang kamu ciptakan sendiri.

Ketika orang lain tidak menyukai makanan yang menjadi favoritmu, itu bukan berarti seleramu buruk. Hindarilah kebiasaan ini dan cobalah berpikir lebih positif!

7. Berikan sedikit waktu untuk berpikir dan mencerna

Kamu Mudah Tersinggung? Ini Penyebab dan Cara MengatasinyaPexels/Andrea Piacquadio

Selama ini, rasa tersinggungmu adalah respons spontan atas pernyataan orang lain yang tidak sesuai dengan dirimu. Kali ini, cobalah beri sedikit waktu untuk berpikir sebelum merespons!

Contohnya, ketika kamu tersinggung karena orang lain merasa makanan kesukaanmu itu terasa tidak enak. Maka, kamu bisa memikirkan faktor yang membuatnya merasa tidak menyukai makanan itu.

Tanyakan juga pada dirimu, apakah kamu perlu tersinggung atas pernyataannya dengan mengacu pada batasan yang telah kamu buat!

Nah itu penyebab dan cara melatih diri agar tidak mudah tersinggung. Apabila kamu sudah mampu melewatinya, akan memberi kedamaian untuk dirimu sendiri. Mungkin memang tidak mudah, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba ya!

Baca Juga: 5 Etika Penting Saat Bertemu Pasangan Baru, Jangan Buat Tersinggung

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya