Comscore Tracker

6 Cara Introvert Percaya Diri Berbicara di Depan Umum, Gampang Kok!

Ngapain takut salah ngomong di depan orang

Sudah bukan hal aneh lagi bila orang introvert lebih banyak diam. Mereka tidak suka ada di tengah keramaian, apalagi menjadi pusat perhatian. Lalu kalau dia dituntut untuk berbicara di depan umum jadi kayak gimana ya?

Pasti tidak mudah. Tapi ini ada enam cara meningkatkan kepercayaan diri introvert: 

1. Melatih diri untuk menyuarakan pendapat di depan orang lain

6 Cara Introvert Percaya Diri Berbicara di Depan Umum, Gampang Kok!Photo by Bewakoof.com Official on Unsplash

Biasanya orang introvert lebih banyak memendam pendapat atau suara hatinya. Supaya percaya diri ketika berbicara di depan umum, mulai sekarang biasakan untuk menyuarakan pendapatmu. Mulailah dari lingkup pergaulanmu dulu.

Biasakan untuk menyuarakan isi hatimu di depan teman-teman. Kemudian level yang selanjutnya, selalu sampaikan pendapatmu di dalam rapat kecil. Percaya deh, lama kelamaan kamu bakal terbiasa untuk menyampaikan pendapatmu di depan banyak orang.

2. Gunakan waktu luang untuk latihan berpidato atau berbicara di depan kaca

6 Cara Introvert Percaya Diri Berbicara di Depan Umum, Gampang Kok!Photo by Allef Vinicius on Unsplash

Ini bukan hal konyol jika kamu melakukannya. Tapi percayalah, itu bisa meningkatkan skill untuk berbicara di depan umum. Kamu akan tahu gestur tubuh dan gaya bicara yang harus diperbaiki atau ditingkatkan ketika berbicara di depan kaca.

3. Jauhkan dari rasa takut salah ngomong

6 Cara Introvert Percaya Diri Berbicara di Depan Umum, Gampang Kok!Photo by Abigail Keenan on Unsplash

Ngapain harus takut. Tidak ada yang melarangnya kok, karena itu dapat menghambatmu. Kamu jadi sering enggan menyampaikan pendapat jika khawatir salah terus. Padahal kegagalan itu terjadi karena seseorang takut mencobanya.

4. Belajarlah untuk menyampaikan narasi dengan baik

6 Cara Introvert Percaya Diri Berbicara di Depan Umum, Gampang Kok!Photo by Andrea Tummons on Unsplash

Supaya bisa berkomunikasi dengan baik, kamu harus bisa menyampaikan narasi dengan baik pula. Belajarlah bagaimana menyampaikan sebuah cerita yang enak didengar. Kamu bisa belajar dari mengamati temanmu yang jago bercerita atau dari video YouTube.

Hal ini dapat membuat orang lain jadi tertarik untuk mendengarkan ceritamu saksama. Hasilnya, kamu akan terbiasa dan nyaman saat menyampaikan ceritamu karena banyak orang tertarik untuk mendengarkannya.

5. Gak perlu pedulikan apa kata orang, mereka gak berkontribusi apapun dalam hidupmu

6 Cara Introvert Percaya Diri Berbicara di Depan Umum, Gampang Kok!Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Enggan berbicara karena takut mendapat cap buruk dari orang lain? Hei, sampai kapanpun kamu gak bisa menyenangkan hati semua orang. Bakal selalu ada orang yang tidak suka dengan apa yang kamu lakukan, so deal with that. Jangan sampai kekhawatiran ini membuatmu terpaku untuk memilih invisible dan takut mengambil langkah berani.

6. Jangan takut gagal, banyak introvert yang sukses jadi pemimpin dan bisa menghasilkan karya

6 Cara Introvert Percaya Diri Berbicara di Depan Umum, Gampang Kok!Photo by Enis Yavuz on Unsplash

Tidak perlu takut gagal. Kamu merasaintrovert harus pasif dan gak bisa jadi pemimpin? Itu keliru! Banyak pemimpin dari perusahaan ternama yang juga seorang introvert. Contohnya Mark Zuckerberg founder Facebook, Bill Gates founder Microsoft, Hillary Clinton, Warren Buffett, dan masih banyak lagi. Kalau mereka bisa, kamu juga bisa!

Itulah cara meningkatkan kepercayaan diri introvert. Cobalah. Kalau berhasil, bagi pengalamannya di kolom komentar ya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya